Sebelum Menghadapi Rekan Kerja, Ajukan Pertanyaan Ini

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah dalam bekerja dengan seorang rekan kerja. Jika Anda menghadapi masalah ini, atau apakah sebaiknya tetap diam? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini untuk menentukan jalan terbaik:

  •  Apakah kesuksesan jangka pendek atau jangka panjang Anda bergantung pada penanganan masalah ini?
  • Apakah orang ini merupakan pihak yang berkaitan dengan laporan langsung atau atasan?
  • Maukah Anda bekerja untuk mereka dalam jangka pendek? Apakah ini hubungan yang berkelanjutan?
  • Seberapa penting bagi Anda dan organisasi untuk memperbaiki situasi?
  • Apakah masalah yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi atau bagaimana perasaan Anda saat bekerja setiap hari?

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mengungkapkan bahwa masalahnya adalah kejadian satu kali, atau Anda tidak sering berinteraksi dengan orang tersebut, cobalah untuk tidak menangani masalah ini – tunggu dan lihat bagaimana situasi berjalan. Di sisi lain, jika Anda menentukan bahwa kesuksesan Anda terhambat atau hubungan Anda dengan orang itu penting, cobalah untuk segera menyelesaikan masalah yang ada.

 

Diadaptasi dari Difficult Conversations (HBR 20-Minute Manager Series)

 

Sumber: Harvard Business Review (2017). Difficult Conversations (HBR 20-Minute Manager Series).  USA: HBR Ebook.

 

Nugroho J. Setiadi
  1. Saya sangat setuju untuk pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Dengan menjawab pertanyaan tersebut, saya menjadi tahu apa yang menjadi problem permasalahan yang terjadi.

  2. Saya sangat setuju dengan pertanyaan pertanyaan yang menentukan jalan terbaik. Dan saya setuju dengan pertanyaan tersebut karena dapat menangani masalah masalah yang terjad. Selain mengetahui masalah yang terjadi, saya juga tidak harus diam dalam menghadapi suatu permasalahan dalam dunia pekerjaan atau diluar pekerjaan

  3. Ya tentu hal itu benar, faktor lingkungan juga dapat menghambat kesuksesan

  4. Intinya apabila kita ingin bekerja sama dengan rekan kerja kita secara baik dan lancar , sebaiknya kita membangun relasi yang baik dahulu dengannya , kemudian jika ada kendala atau masalah dengan rekan kerja kita, maka cara yang baik adalah mencari apa yang menjadi kendala atau masalahnya lalu diselesaikan secara baik dan tidak merugikan satu sama lain.

  5. LC21 masalah dengan rekan kerja pasti akan timbul. tetapi kita harus intropeksi diri kita masing-masing terlebih dahulu sebelum menyalahkan orang lain. mungkin masalah yang timbul terjadi dari diri kita sendiri yang tidak ingin bekerja sama dengan rekan kerja kami. pertanyaan-pertanyaan diatas semuanya dapat membantu kita dalam menilai diri kita sendiri. semua permasalahan bisnis harus di komunikasikan dengan rekan kerja kita supaya masalah lebih cepat selesai.

  6. LA21 ya saya setuju, jika terjadi masalah dengan rekan kerja sebaiknya diselesaikan dengan baik agar bisa kerjasama dengan lancar dan baik .

  7. LA21 ya, memang benar sulit untuk menghadapi masalah dalam bekerja dengan rekan kerja mungkin merasa terganggu atau terbebani dengan permasalahan yang ada. kurangnya komunikasi atau memilih tetap diam akan memperburuk keadaan dengan rekan kerja atau menghambat dalam bekerja

  8. Dengan memikirkan apa saja yang menjadi keuntungan dan kerugian bagi kita dengan ada atau tanpa rekan kerja tersebut ,kita dapat memilih tindakan apa yang akan kita lakukan selanjutnya . Tetapi ,hubungan yang tidak bagus pasti menyulitkan pekerjaan kita . Sebaiknya ,kita menyelesaikan masalah ,terutama jika memiliki hubungan yang sedang tidak baik dengan rekan kerja ,kita harus segera menyelesaikan masalah kita agar kita dapat bekerja dengan tenang .

  9. Tentu saja dalam pekerjaan kita pasti bisa bermasalah dengan rekan kerja,tetapi kita tidak dapat mengatakan bahwa itu merupakan salah rekan kerja kita. Satu sisi kita juga harus mengitropeksi diri kita. Tentu jika terjadi permasalahan dengan rekan kerja kita, kita harus selesaikan secara baik baik karena itu akan mempengaruhi kualitas kerja kita yang mampu menurunkan produktivitas kita.

  10. jika kita berada pada sebuah organisasi di perusahaan, alangkah baiknya kita dapat dan bisa membangun relasi dengan orang-orang yang ada disekitar kita. sehingga jika kita mengalami masalah kita bisa meminta bantuankepada mereka dan juga sebaliknya.

  11. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Sebelum menghadapi rekan kerja pastikan anda mengenal mereka, salah pergerakan dapat membuat anda mengalami situasi yang kurang mengenakan. Memulai obrolan dengan rekan kerja dapat membuat anda mengenal rekan kerja anda secara tidak langsung, saat anda mulai terbiasa dengan keadaan maka anda akan dapat terus berinteraksi dengan rekan kerja anda.

  12. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan tersebut . Manager bisa memahami apa hambatannya, kendalanya, masalahnya dan bagaimana cara menangani nya melalui tindakan yang nyata. Jadi Saya sangat setuju dengan pertanyaan pertanyaan yang ada diatas tersebut.

  13. dalam menghadapi suatu masalah, memang ada baiknya tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum menanyakan pada orang lain. jika memang diri kita dapat menjawab pertanyaan tersebut, dapat dipastikan masalah tersebut dapat diselesaikan

  14. Hal ini perlu dilakukan agar mengetahui apa yang terjadi di diri kita dan untuk evaluasi diri. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kondisi saat ini,dan menjadi tiang utama dalam melakukan kerjasama bisnis.

  15. Masalah yang bersangkutan dengan rekan kerja harus ditangani dengan baik. Apalagi jika konflik tersebut dapat mempengaruhi jenjang karir kita. Setiap orang butuh bersosialisasi karena kita merupakan makhluk hidup yang tidak luput dari bantuan orang lain. Maka dari itu alangkah baiknya menyelesaikan masalah dengan rekan kerja walaupun hal tersebut tidak berpengaruh untuk jangka pendek maupun jangka panjang karir kita sendiri.

  16. Jika kita memiliki masalah dengan rekan kerja dapat mengurangi performa kinerja kita karena salah satu faktor terpenting dalam performa kinerja adalah lingkungan kerja yang kondusif. bagaimana lingkungan kerja menjadi kondusif apabila kita memiliki masalah dengan rekan kerja? menjaga hubungan baik dengan rekan kerja sangat penting untuk menunjang performa kinerja yang unggul

  17. Mempunyai rekan kerja pastinya untuk membantu kita dalam melakukan pekerjaan. Tetapi tidak dapat dipungkiri diantara kita dan rekan memiliki sifat yang berbeda (misal :Saya rajin & dia kurang inisiatif). Hal ini dapat menimbulkan masalah sehingga menghambat kinerja. Disini kita harus pintar dalam menyampingkan keege oisan kita agar tidak murah. Lebih baik diskusikan permasalahannya sebelum parah.Bisa saja dari awal membentuk komit agar semua yang akan dijalankan sesuai dengan komit yang sudah sama-sama disetujui sehingga dapat saling menguntungkan&pekerjaan selesai dengan baik. Namun tidak ada salahnya apabila kita ingin memperingatinya agar lebih baik lagi dalam teamwork.

  18. pertanyaan diatas sangat cocok apabila kita memulai bekerja dengan pekerja yang baru agar, kita bisa mencegah conflit-konflik kecil yang terjadi.

  19. saya setuju dengan artikel diatas dan pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita dapat mengetahui masalah yg terjadi

  20. LA21 saaya setuju dengan hal diatas , jika merasa hal tersebut akan menghambat pekerjaa kita sebaiknya dibicarakan dengan rekan kerja tersebut agar posisi kedua pihak merasa nyaman .

  21. membangun hubungan dengan rekan kerja itu sangat perlu dan penting, karena jika memiliki masalah atau tidak cocok dengan rekan kerja itu dapat memengaruhi performa kerja kita.

  22. Dalam menyelesaikan permasalah butuh yang namanya komunikasi satu sama lain, menurut saya dengan mengajukan pertanya2an dan mendiskusikan apa yg sedang terjadi dapat membuat suasana menjadi lebih baik dan permasalahan akan bisa diselesaikan.

  23. perselisihan rekan kerja hal yg biasa namun kita juga harus mencoba memcocokkan diri dengan rekan kerja, anggaplah rekan kerja kita sebagai teman dekat dan cobalah mengerti apa yang dimaksud oleh rekan kerja kita dengan seperti itu maka pekerjaan agar lancar

  24. Komunikasi yang baik dengan karyawan adalah penting. Saya setuju dengan peryataan diatas karena jika tidak dapat bertanya maka ditakutkan akan mengalami miss komunikasi.

  25. saya sangat setuju dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk dapat mengantisipasi dan bagaimana menangani suatu masalah tersebut dalam suatu organisasi.

  26. Pertanyaan-pertanyaan diatas sangatlah bagus untuk kita tanyakan kepada rekan kerja

  27. saya setuju dengan artikel diatas dan ingin saya tambahkan bahwa jangan lupa mengontrol diri anda agar terlihat tenang dan agar anda dapat menanyakan pertanyaan - pertanyaan tersebut dengan baik dan benar

  28. Saya setuju apabila terjadi masalah dengan relasi kerja hendaklah langsung diselesaikan, karena menjalin hubungan yang baik dan menyamakan tujuan dan pemikiran adalah salah satu faktor untuk mencapai suatu target

  29. sebaiknya menurut saya, harus sangat dihindarkan berdiam. maksudnya kita harus lebih banyak berbicara/ bertanya dari pda berdiam diri karena itu tidak akan menyelesaikan sebuah masalah

  30. Artikel di atas mengajarkan bahwa sebelum menghadapi rekan kerja sebaiknya kita memahami bagaimana pola pikir dan cara kerja pihak tersebut dahulu, agar kedepannya kita mampu menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil.

  31. Kawai satria 2001581060 Keserasian visi dan misi dapat menunjang suatu tugas kelompok dapat berjalan dengan baik,oleh karena itu pertanyaan2 diatas sangat wajib diperhatikan guna mencari rekan kerja agar menghindari perdebatan yg hebat

  32. Dengan cara seperti ini kita akan mendapatkan solusi untuk mengatasi problem yang di dapat.

  33. Perspektif dan pola pikir, serta cara kerja dari rekan kerja tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Dan dengan pertanyaan- pertanyaan diatas tersebut,maka kita dapat menetapkan objektif dan goal yang ingin kita tuju, agar mampu mencapai target yang diinginkan.

  34. Saya setuju dengan pertanyaan-pertanyaan diatas. Pertanyaan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi diri dan membangun kerjasama yang tentunya lebih baik kedepannya.

  35. Menurut saya sangat setuju perihal pernyataan tersebut bahwa dapat mengevaluasi bersama saling melihat sisi positive dan negative kedepannya dapat membangun individu yang marak terjadi dan membangun kerjasama kedepannya

  36. Jika dalam suatu tim kita memiliki rekan kerja yang kurang akrab dengan kita, pertanyaan pertanyaan tersebut sangatlah efektif. Karna dengan adanya pertanyaan itu kita dapat membangun kerjasama antar reka kerja dengan lebih baik

  37. Ya saya setuju, hal ini dilakukan agar kita memhamai rekan kerja kita

  38. Melalui metode ini kita dpt memahami rekan kerja kita dgn baik

  39. Rekan kerja memiliki pengaruh yang tidak begitu penting demi jenjanh karir kita. Namun balik ke diri sendiri. Anda orang yang seperti apa. Apakah ingin menjalin relasi dengan baik atau hanya fokus pada karir

  40. Dalam bekerja tak jarang kita menenukan rekan kerja yang selalu membuat ulah, namun jangaan cepat bertindak apalagi sampai membuat hubungan dengan rekan tersebut menjadi bermasalah tanyakan kepada diri anda apakah hal yang harus anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

  41. Menurut saya pertanyaan seperti itu efektif untuk memperbaiki hubungan kerja dengan rekan kerja kita jika kita sedang memiliki masalah dengan dia karena di sisi lain rekan juga juga bisa menjadi penting karena ia bisa menilai apa yang kita lakukan dalam mengerjakan tugas kita.

  42. Bekerja dengan rekan kerja akan menjadi tidak efektif apabila memiliki masalah dengan rekan kerja tersebut, dan benar pernyataan diatas bahwa menyelesaikannya dapat dilakukan dengan 2 pilihan apakah harus berbicara atau tidak semuanya tergantung dengan pekerjaan yang akan terganggu atau biasa - biasa saja

  43. Saya setuju dengan artikel diatas, sebaiknya jika memang kita ada masalah dengan rekan kerja sebaiknya kita jangan diam melainkan mencoba untuk mengintropeksi diri sendiri dahulu. Kemudian coba membicarakan nya kembali sehingga tidak membuat konflik menjadi panjang.

  44. Menurut saya sangat setuju perihal pernyataan tersebut bahwa dapat mengevaluasi bersama saling melihat sisi positive dan negative kedepannya. Memulai obrolan dengan rekan kerja dapat membuat anda mengenal rekan kerja anda secara tidak langsung, saat anda mulai terbiasa dengan keadaan maka anda akan dapat terus berinteraksi dengan rekan kerja anda.

  45. Saya setuju dengan artikel diatas. Masalah-masalah yang bersangkutan dengan rekan kerja harus ditangani dengan baik, apalagi jika konflik tersebut dapat mempengaruhi jenjang karir kita. Setiap orang butuh bersosialisasi karena pada hakikatnya kita merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Maka dari itu alangkah baiknya menyelesaikan masalah dengan rekan kerja walaupun hal tersebut tidak berpengaruh untuk jangka pendek maupun jangka panjang karir kita sendiri.

  46. Setiap oramg memiliki sifat dan watak yang unik sehingga terkadang sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami masalah dalam bekerja dengan seorang rekan kerja. Masalah adalah hal yang wajar dan sering ditemukan ketika terjadinya perbedaan tujuan, pendapat, dll. Karenanya, Anda bisa tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan seperti yang diatas untuk menentukan jalan terbaik guna menyelesaikan masalah yang ada dengan cepat.

  47. Perbedaan individu yang ada tentu sangat menentukan suatu hasil yang baik dalam suatu pekerjaan. Sehingga pertanyaan yang tepat sangat berguna untuk mengetahui jalan atau solusi atas permasalahan yang ada agar bisa dihadapi dan diselesaikan

  48. dalam menjalankan suatu proyek kerja, para karyawan dituntut untuk saling bekerjasama satu sama lain. namun, kenyataanya sering kali ditemukan ketidakcocokkan antar satu karyawan dengan yang lainnya sehingga dapat menimbulkan konflik dan menghambat pekerjaan. Artikel ini dapat memberi solusi atas kejadian tersebut

  49. Selalu meninjau ulang segala situasi sebelum mengambil suatu keputusan merupakan langkah yang diperlukan agar tidak keliru kedepannya. Menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memberikan konstruksi maupun gambaran akan situasi kepada diri sendiri seperti yang dituliskan penulis pada artikel ini tentu saja dapat membantu kita untuk melihat situasi yang kita hadapi dengan lebih baik.

  50. Menurut saya, pertanyaan-pertanyaan diatas tepat dipilih untuk mengambil jalan terbaik. Menanyakan hal-hal tersebut dapat menjadi bahan penilaian diri, membantu penyelesaian konflik, dan meningkatkan kualitas kerjasama kedepannya.

  51. Ketika kita memiliki masalah dengan rekan kerja tentunya dapat menghambat kinerja kita. Maka dari itu hal-hal yang telah disebutkan dalam artikel diatas sangat benar bahwa kita perlu meninjau kembali mengenai situasi tersebut. Apabila masalahnya masih bisa diperbaiki, maka hendaknya segera diperbaiki sehingga tidak terlalu lama berlarut yang tentunya tidak baik untuk kelangsungan pekerjaan kita.

  52. Pertanyaan diatas sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada, dimana kita perlu untuk menyelidiki keterkaitan, keterlibatan, dan latarbelakang permasalahan yang ada. Sehingga dalam bertindak kita memiliki keputusan yang tepat dalam menyelesaikannya.

  53. Rekan kerja merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kinejra dan kesuksesan kita. Oleh karena itu, hubungan antara Anda dan rekan kerja Anda harus dimaintain. Apabila ada problem, segera selesaikan. Dan apabila sudah mengalami kebuntuan, Anda harus 'bertindak' walaupun kenyataan yang terjadi pahit

  54. Saya sangat setuju dengan pernyataan diatas, karena dengan hal ini bisa menyelesaikan sebuah masalah

  55. saya sangat setuju dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk dapat mengantisipasi dan bagaimana menangani suatu masalah tersebut dalam suatu organisasi.

  56. Beberapa pertanyaan tersebut sangat penting sebelum menghadapi rekan kerja. Jika pertanyaan itu kita tanyakan dan dijawab dengan bijak menurut saya hal itu sangatlah berguna untuk beradaptasi di lingkungan kerja.

  57. Saya setuju dengan artikel tersebut,apabila mempunyai masalah dengan rekan kerja sebaiknya kita tidak hanya diam saja kita harus dapat mengintropeksi diri kita dengan menjawab pertanyaan - pertanyaan seperti yang terdapat diartikel dan mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan jalan yang terbaik

  58. menurut saya, penting atau tidaknya hubungan pekerjaan kita dengan rekan kerja yang memiliki masalah dengan kita, suatu masalah tetap harus di selesaikan karena kita sebagai anggota tim pasti akan ada saatnya membutuhkan bantuan rekan kerja dalam menyelesaikan pekerjan, selain itu hubungan yang tidak baik dengan rekan kerja akan menyebabkan atmosphere dan tension dalam pekerjaan yang berpotensi untuk menghambat proses pekerjaan