Jadilah Lebih Sadar Selama Hari Kerja Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Banyak dari kita bekerja dengan rutinitas di tempat kerja, namun kemampuan untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi merupakan keterampilan yang sangat penting. Kabar baiknya adalah Anda dapat membangun keterampilan ini dengan memasukkan latihan perhatian ke dalam hari Anda. Saat Anda bangun tidur, tidurlah selama dua menit dengan hanya memperhatikan napas Anda. Tahan keinginan untuk mengecek email hal pertama di pagi hari, yang menyebabkan terjadinya gempuran gangguan. Saat Anda sampai di kantor, luangkan waktu 10 menit di meja kerja atau di mobil Anda untuk memejamkan mata, rileks, duduk tegak, dan fokuslah pada napas Anda. Atur alarm untuk mengingatkan diri Anda melakukan latihan perhatian satu menit setiap jam, yang akan membuat Anda beralih ke rutinitas. Dalam perjalanan ke pertemuan, ingatlah untuk kembali ke napasku. Akhirnya, di rumah pulang pergi, matikan telepon Anda, matikan radio, dan jadilah begitu, jadi Anda tiba di rumah sepenuhnya hadir.

 
Diadaptasi dari
“How to Practice Mindfulness Throughout Your Work Day,” by Rasmus Hougaard and Jacqueline Carter

 

Sumber: Hougaard, R., and Carter, J. (2016). How to Practice Mindfulness Throughout Your Work Day. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/03/how-to-practice-mindfulness-throughout-your-work-day?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14350783&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=762098100&spReportId=NzYyMDk4MTAwS0.   Retrieved on April 29, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Bekerja adalah tanggung jawab kita karena gaji yang didapat diperoleh dari kerja yang kita hasilkan dalam perusahaan tersebut, melakukan pekerjaan sebaik mungkin sangat di tuntut dalam kantor atau dimanapun tempat kita bekerja. Oleh karena itu lakukan dengan kesungguhan hati dan ketekunan serta tanggung jawab yang besar.

  2. fokus dan konsentrasi sangat sulit dilakukan. kita dapat melatihnya seperti cara-cara di atas. di mulai dari hal kecil dan sederhana yang membuat kita dapat fokus dan konsentrasi dalam bekerja. dalam bekerja sangat diperlukan fokus dan konsentrasi supaya hasil pekerjaan yang dikerjakan maksimal dan tidak membuat atasan kita kecewa

  3. saya sering mendengar kalau kita dalam belajar dapat berkonsentrasi hanya dalam jangka waktu singkat, yaitu 15 menit. menurut saya gunakanlah waktu tsb dengan baik untuk mempelajari apa yang dipelajari di tempat kerja. jangan pikirkan hal-hal yang tidak relasi dengan pekerjaan karena dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan anda dan tidak fokus.

  4. Kita memang sulit dalam konsentrasi karena biasanya akan banyak yg lebih menarik perhatian kita . Mungkin sebaiknya kita harus lebih banyak berlatih untuk mempertahankan konsentrasi kita agar pekerjaan kita lebih mudah dalam kesehariannya .

  5. Memang fokus dan konsentrasi sangatlah penting bagi dunia kerja. Akan tetapi fokus dan konsentrasi harus didapatkan dari diri sendiri, hal-hal yang disebutkan diatas merupakan salah satu metode untuk melatih dan menjaga fokus dan konsentrasi seseorang. Selain metode tersebut ada juga metode rutin meminum air mineral, tidur 8 jam, dan lain hal positif lainnya.

  6. Salah satu penyebab kita kehilangan fokus saat bekerja adalah ketika kita merasa bosan dan terjebak dalam rutinitas. Sehingga kita akan coba mencari pelarian dengan melakukan aktivitas lainnya, di mana salah satunya adalah membuka social media. Oleh karena itu, kita harus memaknai pekerjaan kita dengan hati dan membuat komitmen terhadap jadwal kerja kita sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

  7. Saya setuju bahwa fokus bisa dilatih, salah satunya melalui pelatihan rileks diri ketika akan melalukan aktivitas. Dengan begitu, kemampuan untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi dalam berbagai situasi pun akan meningkat.

  8. Tidak hanya metode itu saja(seperti yang ditulis diartikel), namun perbanyak makan buah-buahan atau sayur-sayuran serta minum air ptuih yang banyak merupakan nsalah satu cara untuk mempertahankan fokus kita. Karena sebagian tubuh kita terdiri dari cairan. [https://www.kompasiana.com/noen/59de05b53f8bf41745116e82/kurang-minum-sebabkan-kurang-fokus]

  9. saya setuju dengan artikel diatas, bahwa fokus dan konsentrasi harus di jaga dan dilatih. selainm dari yangdisebutkan diatas anda juga bisa mengatur pola makan anda agar badan tetap sehat terjaga, pola tidur/istirahat yangcukup, perbanyak konsumsi mineral/cairan ion untuk tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  10. Artikel diatas penting bagi kita untuk tetap fokus dalam bekerja. Selain itu kita juga dapat menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Fokus dalam bekerja akan meningkatkan produktivitas sehingga tugas dalam dikerjakan dengan maksimal dan selesai tepat waktu.

  11. menurut saya fokus adalah hal terpenting bila anda ingin mengerjakan sesuatu. mungkin cengan cara yang terdapat di artikel tersebut mampu membuat anda lebih fokus dgn apa yang ingin anda kerjakan. tapi mnurut saya tidak semua orang dapat melakukan tersbut, karena setiap org ad cara masing" agar mreka bisa konsentrasi.

  12. artikel di atas menjelaskan bahwa saat kita bekerja kita harus selalu fokus. jika dalam bekerja kita mulai kehilangan fokus kita, maka sangat penting bagi kita untuk dapat menyisikan waktu untuk beristirahat sejenak dengan tidur secukupnya, berlatih bernafas, dan berolahraga. setelah melakukan hal tersebut dengan rutin, kita dapat kembali bekerja dengan produktivitas yang tinggi dan mengerjakan pekerjaan dengan maksimal

  13. kehilangan focus sendiri dapat terjadi karena kejenuhan terhadap rutinitas dikantor. perlunya pengalihan terhadap rasa jenuh seperti kita harus membuat persepektif didiri sendiri bahwa kerja bukanlah hal yang membosankan , berbicara dengan teman sekantor, ataupun disaat waktu sela itulah waktu yang tepat untuk istirahat sejenak dan disiplin dalam bekerja sangatlah dibutuhkan seperti tidak memainkan media social saat bekerja. dengan sifat fokus yang ditanamkan pekerjaan lebih terorganisir

  14. Saya setuju dengan mengatur napas dan konsentrasi. Karena kebanyakan orang yang dizaman modern sekarang ini yang mengikat diri pada rutinitasnya dan mudah hancur konsentrasi saat di kantor. Dengan mengatur pola rutinitas dan fokus makan dalam bekerja dapat memberikan hasil yang maksimal

  15. Saya setuju dengan artikel diatas , karena seharusnya memang kita harus melatih konsentrasi agar dalam mengerjakan sesuatu lebih mudah dan hasilnya bagus

  16. merlin claudya - 2001560036 LA21 saya setuju dengan artikel ini , dalam bekerja sangat diperlukan fokus dan konsentrasi supaya hasil pekerjaan yang dikerjakan maksimal dan tidak membuat atasan kita kecewa

  17. beberapa metode yang dijelaskan di artikel ini sangat membantu dan saya sangat setuju. apa yang di jelaskan di artkel ini bisa kita terapkan kepada kehidupan sehari hari. agar kita tetap fokus dan konsentrasi tetapi tanpa mengabaikan tubuh kita untuk beristirahat .

  18. saya setuju dengan artikel di atas karena menekan kita untuk lebih fokus dalam melakukan pekerjaan dan juga focus membantu kita lebih siap untuk mengerjakan sesuatu selain itu konsentrasi penuh juga di butuhkan dalam mengerjakan sesuatu

  19. Fokus dalam pekerjaan memang penting agar kita dapat bisa memaksimalkan pekerjaan kita. Apabila kita tidak fokus, kita menjadi mudah bosan dan tidak konsentrasi. Alangkah baiknya kita juga memperhatikan jam tidur kita dan juga perbanyak minum air putih. Karena biasanya penyebab kita tidak fokus itu adalah mengantuk dan otak kekurangan oksigen. Kelelahan juga dapat menghambat kefokusan kita, oleh karena itu kita jangan terlalu forsir untuk mengerjakan sesuatu.

  20. saya setuju dengan artikel diatas karena untuk menjalani keseharian kita butuh fokus dan konsentrasi penuh agar semuanya bisa kita selesaikan dengan baik tidak hanya raga kita yang menjalanin keseharian kita namun pikiran kita pun harus ikut serta.

  21. Banyak dari kita bekerja dengan rutinitas di tempat kerja, namun kemampuan untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi merupakan keterampilan yang sangat penting. Artikel diatas sangat bagus membrikan solusi supaya kita lebuh sadar selama bekerja, karena memanf saat bekerja kita membutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh.

  22. artikel diatas memberikan solusi yang berguna,dan untuk fokus mulailah dari hal-hal kecil untuk melatihkan kefokusan terhadap suatu hal

  23. dalam bekerja kita juga haras memerhatikan kesehatan dari keseharian kita, agar dapat fokus saat bekerja, dan tidak kelelahan, agar pekerjaan menjadi lebih optimal

  24. banyak hal yang menyebabkan fokus dan konsentrasi terganggu seperti, kurang tidur, merasa bosan, tekanan dalam pekerjaa maupun masalah pribadi sehingga aktivitas dalam bekerja. artikel diatas sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi, fokus dan konsentrasi yang baik menentukan hasil kerja dan kesuksesan dalam organisasi karena pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai dan meminimalisir kesalahan sehingga akan lebih mudah mendapatkan promosi.

  25. apabila fokus dan konsentrasi kita buyar dalam hari kerja maka pekerjaan kita menjadi berantakan dan tidak dapat terselesaikan