Buat Brainstorming Lebih Efisien

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Membuat banyak orang berpikir tentang masalah yang kompleks seringkali merupakan cara terbaik untuk menemukan solusi. Tapi Anda harus mengambil langkah untuk membuat kolaborasi menjadi efisien. Bila Anda mengundang orang lain untuk berkontribusi dalam sebuah proyek, hormati waktu mereka dan bersiaplah. Bawa bersama orang-orang yang paling dekat dengan masalah. Jelaskan tentang siapa yang datang dan mengapa, dan gunakan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan mengatasi masalah. Dalam beberapa situasi, mungkin masuk akal jika percakapan tetap terbuka dan melakukan brainstorming dengan anggota tim dengan mengatakan: “Bagaimana menurut Anda? Apa perspektif Anda?” Dalam kasus lain, mungkin lebih mudah untuk berbagi pandangan Anda dan meminta orang lain untuk mempertimbangkan: “Saya menghargai masukan Anda. Inilah yang saya pikirkan. Apa yang tidak saya pertimbangkan atau anjak jadi? Apa yang bergema, dan mana yang tidak?”

 
Diadaptasi dari
“How Managers Can Make Group Projects More Efficient,” by Amy Jen Su

 

Sumber: Su, A. J. (2017). How Managers Can Make Group Projects More Efficient. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/how-managers-can-make-group-projects-more-efficient?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=17014792&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1001234473&spReportId=MTAwMTIzNDQ3MwS2.  Retrieved on April 17, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. dalam kasus seperti ini memang sangat diperlukan adanya diskusi dan bertukar pikiran atau pendapat antara manajer dan sesama rekan kerja. karena setiap orang memiliki perbedaan intuisi, sehingga dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan sebuah solusi untuk keluar dari masalah. seperti yang sudah disebutkan pada artikel diatas, ajaklah orang-orang tedekat untuk berdiskusi dan saling bertukar pendapat, hal ini dilakukan agar pikiran kita dapat terbuka dan dapat menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang ada

  2. Antar Manajer maupun antar karyawan harus saling berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik, dan bertukar pikiran, solusi dan saran. Karna pendapat orang berbeda-beda, agar lebih baiknya saling bertukar pendapat dan menemukan solusi yang tepat

  3. Keterbukaan/ mencurahkan pendapat untuk penanganan suatu kegiatan sangatlah baik, pasalnya apabila hal ini dilakukan dengan cukup baik maka ke efisiensian kinerja akan lebih bernilai.

  4. Komunikasi tentu menjadi faktor penting dalam kehidupan sehari-hari ,terutama bisnis . Brainstorming menjadikan suatu organisasi mampu saling berbagi ide-ide mereka . Dengan ide dan latar belakang yang berbeda dari tiap individu ,tentu akan menjadi suatu ide baru yang dapat disepakati bersama atau menjadi pemicu konflik . Untuk itu ,diskusi harus dilakukan dengan tenang dan berpikir jernih ,dengan tujuan yang sama yaitu mencapai kesuksesan bersama .

  5. Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia kerja karena dunia kerja dihadapkan oleh banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda - beda mulai dari suku, budaya, usia, pola pikir, karakter, agama, dan lain sebagainya. Komunikasi berperan sebagai penghubung antar individu yang berbeda tersebut dan disatukan untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi yang baik diperlukan antar karyawan dan manajer. Selain itu, seorang manajer juga dituntut untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawannya karena seorang manajer berperan sebagai jembatan antara satu karyawan dengan karyawan yang lain.

  6. Memang dalam menyelesaikan sebuah kasus dibutuhkan tukar pikiran. Agar dapat mengetahuin pendapat masing-masing dan membuat keputusan untuk 2 pihak. Sehingga tidak ada yang mengalami kerugian atau keuntungan sepihak.

  7. Brainstorming memang merupakan hal yang perlu dilakukan karena dapat mempertimbangkan ide ide yang ada, juga akan timbul banyak ide yang inovatif dan tidak biasa. Menurut saya, dalam melakukan brainstorming dapat mengundang orang-orang yang beragam dan kompeten agar mendapat ide yang berbeda-beda, namun juga tetap membatasi orang-orang yang hadir agar jalannya brainstorming tetap efektif dan efisien.

  8. Brainstorming adalah salah satu bentuk berpikir kreatif sehingga pertimbangan memberikan jalan untuk berinisiatif kreatif. karyawan didorong untuk mencurahkan semua ide yang timbul dari pikirannya dalam jangka waktu tertentu berkenaan dengan beberapa masalah, dan tidak diminta untuk menilainya selama curah pendapat berlangsung. Keterbukaan dalam memberi pendapat sangat baik dalam menyelesaikan permasalahan, di dalam perusahaan lebin bak kita saling bertukar pendapat, berkomunikasi, dan saling memberikan solusi.

  9. setiap orang memiliki kesibukan masing-masing yang membuat penyelesaian masalah menjadi lebih sulit. brainstroming harus se efisien mungkin karena ketersediaan waktu dan kegiatan orang berbeda-beda

  10. brainstorming menurut saya adalah mengikuti serangkaian proses pengamatan dengan kreatif atau dengan efisien. karena tiap-tiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda, maka menurut saya pantas jika tiap tiap anggota diskusi memberikan pendapatnya untuk menjalani proses pengamatan masalah dengan kreatif

  11. Brainstroming memang sangat penting didalam kelompok, jika brainstroming dibuat menjadi efisien dengan cara-cara tersebut maka menurut saya akan tercipta ide-ide yang sangat out of the box atau bahkan yang sangat inovatif.

  12. Untuk membuat brainstorming menjadi lebih efisien, diperlukan tindakan pengambilan langkah yang tepat. Menghormati waktu serta to the point merupakan beberapa langkah yang sesuai ketika ingin menyelesaikan permasalah secara cepat.

  13. Tidak mudah untuk mengatur seseorang dalam tugas kelompok, namun brainstorming juga cukup mempengaruhi agar tugas tersebut dapat berjalan lebih efisien. Dalam tugas kelompok kita memang harus melakukaannya dengan efisien sehingga masalah, pekerjaan maupun yang lainnya dapat diselesaikan secara tepat waktu maka dari itu penting untuk melakukan brainstorming dalam kelompok. Contohnya jika manager memiliki semangat yang tinggi dan mempengaruhi bawahannya, maka bawahannya juga akan memiliki semangat yang tinggi untuk menyelesaikan tugasnya tersebut.

  14. menurut saya cara tersebut sudah benar dan tepat untuk diterapkan secara langsung. karena dengan begitu, bisa saja ide-ide akan bermunculan atau tercipta.

  15. saya setuju dengan artikel di atas, karena menurut saya bila ada masalah, segeralah menyakan terlebih dahulu pada rekan kerja anda seperti yang tertera di artikel di atas agar dapat menyelesaikanya dengan baik. setelah rekan anda menjawab, berikanlah juga tenggapan anda terhadapp masalah tersebut agar masalah tersebut bisa slesai secara efisien.

  16. Sebelum kita membuat suatu project dalam tim, brainstorming sangat diperlukan untuk menampung semua aspirasi yang dimiliki setiap individu. Setiap individu berhak memberikan masukan dan ide-ide yang berhubungan dengan project yang akan dibuat. Brainstorming itu sendiri diharapkan untuk menyatukan semua kepala ditim dan membuat sesuatu yang bagus dan sekreative mungkin.

  17. saya setuju dengan artikel yang ada diatas, dengan adanya brainstorming pekerjaan dapat menjadi lebih efisien dan juga efektif. kita juga tau apa yang mesti kita kerjakan terlebih dahulu jadi engga kececeran.

  18. Sederhananya, brainstorming adalah metode untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif dengan mendorong anggota kelompok untuk melemparkan ide sembari menahan kritik atau penilaian. Brainstorming, dalam banyak bentuknya, telah menjadi tool standar untuk ideation (pengembangan ide baru)

  19. saya sangat setuju dengan artiker diatas,karenaKeterbukaan/ mencurahkan pendapat untuk penanganan suatu kegiatan sangatlah baik, pasalnya apabila hal ini dilakukan dengan cukup baik maka ke efisiensian kinerja akan lebih bernilai.

  20. diskusi dan bertukaran pikiran ataupun pendapat sangat diperlukan dalam menangani sebuah masalah untuk mengambil keputusan karena bisa membantu kita menemukan jalan keluar dari sebuah maslah .

  21. untuk mencari penyelesaian masalah maka dibutuhkan brainstorming dimana anggota kelompok berkumpul untuk memberikan gagasan/ide menganai masalah yang sedang dihadapi. brainstorming yang effective dapat membuat team menyelesaikan tugas dan masalah secara efektif dan efisien karena itu brainstorming merupakan langkah yang tepat jika ingin menyelesaikan masalah denganmemandang sesuatu dari sudut pandang yang lain melalui cara-cara yang baru, dan yang terakhir hindari konflik selama brainstorming karena kritik terhadap ide-ide akan menghambat muncul ide-ide baru lainnya

  22. saya setuju menurut saya memang perlu ada nya komunikasi dan pertukaran pikiran karena gaya komunikasi orang lain dan pikiran orang lain itu berbeda2 oleh sebab itu di pertemukan lah satu sama lain agar pikiran lebih terbuka dan dapat menerima masukan dari orang lain selain itu juga untuk kebaikan diri sendiri dengan menerima masukan dari orang lain

  23. Mengajak anggota satu tim untuk ikut memikirkan solusi yang tepat sekaligus melatih kerja sama antar angora. Brainstorming akan berjalan efektif apabila tim secara bersama dan kompak membantu mencari solusi dengan ide-ide menarik. Bertukar pikiran selama brainstorming pun juga sangat bagus karena selain dapat menemukan solusi juga dapat membantu menemukan ide-ide baru (inovasi) serta kita menjadi semakin bisa mengandalikan diri untuk menjadi pusat perhatian.

  24. Kita harus mudah menerima solusi orang lain. Apabila dirasa solusi tersebut kurang tepat, peran anggota lainnya dapat menambahkan. Dari beberapa solusi pastinya ada satu yang sangat tepat. Mungkin yang satu itu dapat dikembangkan agar lebih bagus. Mengemukakan ide-ide /solusi baru mendorong kerjasama sebuah tim.

  25. apa yang ditulis dalam artikel diatas sudah benar adanya. kalau menurut saya, brainstorming adalah solusi pemecah masalah karna kita menyatukan solusi - solusi dari beberapa kepala namun juga itu tetap harus dibuat efisien agar tidak memakan waktu yang banyak dan akhirnya justru menambah masalah baru

  26. Saya setuju dengan artikel diatas, brainstorming adalah metode untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif dengan mendorong anggota kelompok untuk melemparkan ide sembari menahan kritik atau penilaian. Memang antara manajer dan staff harus membangun brainstorming supaya dapat memunculkan ide ide baru yang lebih kreatif dan inovatif

  27. Saya setuju dengan artikel tersebut.Brainstorming karyawan - karyawan dan manajer akan menyampaikan ide - ide mereka masing - masing sehingga akan menciptakan sebuah inovasi kepada perusahaan,Brainstorming juga dapat menyelesaikan masalah - masalah yang timbul didalam perusahaan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang lama karena masalah tersebut diselesaikan secara bersama - sama.

  28. setuju dengan artikel tersebut,brainstorming merupakan pemangatan kreativitas,ini akan membantu kperusahaan. komunikasi yang baik juga membantu manager dan karyawan berkontribusi dengsn baik

  29. brainstorming sangat diperlukan untuk menemukan solusi yang baik dan mengambil Langkah yang tepat, saya sangat setuju

  30. saya setuju dengan artikel diatas karna dapat membuat pekerjaan lebih teratur dan efisien