People Innovation Excellence

Bantu Tim Anda Lebih Strategis dengan Mengajukan Pertanyaan yang Tepat

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Menjadi pemimpin strategis dimulai dengan menanyakan pertanyaan yang benar kepada tim Anda tentang pekerjaan mereka, perusahaan Anda, dan gambaran besarnya. Berikut adalah lima pertanyaan untuk diajukan kepada anggota tim secara reguler:

  • Apa yang kau kerjakan hari ini? Ini akan membawa terang setiap pekerjaan penting yang tidak Anda sadari sedang dilakukan atau butuh waktu lebih banyak dari seharusnya.
  • Mengapa Anda melakukan pekerjaan yang Anda lakukan? Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang penting dan mengapa hal itu penting dari perspektif tim Anda.
  • Bagaimana keadaan kita hari ini sejajar dengan gambaran yang lebih besar? Ini adalah diskusi tentang kesenjangan dan outlier. Jika tim Anda mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai dengan tujuan organisasi yang lebih luas, tantang nilai melakukan pekerjaan itu.
  • Seperti apa kesuksesan bagi tim kami? Hal ini memungkinkan Anda mengasah apa yang benar-benar mendorong kesuksesan tim Anda, dalam hal aktivitas, perilaku, hubungan, dan hasil strategis.
  • Apa lagi yang bisa kita lakukan untuk meraih lebih banyak, lebih baik, lebih cepat? Di sinilah Anda mendorong tim Anda untuk menjadi inovatif. Jika Anda telah melakukan pekerjaan untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, Anda berada pada posisi yang baik untuk bersikap strategis dalam menjawab pertanyaan sebelumnya.

Diadaptasi dari “Being a Strategic Leader Is about Asking the Right Questions,” by Lisa Lai

 

Sumber:  Lai, L. (2017). Being a Strategic Leader Is about Asking the Right Questions. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/being-a-strategic-leader-is-about-asking-the-right-questions?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=17110384&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1020039204&spReportId=MTAyMDAzOTIwNAS2.   Retrieved on May 01, 2017.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Menurut saya membangun perusahaan bukan dengan hanya mengembangkan elemen2 internal spt mengetahui kinerja karyawan atau menyusun strategi yg efektif. Tetapi kita harus mengetahui juga perkembangan apa yg tejadi diluar perusahaan. Menurut saya pertanyaan yang bisa juga digunakan dalam diskusi adalah “Bagaimana perkembangan diluar perusahaan, apakah perusahaan sudah memenuhi kebutuhan customer sesuai keinginan atau tidak?”

  2. Kelima pertanyaan tersebut menurut saya, merupakan pertanyaan yang sangat tepat untuk meningkatkan motivasi tim karena rasa kepercayaan pada tim terbangun dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  3. namun alangkah lebih baiknya dari kelima pertanyaan tersebut seharusnya diberikan intonasi tegas dan lugas agar strategi bisa berjalan secara efektif dan cepat di atasi.

  4. bukan hanya melalui pertanyaan pertanyaan saja, pemimpin yang baik harus bisa memotivasi bawahannya dan tegas dalam memimpin agar dapat menjadi contoh bagi karyawannya.

  5. Saya setuju dengan artikel diatas, sebagai pemimpin kita harus memberikan pertanyaan yang tepat agar lebih efektif dan efisien. Tetapi akan lebih baik jika kita juga menayakan apa yang menjadi keluhan mereka agar bawahan lebih merasa dihargai.

  6. Dengan memberi pertanyaan yang tepat juga ,bawahan tidak akan merasa tertekan . Mereka akan merasa atasan mereka peduli terhadap kinerja dan mengerti bawahan . Tidak hanya itu ,atasan juga akan lebih mudah mengontrol bawahan . Atasan juga dapat membiarkan bawahan nya berinovasi melalui jawaban yang dilontarkan mengenai pekerjaan yang mereka kerjakan .

  7. pertanyaan dalam artikel di atas sangatlah bagus menurut saya. dengan pertanyaan ringan tersebut sebuah hal akan terlaksa secara efektif dan efisien.

  8. Saya setuju dengan pendapat artikel diatas, karena dari pertanyaan tersebut rekan tim sekerja kita bisa lebih bertoleransi dan bisa lebih luas cara bekerjanya. sering berbagi / sharing bersama agar dapat memudahkan dalam berkomunikasi di satu organisasi. jangan pernah menggangap remeh pekerjaan orang lain, jangan menuruni mental teman sekerja dengan mengatakan hal-hal jelek dia, tapi bangun kan kata-kata yang baik dengan cara support dia supaya bisa memperbaiki kesalahannya dan jadi lebih baik.

  9. penting bagi seorang pemipin untuk mengetahui bagaimana kinerja timnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti yang disebutka artikel ini. dengan begitu anggota timnya mengetahui dan memahami pekerjaan apa yang sedang dilakukan dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukannya. hal ini dapat mempengaruhi emosi pada bawahan karena mereka merasa diperhatikan, sehingga memicu semangat bawahannya untuk antusias kembali dalam pekerjaannya

  10. Saya setuju dengan artikel diatas, perlunya komunikasi 2 arah antara manager dan karyawan untuk mebangun tim yang solid dan sejalan. dengan mengajukan pertanyaan seperti diatas menunjukan sifat respect manager terhadap keadaan karyawan, hal yang dapat dilakukan dalam mebangun hubungan dengan karyawan, manager juga dapat memberikan motivasi kepada karyawan agar produktiftas perusahaaan tercapai.

  11. menjadi pemimpin strategis adalah keharusan bagi seluruh pemimpin di dunia ini. pertranyaan-pertanyaan di atas merupakan salah satu contoh cerminan pemimpin yang strategis. pemimpin yang strategis juga pemimpin yang sangat pengertian, perhatian dan mengayomi bawahannya.

  12. Menjadi pemimpin memang diperlukan tanggung jawab yang lebih besar, kita harus mempertanggung jawabkan semua kinerja dari tim yang kita pimpin. Dengan mengajukan pertanyaan yang lebih bersifat kepada kinerja mereka maka tim akan merasa lebih harus bertanggung jawab dengan hasil kerja mereka.

  13. Dengan membantu tim tentu tidak dengan begitu saja, kita harus melakukan pendekatan pada setiap anggotanya sehingga mereka dengan senang hati/semangat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan sempurna dan terbaik

  14. Saya setuju dengan artikel yang ada diatas. Karena dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan kepada bawahan atau karyawan tentang kinerjanya itu berarti kita peduli dan mau mengenal bagaimana mereka melakukan tugas dan tanggung jawab mereka di dalam dunia pekerjaan. Sehingga sebagai pemimpin kita dapat memberikan masukan atau motivasi dalam melaksanakan pekerjaan mereka supaya menjadi efektif dan efisien.

  15. Menurut saya sebagai pemimpin harus bisa menjadi contoh bawahannya terlebih dahulu baru memberikan pertanyaan- pertanyaan seperti itu

  16. merlin claudya – 2001560036
    kelas: LA21
    menurut saya pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang tepat , dengan mengajukan beberapa pertanyaan akan membangun hubungan yang baik antara pemimpin dan karyawan.

  17. menurut saya mengutarakan pendapat dan mengajukan pertanyaan sangat penting, kelima pertanyaan diatas ini sudah sangat baik dan harus diterapkan kedalam kehidupan nyata. keterbukaan dan komunikasi sangat dioerlukan untuk mencapai goals perusahaan yang cepat, efektif dan efisien .

  18. kelima pertanyaan di atas memang tepat untuk seorang pemimpin menanyakan kepada bawahan nya agar terjalin ikatan hubungan yang baik dan lancar agar bawahannya lebih memotivasi diri nya lagi

  19. Mendekatkan diri kita sebagai pemimpin kepada anggota adalah perlu. Menanyakan 5 pertanyaan tadi menurut saya bagus. Tambahannya kita juga dapat menanyakan tiap progressnya. Jika ada kekurangan kita dapat memberikan kritik dan saran. Tetapi jangan sampai pertanyaan kita memojokkan mereka.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close