Memiliki Tujuan yang Jelas untuk Pertemuan Mingguan Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Hanya karena Anda memiliki pertemuan rutin di kalender Anda tidak berarti Anda harus menahannya. Hanya mengadakan kelompok jika semua orang (terutama Anda, sebagai pemimpin pertemuan) jelas mengenai tujuannya. Sasaran yang disepakati akan membuat agenda tetap terfokus dan memastikan Anda memanfaatkan sebagian besar waktu. Berikut adalah beberapa contoh tujuan yang perlu dipertimbangkan:

  •  Bagikan update dan kaji kemajuan sampai saat ini, termasuk tonggak utama atau kegiatan yang akan datang. Tanyakan dan jawab: “Apa yang saya lakukan? Apa yang akan saya lakukan?”
  • Identifikasi pertanyaan dan masalah yang terkait dengan kemajuan. Tanyakan dan jawab: “Apa hambatan potensial?”
  • Memprioritaskan dan menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan tambahan.
  • Setuju pada langkah selanjutnya (misalnya, apa yang harus dilakukan jika situasi meningkat, dan peran masing-masing individu).

 

Diadaptasi dari HBR Guide to Making Every Meeting Matter

Sumber: Harvard Business Review (2016). HBR Guide to Making Every Meeting Matter.  USA: HBR Ebook.

 

Nugroho J. Setiadi
  1. Leonardo LC21 2001552873 Waktu adalah hal yang sangat berharga. Jadi jika kita ingin mencapai suatu keberhasilan atau tujuan tertentu , haruslah mengatur waktu dengan baik. Sama halnya dalam perusahaan, kita haruslah mengatur waktu untuk hal yang terpenting dahulu barulah ke hal yang kurang penting. Dengan memprioritaskan yang penting dahulu , maka kita akan bisa mencapai tujuan yang kita inginkan. Kuncinya terletak bukan pada bagaimana kita menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu kita. Sebagai manajer nantinya kita diharapkan dapat mengatur dan membuat agenda dengan baik, agar perusahaan yang kita urus tidak kacau atau kinerja perusahaan menurun hanya karena tidak dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

  2. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita jadi tahu bahwa tujuan untuk pertemuan mingguan kita memiliki tujuan yang jelas, sehingga kita tidak membuang waktu yang berharga milik kita.

  3. Bertemu seseorang tidak harus dilakukan secara terjadwal. Bisa saja bertemu di luar jadwal pertemuan. Menjaga hubungan dengan orang lain sangat penting salah satunya dengan cara bertemu. Bertemu mungkin saja dapat menyelesaikan masalah yg dihadapi begitu juga bertemu dapat menentukan strategi ke depan yg akan dilakukan

  4. Bertemu dangan tujuan yang jelas membuat kita tidak membuang buang waktu untuk bertemu dan membicarakan suatu permasalahan. Apalagi bertemu sudah membuat jadwal terlebih dahulu. Dan dengan sudah tau tujuan pembicaraannya dan tinggal bertemu dan juga membicarakan maksud dari tujuan tersebut hingga ada solusi dari tujuan yg di bicarakan dalam pertemuan tersebut.

  5. pertemuan mingguan sangatlah berguna guna menciptakan perkembangan perusahaan. karna kita sudah hidup dijaman yang berkembang pesat, maka kita perlu mengupdate hal-hal yang mungkin dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuannya. update yang dimaksud biasanya terdiri dari informasi lingkungan konsumen atau masalah yang dihadapi. dengan berbagai rapat yang saya adakan, pasti akan banyak juga informasi yang saya dapatkan dari para anggota rapat. apalagi dalam merangkai rencana suatu aktifitas perusahaan atau kegiatan yang akan dilakukan perusahaan. pasti rapat akan membantu tersusunnya segala urusan yang akan dibutuhkan perusahaan.

  6. Kita harus bisa mengatur waktu kita sendiri agar mendapat hasil dan menyelesaikan semua kegiatan penting kita tanpa ada yang terlambat batas waktunya . Mengatur waktu harus dibiasakan agar kita tidak merasa kesulitan saat banyak sekali yg harus kita kerjakan . Dengan mengatur waktu ,kita akan menjadi pribadi yg mandiri .

  7. Sebagai seorang manager tentu kita sudah harus mampu dalam membagi waktu secara teratur dimana kita dapat melakukan ulas apa yang sudah dihasilkan atau dilakukan. Disaat kita dapat mengatur waktu dengan baik tentu kita akan dapat menghargai waktu dalam segala hal.

  8. pertemuan dengan tujuan yang jelas sangatlah penting untuk diatur dan juga dijaga. ketepatan waktu saat bertemu seseorang juga sangat penting. dan juga membuat agenda atas apa jadwal kita sendiri, apa yang akan di lakukan, apa yang akan menjadi topik pembahasan. sehingga kita bisa tau apa langkah selanjutnya yang akan kita ambil dan juga menjega terjadinya masalah

  9. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Tips yang dibagikan sangat membantu dan menarik untuk dipraktekkan terutama untuk atasan atau pemimpin yang ingin mendakan pertemuan. Membuat suatu pertemuan menjadi lebih efektif dan berbobot tidak membuang waktu juga langsung kepada inti dari permasalahan.

  10. Artikel ini sangat membantu dan mengingatkan.. Dengan membuat dan memperluas tujuan pertemuan ini. Maka akan lebih mudah untuk melakukan pertemuan dan akan mempersingkat waktu .

  11. mengatur waktu sangatlah penting sebab menunjukan diri kita sebagai pribadi yang disiplin. apalagi jika kita membuat janji untuk bertemu dengan seseorang.jadi kita harus bisa membagi waktu antara pertemuan mingguan dengan pribadi

  12. dalam menjalani aktivitas, harus memiliki tujuan yang jelas. yang dapat mengarahkan aktivitas tersebut kemana ingin kita arahkan. dengan memiliki tujuan, juga membuat aktivitas tersebut jelas dan dapat dilakukan

  13. Melakukan pertemuan secara rutin dan memiliki tujuan jelas sangatlah berguna dalam bekerja. Artikel ini sudah memberi tips yang bagus dan pertemuan menciptakan situasi yang mencegah konflik.

  14. Jika kita akan mengadakan meeting, penting untuk mengetahui tujuan dari meeting tersebut. Maka artikel ini sangat membantu untuk mencari tujuan dari meeting. Meeting harus jelas serta bisa juga mengevaluasi hasil kinerja. Dengan adanya meeting yang jelas kita dapat menentukan topik bahasan meeting agar tidak keluar dari topik yang seharusnya dibahas maupun diperbincangkan.

  15. Pertemuan akan menjadi efektif jika pembahasan dan tujuan yang ingin dicapai jelas, dan memiliki tujuan saja tidak cukup tanpa ada action dari setiap individu yang mengikuti pertemuan tersebut. Kedua hal tersebut bisa diterapkan didalam suatu organisasi atau perusahaan dengan bekerja secara efektif agar tujuan dapat tercapai.

  16. Lebih memprioritaskan apa yang terpenting dan lebih menghargai waktu sangat dianjurkan untuk diterapkan pada tenaga kerja, sehingga membuat pekerjaan lebih baik kedepannya

  17. Kita harus pintar dalam mengatur waktu agar tidak terbuang dengan sia-sia. Kita harus bisa memilih hal mana yang harus diperioritaskan. Dalam pertemuan kita juga harus memiliki tujuan yang berarti agar tidak membuang-buang waktu juga hasil pertemuan yang bermanfaat.Waktu yang terbuang itu harusnya bisa kita pakai untuk prioritas lainnya.

  18. setiap pertemuan harus memiliki tujuan yang jelas, kalau tidak pertemuan itu tidak akan mendapat titik terang dan hanya membuang waktu saja, dan bahkan bisa merugikan waktu orang lain.

  19. dalam sebuah pertemuan kita harus tau apa maksud dan tujuannya dengan jelas agar kita bisa menyesuaikan dengan waktu yg kita miliki, dan dapat memanfaat waktu dengan sebaik-baiknya

  20. LA21 untuk mecapai tujuan yang diingikan kita harus memperioritaskan yang penting terlebih dahulu agar tidak membuang-buang waktu dengan hal yang kurang penting .

  21. menjadi seseorang yang memiliki banyak pertemuan dan memiliki peran penting di pertemuan tersebut tentu harus memiliki jadwal yang di susun rapi dan memiliki tujuan yang jelas, dan pertemuan rutin juga membuat komunikasi antar manager lancar, dan dapat meningkatkan performa perusahaan.

  22. kebanyakan orang mengakatakan bahwa "TIME IS MONEY" berlaku juga terhadap artikel tersebut waktu sangat berharga seperti nilai uang oleh jgn membuang2 waktu anda untuk hal yang tidak ada maanfaat nya prioritaskan kepentingan anda jgn sampai terbuang sia-sia

  23. perusahaan haruslah mengatur waktu untuk hal yang terpenting dahulu barulah ke hal yang kurang penting. Dengan memprioritaskan yang penting dahulu , maka kita akan bisa mencapai tujuan yang kita inginkan. Kuncinya terletak bukan pada bagaimana kita menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu dan bekerja lebih baik lagi.

  24. Merencanakan tujuan yang jelas, kita menjadi tahu bahwa tujuan untuk pertemuan mingguan kita memiliki tujuan yang jelas, sehingga kita tidak membuang waktu yang berharga milik kita.

  25. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita jadi tau apa tujuan kita untuk pertemuan minggu ini atau minggu kedepannya. kita harus memiliki tujuan yang jelas, agar kita tidak membuang - buang waktu yang berharga yang kita miliki.

  26. Saat ingin melakukan pertemuan sebaiknya anda harus sudah meng-list apa saja point yang harus dibahas agar efisiensi waktu dapat tercapai. Selain itu ketepatan waktu juga harus dijaga agar tidak membuang waktu secara sia-sia. Tujuan dari suatu pertemuan adalah membahas topik yang sudah ditentukan, maka dari hal itu diperlukannya persiapan individu setiap kelompok

  27. menjadi seorang manajer anda harus memiliki tujuan yang jelas, dapat mengatur waktu dengan baik dan memiliki hal yang haris di prioritaskan terlebih dahulu. karena dengan itu kita dapan memanage waktu dengan baik

  28. Penetapan tujuan yang jelas dan pembagian porsi tugas pada setiap pertemuan atau kegiatan merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap anggota kelompok, terutama ketua. Hal ini dapat mempersingkat penyelesaian tugas dan menumbuhkan potensi masing-masing anggota.

  29. Dengan merencanakan tujuan yang jelas, kita akan tau apa saja tujuan kita untuk kedepan nya, jadi kita tidak membuang-buang waktu.

  30. "time is money" dapat diartikan bahwa waktu merupakan hal yang sangat berharga. Dengan kalender yang menunjukan kesibukan anda, anda harus bisa menempatkan waktu apakah waktu tersebut dipergunakan dengan baik atau tidak.

  31. Harus ada yang di prioritaskan untuk mendapatkan hasil yang produktif dalam perkerjaan yang dilakukan.

  32. Memiliki tujuan yang jelas sangat lah penting bagi kemajuan suatu proyek dalam perusahaan. Dengan memperhatikan perkembangan proyek dapat mempercepat tercapainya tujuan bersama. Maka dari itu agenda rapat yang jelas dan hasil rapat yang jelas menjadi sangat penting.

  33. Membuat scheduling dan target sangatlah krusial dalam mempengaruhi kesuksesan seseorang. Orang sukses memiliki target dan goal yang jelas, serta strategi yang mampu dilaksanakan dalam rangka mencapai target yang telah ia tetapkan. Sehingga pertimbangkan semua itu dengan matang-matang agar anda bisa sukses.

  34. Menurut saya artikel diatas menunjukan bahwa kita haarus lebih mengatur waktu dengan baik dengan membuat time management agar goals dan tujuan sesuai keinginan

  35. Saya setuju bahwa dalam pertemuan, jadwal serta target yang jelas menjadj hal yang krusial. lakukan update dan rekapitulasi progress kemajuan sampai saat ini, Identifiksi masalah, serta menentukan skala prioritas merupakan sederetan langkah yang harus diterapkan dalam pertemuan yang efektif.

  36. Mempunyai tujuan kedepan yg jelas sangat baik untuk jalannya perusahaan sehingga dapat pula me-manage waktu agar lebih efektif

  37. Disaat kita melakukan pertemuan atau rapat, kita harus memiliki suatu hal yang jelas untuk dibicarakan. Seperti kita menanyakan kendala yang mereka lakukan. Dan juga seperti hal apa yang sudah mereka lakukan dan juga mau mereka lakukan

  38. Ya hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu agar lebih efektif

  39. Kejelasan tujuan adalah hal yang penting. Perlu ditekankan sekali

  40. Jika ada sebuah pertemuan, kita harus mengetahui dan merencanakan terlebih dahulu apa tujuan dari pertemuan tersebut, agar pertemuan tersebut juga dapat berjalan secara lebih efektif. Karena menghargai waktu itu suattu hal yang penting, setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Oleh karena itu, waktu tidak boleb disia-siakan

  41. Adanya perencanaan pertemuan berarti artinya ada perencanaan yang akan dilakukan atau telah memiliki tujuan terhadap perencanaan tersebutm, dengan begitu maksudnya ialah seorang pemimpin harus memiliki perencanaan yang akan dilakukan pada pertemuan agar pertemuan tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan, memaksimalkan waktu dan efektifnya pekerjaan

  42. Mengatur waktu dengan sebaik mungkin, karna waktu sangat berharga. Bila kita bisa mengatur waktu kita dengan rencana atau tujuan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai kita membuang-buang waktu untuk hal yg tidak berguna . suksenya seorang pemimpin karna dapat mengarur waktu dengan sebaik-baiknya dan memiliki tujuan yang jelas.

  43. Memiliki tujuan yang jelas sangat lah penting bagi kemajuan suatu proyek dalam perusahaa. Membuat suatu pertemuan menjadi lebih efektif dan berbobot tidak membuang waktu juga langsung kepada inti dari permasalahan.

  44. Sebelum dilakukan pertemuan mingguan sebaiknya kita rencanakan dulu, untuk apa diadakan pertemuan dan apakah ada masalah yang terjadi di perusahaan atau lingkungan kerja. Dan juga di dalam pertemuan kita harus bisa menentukan mana yang menjadi prioritas masalah yang harus diselesaikan secara bersama - samadengan rekan kerja lainnya.

  45. Jika kita akan mengadakan meeting, penting untuk mengetahui tujuan dari diadakannya meeting tersebut. Jika kita ingin mengadakan meeting, tentu tujuan dari meeting tersebut harus jelas dan lebih baik lagi jika meeting tersebut dapat mengevaluasi hasil kinerja selama beberapa waktu. Dengan adanya meeting yang jelas kita dapat menentukan topik bahasan meeting agar pada saat meeting, diskusi yang terjadi tidak melenceng dari topik yang sudah disepakati.

  46. Saat melakukan pertemuan tentu kita harus sudah menyiapkan pokok-pokok penting yang akan dibahas. Sehingga prioritas utama yang harus diselesaikan pun terwujud serta pertemuan menjadi efektif dan efisien.

  47. dengan padatnya aktivitas sehari-hari, kita harus memiliki agenda yang jelas agar bisa terus menjalankan aktivitas tersebut dengan sesuai, terutama dalam bekerja. apabila kita rutin melakukan pertemuan namun tidak memiliki tujuan,solusi, dan hal yang dibahas berulang kali dapat membuat hal tersebut menjadi sia-sia dan membuang waktu anda.

  48. Menjadikan setiap pertemuan memiliki dasar dan tujuan yang jelas adalah penting untuk kelancaran suatu pekerjaan. Ini juga berarti memangkas waktu yang digunakan untuk pekerjaan dengan efektif dan efisien. Dengan memiliki panduan yang jelas dalam setiap pertemuan tentu akan membantu untuk melakukan record terhadap bagaimana jalannya pekerjaan yang sedang berlangsung.

  49. Mengatur waktu dan memiliki jadwal yang terarah tentu sangatlah baik. Ketika akan diadakan meeting, hendaknya kita juga mengetahui dengan baik tujuan dari meeting tersebut sehingga meeting pun akan menjadi terarah dan dapat menghasilkan hasil yang sesuai dengan tujuan awal meeting. Dengan begitu, segala sesuatu akan menjadi terarah dan tidak melenceng dari agenda yang telah ditetapkan.

  50. Adanya pertemuan rutin penting bagi kemajuan suatu proyek. Dari pertemuan tersebut, bisa dilihat bagaimana perkembangannya dan apa saja yang telah & belum dilakukan. Pertemuan juga bertujuan agar semua orang yang terlibat didalam proyek mempunyai gambaran yang jelas mengenai tujuannya dan apa yang menjadi prioritas bagi masing-masing individu. Adanya agenda juga memastikan Anda memanfaatkan sebagian besar waktu dan tetap fokus terhadap apa saja yang akan dibahas di pertemuan guna kelancaran proyek kedepannya.

  51. Dengan adanya tujuan yang jelas, akan adanya pencapaian-pencapaian yang dapat terealisasi dengan benar. Apabila melakukan pertemuan tanpa didasari tujuan yang jelas, lebih baik alokasikan dengan kegiatan lain

  52. Dengan adanya pertemuan setiap minggu akan membantu untuk mengupdate setiap aktifitas, pencapaian, hamabatan yang ada dalam seminggu sehingga dengan itu dapat juga memberikan solusi, keterbukaan, pemikiran solusi yang baik bagi tim kita tersebut. tetapi pertemuan tersebut harus di dasari dengan tujuan, agenda, rundown, dan ketercapaian yang jelas dalam pembahasannya sehingga dapat dilakukan dengan efektif, efisien dan produktif. langkah, dan cara diatas telah menjelesakan dan membantu kita dalam penyelesaiaan/ keefektifitasan dalam pertemuan mingguan yang dilakukan untuk mengevaluasi tim.

  53. Saya setuju dengan pernyataan diatas, karena apabila jadwal pertemuan jelas. Akan membuat waktu lebih efektif dan hasil pertemuan lebih jelas. Hasil kedepannya lebih baik lagi pastinya

  54. Mengatur waktu sangat lah penting didalam dunia bisnis, karena dengan begitu waktu kita tidak akan terbuang sia-sia. Selain itu juga agar waktu yang sudah direncanakan tidak berantakan

  55. Sebagai seorang manager tentu kita sudah harus mampu dalam membagi waktu secara teratur dimana kita dapat melakukan ulas apa yang sudah dihasilkan atau dilakukan. Disaat kita dapat mengatur waktu dengan baik tentu kita akan dapat menghargai waktu dalam segala hal.

  56. Konsistensi waktu menurut saya sangat cocok untuk bahasan artikel ini, yang mana tiap individu wajib konsisten terhadap waktu yang sudah mereka jadwalkan. Seperti contoh jika kedua belah pihak sudah mengatur waktu untuk meeting di cafe tertentu dan menjadwalkannya jam 13.00 maka kita tidak boleh telat karena bisa saja lawan kita sangat mempunyai tingkat konsisten dan disiplin akan tujuan meeting tersebut.

  57. Sebelum melakukan sebuah pertemuan atau meeting kita harus tau apa tujuan yang ingin di capai dari meeting tersebut dan masalah apa yang akan di bahas dalam meetig tersebut.Sebuah meeting juga tidak harus menuruti jadwal meeting,seperti meeting di luar kantor atau tempat kerja atau meeting pada saat orang tidak berhalangan hadir

  58. jika pertemuan/meeting yang dilakukan tidak memiliki tujuan hanya akan membuang-buang waktu anda karena tidak jelas kemana arah diskusi dalam meeting tsb. saya setuju dengan artikel ini dalam membahas cara mencari tujuan meeting karena dengan adanya tujuan maka meeting akan berjalan dengan lancar karena semua anggota meeting mengerti tentang masalah yang akan dibahas dan anggota meeting juga dapat memberikan saran/feedback yang berkualitas sehingga pekerjaan tidak akan terhambat

  59. menurut saya jika pertemuan sangat penting dan membutuhkan anda datanglah agar masalah yang akan dibahas dapat cepat terselesaikan,bila pertemuan hanya bersifat main-main pikir baik2 lg utk datang apa tidak