Berbicara dalam Rapat (Bahkan jika Anda Orang Paling Junior di Ruangan)

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Sebagai profesional muda, Anda mungkin khawatir Anda terlalu junior, tidak berpengalaman, atau baru untuk berbicara dalam sebuah pertemuan. Tapi terkecuali jika Anda berpartisipasi, Anda tidak akan mendapat perhatian dari rekan senior Anda yang memiliki kekuatan untuk membawa karir Anda ke tingkat berikutnya. Temukan sesuatu untuk dibagikan yang akan membuat staf senior memperhatikan Anda – dan potensi Anda. Jangan meremehkan nilai pengalaman yang Anda miliki, yang mungkin sangat sesuai dengan situasinya. Anda dapat merujuk proyek yang sedang Anda kerjakan: “Saya telah melihat topik ini muncul dalam email dengan klien” atau “Ibu Amy bertanya tentang bagaimana hal ini mempengaruhi kinerja buruk mereka – tim kami telah mengerjakan masalah ini, dan yang penting di sini adalah bagaimana kita menyelesaikannya.”  Tapi hindari tampil sombong atau terangkat. Bersandar pada bukti dengan mengatakan sesuatu seperti, “Saya membaca sebuah studi tentang X …”

 
Diadaptasi dari
 “Don’t Let Inexperience Stop You from Participating in Meetings,” by Andy Molinsky and Melissa Hahn 

 

Sumber: Molinsky, A., and Hahn, M. (2017). Don’t Let Inexperience Stop You from Participating in Meetings. Harvard Business Review.  From:  https://hbr.org/2017/01/dont-let-inexperience-stop-you-from-participating-in-meetings?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16971588&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1000756231&spReportId=MTAwMDc1NjIzMQS2. Retrieved on April 12, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. Berani berbicara akan membantu kita dalam suatu organisasi ,terutama rapat . Utarakanlah hal yang perlu ,dan jangan memotong atau mengganggu (tidak sesuai) dengan topik yang sedang dibicarakan . Mengutarakan pikiran ataupun ide menandakan kita adalah bagian dari organisasi atau rapat .

  2. Menurut saya, jika kita terlibat dalam rapat atau pertemuan, sebagai partisipan kita bisa berbicara atau mengemukakan opini namun sebagai junior kita harus menghormati dan memberikan waktu terlebih dahulu kepada senior sehingga kita dapat mengevaluasi dan menganalisis pernyataan - pernyataan yang dikemukakan, kemudian jika kita mempunyai ide atau tanggapan yang ingin disampaikan maka kita harus menyampaikannya dengan baik dan tidak bertele - tele.

  3. Berani dalam berbicara dalam rapat tanpa memunculkan rasa sombong adalah hal yang paling tepat untuk memberitahu orang lain bahwa kita sebagai junior mampu bersaing dengan senior sehingga tidak ada yang mau meremehkan kita. Tapi dalam 1 sisi kita tidak boleh sombong. Kita tetap harus menghargai senior.

  4. Proses sangat menentukan diri terlebih dalam dunia kerja. Semua berawal dari bawah dan semua dimulai dari usaha, kerja keras serta terus menciptakan nama baik agar tetap terjaga.

  5. kadang senioritas menjadi penghalang kita untuk berpendapat. Saya setuju dengan artikel di atas yang menyatakan bahwa meskipun kita masih dalam level junior kita harus tetap berani berpendapat agar senior kita memerhatikan kita. kita harus berani berpendapat di depan senior kita meskipun pengalaman yang kita miliki lebih sedikit dari pada senior. Jadikan diri kita berbeda dari yang lain agar mendapat perhatian khusus.

  6. sebagai junior tidak menentukkan untuk tidak bisa mengikuti diskusi. tidak ada persepsi jika junior lebih sempit pengetahuannya daripada senior. berbagilah setiap informasi atau pendapat anda dalam tiap-tiap diskusi. saya setuju dengan statement tidak boleh sombong ketika kita lebih senior diperusahaan.

  7. Percaya diri sangatlah penting dibahasan kali ini, karena tampil percaya diri dapat menunjukan segala kemampuan yang ada didalam diri kita. percaya tidak percaya orang-orang hebat sangatlah percaya diri, mereka tidak takut salah. jikalau dia salah maka mereka langsung memperbaikinya.

  8. Sebagai profesional muda, tidak menutup kemungkinan untuk langsung bersinar. Hal ini dapat dicapai dengan menemukan suatu potensi untuk menarik perhatian staf senior. Selain itu, hindarilah sikap rendah diri dan tingkatkan rasa percaya diri akan pengalaman serta kemampuan yang dikuasai.

  9. disini kita harus memerlukan percaya diri yang tinggi, namun boleh saja percaya tinggi saat rapat atau situasi lainnya, namun perlu diingat juga jangan sampai kalimat yang kalian utarakan akan menjadi boomerang untuk menjatuhkan kalian. jadi sebelum berbicara alangkah baiknya berpikir akan konsekuensi yang akan diterima.

  10. berani berbicara dan berani mengeluarkan pendapat merupakan poin plus bagi setiap orang.dapat meningkatkan rasa percaya diri dan lain sebagainya. dan jika sudah mengeluarkan pendapat harus bisa menerima pro dan kontra dari orang lain.

  11. Setiap orang berhak mengeluarkan pendapatnya tidak peduli junior maupun senior dalam perusahaan. Jika kita memiliki gagasan-gagasan menarik tidak ada salahnya jika kita menyampaikan gagasan tersebut. Kita harus percaya diri dan tidak boleh berkecil hati, karena setiap orang bebas mengeluarkan pendapatnya.

  12. menurut saya, tidak perlu cemas dan menganggap diri anda adalah junior di suatu tmpt kerja, karena menurut saya bila anda memang junior dan banyak orang kurang percaya, tunjukan pada diri anda dan mereka bahwa anda dapat menyelesaikan sebuah permasalahan yang mereka tidak bisa selesaikan. dengan cara itu anda akan di anggap sebagai junior yang baik.

  13. Sebagai junior kita harus menunjukan keeksistensian kita terhadap senior ataupun orang lain bahwa kita bisa dalam berpartisipasi terhadap event yang ada. Dengan cara tersebut kita dapat memulai pengalaman, manager yang lebih senior pastinya akan menghargai bukan mencela perilaku kita. Dengan demikian orang-orang bisa mentirai kepercayaan diri dan pengetahuan yang dimilili kita

  14. menurut saya ,sebagai junior kita harus menunjukkan bahwa kita juga bisa berpendapat dan memberikan saran yang baik yang bisa diterima oleh orang lain sehingga kita akan lebih dihargai oleh para senior

  15. menurut saya yang pertama kita harus percaya diri walaupun level junior kita harus tetap berani berpendapat agar senior kita memperhatikan kita karena setiap orang berhak mengeluarkan pendapat dan tidak menjadi sombong walaupun sudah senior.

  16. menurut saya walaupun kita junior tetap kita ada hak dalam berbicara karena pada UUD semua orng berhak memberikan pendapat, namun bukan berarti kita bisa berbicara seenaknya tetap harus menjaga bahasa dan attitude jangan sampai mencela atau menyinggung perasaan oarng lain atau lawan bicara kita

  17. Mengemukakan pendapat dan pikiran dalam rapat tidak ada salahnya selama kita mengemukakannya dengan sopan dan tau aturan. Jangan sampai kita memotong orang yang sedang berbicara. Tunggulah waktu untuk diberikan kesempatan. Apapun pendapat kita harusnya dapat memberikan kontribusi yang positif.

  18. saya setuju dengan artikel diatas namun jika boleh saya tambahkan, saya ingin menambahkan bahwa jangan lupa diperhatikan juga tingkat kepercayaan diri anda jika anda sengan ingin berbicara di dalam rapat. karna mungkin anda adalah seorang junior, mungkin saja mental dan kepercayaan diri anda masih goyah maka dari itu, hal tersebut juga harus diperhatikan.

  19. Saya setuju dengan artikel diatas, memang harus berani berbicara, walaupun masih junior harus berani memberikan ide ide baru, memberikan atau mengemukakan pendapat yang dimiliki dengan penuh percaya diri dan berani, walaupun masih junior.

  20. jika sudah bisa bergabung dengan rapat,maka juga bisa mengemukakan pendapat tetapi dengan cara sopan dan menghormati sesama partisipan rapat. berani tampil dan berbicara akan menunjukkan kualitas diri kita secara tidak langsung. menunjukkan potensi kepada senior

  21. dalam sebuah rapat, walaupun kita sebagai junior sekalipun, kita berhak memberikan pendapat, dan penyampaiannya juga ada tata caranya juga, harus sopan di harapan senior.

  22. sering kali para junior merasa malu atau enggan untuk berbicara maupun mengutarakan pendapatnya karena kurangnya pengalaman ataupun karena adanya senioritas didalam perusahaan. namun, semua orang, baik junior ataupun senior memiliki hak untuk berpendapat dan berbicara. tingkatkan rasa percaya diri anda dan berbicaralah yang sopan karena komunikasi yang baik akan membuat bisnis berjalan dengan lancar

  23. menurut saya siapapun bisa menyampaikan pendapat atau berbagi pengalaman jadi tak perlu ragu dengan diri sendiri