Prioritaskan hubungan bisnis yang paling banyak

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Dengan kesuksesan banyak hal – termasuk jaringan bisnis yang jauh lebih besar. Bagaimana Anda bisa tetap berhubungan dengan semua orang, apalagi menanggapi permintaan mereka? Terapkan aturan 80/20 Pareto: Pikirkan hubungan terpenting Anda, lalu sorot 20% teratas dari mereka. Inilah orang-orang yang harus Anda habiskan 80% dari waktu, energi, dan sumber daya Anda. Proaktif mengatur tanggal makan siang reguler, walk-and-talks, kopi, dan pertemuan tatap muka. Dapatkan kreatif – bolak-balik untuk bekerja sama, hobi atau minat bersama, atau buat kelompok dukungan sebaya. Untuk kontak lapis kedua, pertimbangkan untuk mengatur acara sosial dua atau tiga kali setahun untuk tetap berhubungan. Sistem 80/20 ini memungkinkan Anda untuk terus memelihara dan melindungi ekosistem relasional Anda – yang merupakan penentu terbesar dari kebahagiaan pribadi dan kesuksesan profesional Anda di masa depan.

 
Diadaptasi dari
“How the Over-Networked Can Manage Their Contacts,” by Matt Bird

 

Sumber: Bird, M. (2016). How the Over-Networked Can Manage Their Contacts. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/01/how-the-over-networked-can-manage-their-contacts?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14325288&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=761912689&spReportId=NzYxOTEyNjg5S0.  Retrieved on April 27, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Tentu dalam menjalankan kehidupan kita, kita harus mampu dalam membagi waktu untuk segala hal. menggunakan metode 80/20 dapat dikatakan sebagai metode yang cukup efisien dan benar dalam kehidupan kita. Kita mampu menjaga konsistensi bekerja kita serta kehidupan sosial dengan kawan-kawan kita.

  2. Dalam berbisnis, relasi dan berhubungan baik dengan sesama pebisnis sangat di perlukan. Tidak hanya dengan pebisnis saja, korelasi tersebut harus dijalankan juga kepada mereka orang orang yang menjadi penunjang bisnis.

  3. aturan 80/20 pareto menurut saya baik dan saya setuju di mana kita berhubungan dengan orang terpenting , lalu sorot 20% teratas dari mereka. Inilah orang-orang yang harus kita habiskan 80% dari waktu, energi, dan sumber daya kita. dalam berbisnis pasti kita memiliki rekan bisnis yang banyak dan kita harus fokus 20% yang terpenting dan kita habiskan waktu 80% bersama rekan bisnis yang terpenting

  4. dalam bisnis menurut saya yang paling penting adalah mencapai tujuan perusahaan. dan semua hal-hal seperti fokus bekerja, teamwork dalam kelompok diskusi, relasi dengan rekan lainnya akan mendorong tujuan perusahaan. karena tujuan perusahaan adalah untuk meraup keuntungan.

  5. Hubungan dengan “teman penting” dalam hal bisnis memang sangat penting . Untuk itu ,dahulukanlah yang terpenting . Buat mereka merasa didahulukan ,maka hubungan kita dengan “teman penting” akan menjadi keuntungan untuk kita ataupun mereka .

  6. Saya sangat setuju dengan metode 80/20 karena metode tersebut kita fokus terhadap beberapa hal saja dan tidak memporsir banyak kegiatan yang dapat membuat kita lepas dari fokus dan konsentrasi.

  7. Menggunakan metode Analisis Pareto sistem 80/20 ini memungkinkan kita untuk terus memelihara dan melindungi ekosistem relasional yang kita miliki, yaitu yang merupakan penentu terbesar dari kebahagiaan pribadi dan kesuksesan profesional kita di masa depan. Dengan menerapkan Analisis Pareto juga dapat membuat manajer menjadi fokus pada pokok - pokok penyelesaian masalah yang efektif, signifikan, dan relevan.

  8. Sistem 80/20 ini memungkinkan untuk terus memelihara dan melindungi ekosistem relasional, yang merupakan penentu terbesar dari kesuksesan profesional. Dengan sistem ini, kita dapat menentukan dan mengatur prioritas.

  9. Saya setuju dengan metode 80/20 karena sistem 80/20 merupakan penentu terbesar dari kebahagiaan pribadi dan kesuksesan profesional Anda di masa depan

  10. mungkin saya setuju, karena saya kurang mengerti artikel di atas

  11. Saya setuju dengan sstem 80/20 ini, karena dalam berbisnis kita juga harus memperhatikan network atau relasi kerja dan menjaga hubungan baik sesama pebisnis. Selain itu kita harus mengatur waktu dan kontrak untuk memajukan perusahaan. Hal ini untuk meningkatkan kebahagiaan pribadi dan profesionalisme di masa depan.

  12. saya sih setuju dengan artikel tersebut. karena menurut saya relation itu adalah hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi/pekerjaan. dan metoda tersebut menurut saya sangat baik. 80/20

  13. sesuai dengan artikel di atas, bahwa adanya jaringan dan hubungan yang terjalin dalam berbisnis sangan penting dan memiliki dampak yang sangat besar dalam dunia bisnis. dengan menjalin relasi dan koneksi sebanyak-banyaknya, serta mempertahankan hubungan tersebut, dalam berbisnis maka bisnis kita akan terus maju. hal ini juga mempengaruhi profisionalisme dimasa yang akan datang

  14. pentingnya membuat relasi dengan orang lain dan selanjutnya kita menjaga hubungan tersebut terjalin secara harmonis. dalam dunia bisnis relasi sangat dibutuhkan untuk membantu kita dalam mewujudkan bisnis yang kita inginkan karena dengan adanya relasi yang luas dapat membantu kita dalam mempermudah mewujudkannya.

  15. Saya sangat setuju dengan artikel diatas karena dengan metode 80/20 tersebut kita fokus terhadap beberapa hal saja dan tidak memporsir banyak kegiatan yang dapat membuat kita lepas dari fokus dan konsentrasi.

  16. Menggunakan metode Analisis Pareto sistem 80/20 ini menentukan kesuksesan profesional Anda di masa depan

  17. saya setuju dengan argumen di atas dengan terus mencari relasi yang luas akan mempengaruhi dampak pada bisnis yang berkepanjangan karena dengan kawan kita pun kita bisa menciptakan bisnis yang bisa dijalankan secara sampingan

  18. Untuk menjalin kerjasama dengan rekan bisnis, memang perlu untuk mendekatkan diri terlebih dahulu agar ia juga dapat percaya dengan kita. Mungkin saja dengan kita sering bertemu dan dapat mendekatkan diri dengannya, kita bisa mendapatkan ide-ide bisnis baru yang tak terduga. Saya sangat setuju dengan artikel diatas

  19. untuk menjadi seorang pebisnis itu harus menjalin banyak hubungan dengan rekan - rekan bisnis lainnya agar kehidupan profesional dan juga kehidupan pekerjaan berjalan dengan lancar, maka dari itu saya setuju dengan artikel diatas.

  20. Saya setuju dengan artikel diatas bahwa harus menerapkan aturan 80/20 Pareto: Pikirkan hubungan terpenting Anda, lalu sorot 20% teratas dari mereka. Inilah orang-orang yang harus Anda habiskan 80% dari waktu, energi, dan sumber daya Anda. Karena kita memang harus menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis dan harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin

  21. Metode ini sangat berguna,apalagi untuk berbisnis,relasi sangat diperlukan karna itu akan membantu mengembangkan perusahaan dan membuka banyak wawasan juga.

  22. dalam berbisnis kita harus dapat membuat suatu hubungan yang baik, dan dalam berbisnis kita harus menemukan satu prioritas yang harus kita luangkan lebih banyak waktu kita untuj menjalin hubungan bisnis tersebut, strategi artikel ini sangat membantu.

  23. saya setuju dengan aturan 80/20 Pareto karena dalam berbisnis relasi merupakan salah satu kunci yang paling penting sehingga kita harus dapat terus berhubungan dengan rekan-rekan bisnis lainnya .

  24. memiliki jaringan bisnis yg luas merupaka faktor penting bagi perusahaan untuk melihat peluang bisnis