Jangan Biarkan Kritik Mematikan Pujian

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Bila Anda mendapat umpan balik dari atasan atau kolega Anda, sangat menggoda untuk berfokus pada kritik tersebut. Lagipula, di situlah Anda perlu fokus jika ingin memperbaiki diri. Tapi tinggal di tempat yang negatif bisa melemahkan. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mendengar yang positif:

  • Tuliskan pujiannya. Saat menerima umpan balik, jangan hanya mencatat kritik. Baca juga umpan balik positifnya, jadi Anda tahu apa yang harus terus dilakukan. Ini juga memberi isyarat pemberi umpan balik bahwa umpan balik positif penting bagi Anda.
  • Gali untuk lebih memahami pujian. Ajukan pertanyaan dan kumpulkan contoh nyata tentang bagaimana Anda berhasil mencapai prestasi. Misalnya, Anda mungkin berkata: “Saya sangat senang lokakarya yang saya berikan sangat membantu Anda. Bagaimana dengan itu membantu? Apa yang saya lakukan yang membantu Anda belajar? “
  • Percaya itu. Keragu-raguan bisa membuat kita tidak mempercayai pujian. Jangan biarkan kritik diri Anda melemahkan yang positif. Menginternalisasikan pujian dan bertindak seolah-olah itu benar, bahkan jika Anda tidak percaya pada awalnya.

Diadaptasi dari   “Silence the Critical Voices in Your Head,” by Sabina Nawaz

 

Sumber: Nawaz, S. (2016). Silence the Critical Voices in Your Head. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/12/silence-the-critical-voices-in-your-head?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16726007&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=980586811&spReportId=OTgwNTg2ODExS0.    Retrieved on March 08, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. Dalam melakukan pekerjaan besar maupun kecil ,kita harus memiliki rasa percaya diri atas pekerjaan tersebut . Kita harus bisa menerima kritikan orang . Jika kritikan teraebut bagus ,maka itu akan menjadi suatu hal yang membangun kita . Jika kritik tersebut tidak sesuai yg diharapkan ,kita sebaiknya memperbaiki untuk tujuan yg lebih baik lg . Terima kritikan dan berpikir positif akan sangat membantu kita dalam membangun diri .

  2. LA21 dalam pekerjaan mungkin sering terjadi kritikan dari atasan atau manager coba untuk mengambil sisi baiknya untuk memperbaiki kesalahan kita. dan jangan mengambil sisi buruknya yang membuat kita jadi lemah jadi percaya akan diri sendiri bahwa kita bisa melakukannya dengan baik

  3. menurut saya, dalam pekerjaan kita harus mampu mengendalikan diri serta menyemangati diri sendiri. Tentu dalam bekerja kita harus percaya diri tetapi juga menyadari kita memiliki kekurangan dimana kekurangan itu membuat kita untuk menjadi lebih baik. Sehingga menurut saya, saya setuju dengan artikel diatas dimana kita juga harus memperhatikan kelebihan kita juga bukan kekurangan kita saja

  4. dalam kehidupan sehari hari ataupun dalam pekerjaan sekalipun pasti kita mendapat kritik dari orang lain. kritik yang diberikan oleh orang jangan sampai kita jadikan masalah dalam hidup kita, sebaliknya jadikan kritik itu sebagai acuan dalam hidup anda buktikan kepada orang yang telah mengkritik anda bahwa anda bisa menjadi lebih baik. ambil sisi positif juga dari kritikan itu

  5. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Dalam segala hal yang dapat membuat kita menjadi lebih baik ataupun maju harus diterima baik itu dalam bentuk pujian ataupun kritikan. Kritikan yang diberikanpun sebaiknya adalah kritikan yang membangun bukan malah membuat orang lain merasa lebih buruk. Pujian juga diperlukan untuk menambah rasa percaya diri, tapi jangan sampai hanya pujian saja yang didengarkan karena jika kita hanya mendengarkan pujian itu bisa membuat kita merasa cepat puas dan sombong.

  6. Di dalam kehidupan sehari hari kita pasti akan mendapatkan sebuah kritikan entah yang sifatnya membangun atau justru mematikan pujian yang diharapkan, dengan begitu kita harus mencoba menenangkan diri, mendengarkan, dan memperhatikan apa yang dikatakan orang lain tentang diri kita.Ini mungkin bisa membantu kita dalam memperbaiki diri atau pekerjaan.

  7. Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Baik kritik positif maupun negatif harus kita terima dan hadapi dengan bijak. Sangat baik ketika kita dikritik negatif harus merevisi atau me intropeksi kesalahan kita .

  8. dalam mengkritik, terdapat tata dan krama dalam penyampaiannya. dalam menerima feedback, kita juga harus dapat membedakan mana kritik yang dapat membuat kita maju dan mana kritik yang memang buruk. dalam menyampaikan kritik, juga ada baiknya diawal kita memberikan hal yang positif terlebih dahulu. lalu sertakan alasan dalam kritik tersebut

  9. Jadikan kritik sebagai alasan untuk lebih menjadi lebih baik. Mengambil sisi positif dan jangan menjadikan kritik sebagai alat untuk membunuh potensi dalam diri. Tunjukan dengan kritik tersebut membuat diri jadi lebih berhasil.

  10. Bekerja memang sulit, namun kita harus memiliki pikiran yang positif jika ingin terus maju. Tidak hanya ingin menerima pujian tetapi juga bisa menerima kritik dan saran dari orang lain. Jadikan kritik tersebut sebagai pelajaran dan alasan untuk kita dapat lebih baik lagi kedepannya, bukannya manjadikan kritik sebagai kelemahan. Dengan adanya kritik harusnya memacu kita agar memperbaiki kesalahan yang ada dalam bekerja.

  11. Di dalam kehidupan sehari-hari memang banyak orang2 yang suka mengkritik kita tetapi sebaiknya kita menanamkan nilai-nilai positif saja agar kritikan itu tidak bisa mempengaruhi kita untuk maju.

  12. Kritikan atau saran dari orang lain merupakan hal yang wajar dalam kehidupan sehari - hari terutama dalam hal pekerjaan. Dengan kritikan atau saran dapat membuat kita memperbaiki diri sehingga dapat menjadikan motivasi dalam mengerjakan sesuatu agar lebih menjadi efektif dan efisien.

  13. Jika kita mendapatkan kritik dari orang lain janganlah berkecil hati namun jadikanlah momen tersebut sebagai ajang pembuktian diri bahwa kita bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kritik yang baik adalah kritik yang membangun bukan yang menjatuhkan. kritik yang baik adalah kritik yang memberikan motivasi dan solusi tidak hanya menjatuhkan saja. Terkadang kritik ditujukan karena bias yang artinya kritik tersebut diberikan karena perasaaan suka atau tidak suka bukan karena perform dari orang tersebut. sebagian orang berpendapat bahwa pujian adalah racun karena kita terlena atas sanjungan orang yang diberikan kepada kita. intinya jangan merasa rendah saat dikritik dan jangan merasa tinggi saat dipuji

  14. Kritik merupakan hal yg dapat membangun kepribadian diri, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya, dari artikel diatas saya memahami ada beberapa point penting yg saya dapatkan salah satunya adalah dengan menyikapi kritik secara positif dan bersikap terbuka terhadap masukan orang terhadap diri kita, akan mensinyalir diri kita untuk senantiasa memperbaiki diri kearah yg lebih baik, maka dari itu pahami bentuk kritikan yg kita dapat dan lihat sisi positifnya sebagai bentuk perubahan diri ke arah yg lebih baik.

  15. Janganlah kita selalu berpikir bahwa kritik bukanlah suatu hal untuk memojokan kita, namun didalam sebuah kritik terdapat suatu pelajaran yang dapat kita petik untuk berintropeksi diri sendiri dan membuat kita semakin lebih baik. Dan jika Anda tidak mau dikritik, maka anda akan seperti orang yang tidak akan pernah sukses.

  16. LC21 Pujian diberikan karena kita memberikan timbal balik yang baik ke perusahaan. Dengan adanya pujian, kita tidak boleh memberhentikan kinerja kita. Kita tidak boleh menjadi tinggi hati setelah diberikan pujian oleh atasan. Pujian diberikan salah satunya untuk motivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dalam hal ini, kita harus meningkatkan lagi kinerja kita, tidak berhenti jika sudah didapatnya pujian dari atasan.

  17. Mendapatkan pujian berarti kepuasan yang sudah dicapai karena performa yang maksimal. Pada saat diberikan pujian itulah poin-poin yang harus dipertahankan/dikembangkan lagi. Tanggapan yang baik ini tidak boleb menjadikan kita sombong tapi cobalah menjadi orang yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Pasti ada saja yang masih kurang sehingga kritikan yang belum memuaskan dapat dijadikan kritik yang membangun

  18. dalam hal pekerjaan kita bisa mengkritikseseorang, tapi kita harus tau apa yang akan kita kritik itu tidak menyakiti orang yang kita kritik melainkan dia menerima dengan senang hati krtitikan yang kita berikan.

  19. kritikan dapat membantu kita dalam mengevaluasi atau mengintropeksi diri kita didalam dunia kerja dimana itu bisa menjadi acuan untuk memperbaiki diri kita, maka kiita harus menerima apapun kritikan dari orang lain tersebut

  20. jika seseorang mendaptkan kritikan , bukan berarti mendapat sebuah kritikan membuat kita langsung merasa kinerja kita jelek , tetapi dari kritikan tersebut kita bisa memperbaiki diri kita dan melihat bahwa setiap orang juga mempunyai sisi positif yang lainnya .

  21. kritikan membuat seseorang termotivasi untuk menjadi lebih baik, pujian untuk menambah rasa percaya diri dan lebih ditingkatkan, walaupun mendapat kritikan buktikan jika kritikan itu dapat berubah jadi pujian, jangan buat kritikan membuat anda jatuh.

  22. menurut saya kritik bukan merarti menjatuhkan tetapi langkah awal untuk membangun kinerja kita kembali dengan percaya diri dan belejar dari kesalahan dan juga saring kritik tersebut ambil makna positif nya maka semua akan berjalan dengan lancar

  23. Rasa percaya diri adalah kunci dalam kesuksesan pekerjaan. Kita harus bisa menerima kritikan orang . Kritik yang baik dapat kita ambil dan menambah keahlian kita. Jika kritik tersebut tidak sesuai yg diharapkan ,kita sebaiknya lebih legowo dalam menerima kritik untuk tujuan yg lebih baik lg .

  24. di dalam dunia pekerjaan maupun sehari-hari pasti terdapat sebuah kritikan maka dari itu kita harus dapat mengontrol diri dengan ada nya sebuah kritikan dan juga kita harus memiliki kepercayaan diri yang stabil. dan kita harus tetap berfikir positif dan dapat menerima kritikan dengan pemikiran yg positif. kritikan tersebut dijadikan suatu pelajaran untuk dapat menjadi yg lebih baik lagi dalam pekerjaan untuk selanjut nya.

  25. Kritikan sangatlah penting ,karena dengan adanya kritikan tersebut kita bisa memperbaiki diri kita dan melihat bahwa setiap orang juga mempunyai sisi positif yang lainnya .

  26. Dalam menerima umpan balik, tentunya kita lebih fokus pada kritik sehingga memberikan kita pelajaran untuk memperbaikinya di kemudian hari. Namun jangan melupakan pujian, karena saat kita medapatkan pujian, berarti kita telah melakukan sesuatu dengan baik. Jadikan pujian tersebut sebagai motivasi kita agar kedepannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  27. "jangan biarkan kritik mematikan pujian" dari kalimat atau judul artikel ini saya ingin mengatakan bahwa, jadikanlah kritikan sebagai motivasi dan masukan bagi anda untuk terus berusaha dan jadikanlah pujian sebagai sebuah apresiasi untuk diri anda terhadap upaya kerja keras yang telah anda lakukan

  28. Kritik dan fujian adalah 2 hal yang saling bertolak belakang. Hal tersebut dapat dinilai berdasarkan masing-masing kepercayaan individual. Krtik yang berlebih dapat menyakiti orang lain sebaliknya kritik juga dapat dijadikan motivasi untuk membangun hal yang lebih baik. Sedangkan pujian yang berlebih dapat menjatuhkan anda dan cepat merasa puas dan tanpa pujian anda tidak dapat membentuk self-confidence. Hal itu dapat dibalikan pada diri masing-masing

  29. kritik itu ada berbagai macam. ada yang membagun dan menjatuhkan. tidak semua kritik yang menjatuhkan kita itu negatif dan tidak semua yang membangun itu positif. kita harus lebih baik dalam meneliti umpan balik yang di berikan pada kita.

  30. Kritik dan saran merupakan hal yang pasti selalu ada untuk meningkatkan kinerja karyawan. Tetapi, kritik dan saran tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak pernah memberikan penghargaan berupa pujian. Artikel di atas mengajarkan kita untuk menyeimbangkan antara kritik dan pujian agar lingkungan kerja menjadi nyaman.

  31. Kritik dan pujian sama-sama bersifat membangun individu. Kita harus menginterpretasikannnya dengan bijaksana dan hati terbuka. Agar segala hal yang baik maupun buruk dapat kita evaluasi kembali. Jika itu baik, tingkatkan dan pertahankan lagi. Namun jika itu buruk, perbaikilah dan refleksikan penyebabnya serta bangun komitmen untuk berubah.

  32. Jika anda tinggal di tempat yang penuh dengan kenegativan. Maka cuekan saja, cari orang orang yang mengantarkan anda agar mengubah anda menjadi positif.

  33. Jadikanlah sebuah kritik tersebut dapat membuat setiap dari kita menjadi pribadi yang lebih baik. Belajar dari apa yang kurang dr hidup setiap kita dan dengarkan masukan setiap orang. Jangan buat kritikan itu membunuh setiap kita bahkan harus tetap membangun dan menunjukan kepada orang banyak bahwa kita menjadi pribadi yang lebih baik.

  34. Dengan ada nya kritik dapat menjadi 2 point yaitu positive dan negative jika positive adanya membangun kepada individu tersebut jika negative sebaliknya malah membunuh semangat mereka

  35. Dalam menerima feedback, hal positif menjadi sama pentingnya dengan kritik negatif. Hal ini dapat mengingatkan kita tentang hal-hal yang telah kita lakukan dengan benar dan harus dipertahankan. Sudah selayaknya kita mencatat komentar positif, menggalinya lebih dalam, serta mempercayainya. Hal ini dapat memotivasi kita untuk meningktkan performa di masa yang akan datang.

  36. Dalam melakukan sebuah pekerjaan, orang akan cenderung menilai hasil daripada prosesnya. Karena itu, menerima kritik bukan hal yang jarang ditemui saat mereka hanya melihat hasilnya. Namun dengan adanya kritik tersebut jangan dijadikan sebagai hal yang dapat mengintimidasi diri kita dan trauma akan pekerjaan tersebut. Kita harus pandai mengambil nilai positif dari kritikan karena dapat membangun kita menjadi lebih baik lagi.

  37. Ya saya setuju. Kritik dan pujian adalah hal yang biasa ketika kita melakukan sesuatu. Kita tidak perlu terlarut pada pujian yang diberikan. Karena masih banyak tugas yang menjadi kewajiban kita

  38. Kritik kita jadikan motivasi. Dan pujian kita jadikan evaluasi. Jangan gampang puas dengan apa yang telah kita dapatkan. Terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Artikel yang bagus sekali

  39. Dgn menerima feedback dr orang lain akan menjadikan kita semakin memahami ttg diri kita sendiri

  40. Kritik merupakan upaya sebagai pembenahan diri, sehingga kita dapat mengetahui apanyang seharusnya dapat kita tingkatkan. Pujian juga merupakan sesuatu ysng harus kita syukuri untuk menilai seberapa besar yang sudah kita capai dan seberapa besar kemampuan kita yang harus masih ditingkatkan. Hal ini tentu dapat kita berikan kepada orang lain melalui proses komunikasi dan rangkaian kata yang baik dan terstruktur sesuai dengan tujuan individu yg ingin kita kritik dan puji demi meningkatkan kinerja.

  41. Kritik merupakan upaya sebagai pembenahan diri, sehingga kita dapat mengetahui apanyang seharusnya dapat kita tingkatkan. Pujian juga merupakan sesuatu ysng harus kita syukurii untuk menilai seberapa besar yang sudah kita capai dan seberapa besar kemampuan kita yang harus masih ditingkatkan. Hal ini tentu dapat kita berikan kepada orang lain melalui proses komunikasi dan rangkaian kata yang baik dan terstruktur sesuai dengan tujuan individu yg ingin kita kritik dan puji demi meningkatkan kinerja.

  42. Kritik bertujuan membangun, pujian sifatnya penghargaan. Jangan hanya selalu memperhatikan keritik tapi tidak melaksanakan pujian yang telah di dapat, namun jangan juga hanya melaksanakan apa yang sudah di lakukan baik tapi tidak mempedulilan kritik tersebut.

  43. Pastikan anda berada di tempat atau lingkungan yang tepat atau kata lainya tempat yang mendukung anda dalam bekerja dan mencapai tujuan. Namun dalam lingkungan kerja pastinya ada kritik dan pujian , nahh kita harusnya menerima apa yang mereka sampaikan kepada kita. Hal itu dapat berguna dalam membangun pribadi yang lebih baik

  44. Terima segala kritik dan pujian yang diberikan kepada kita untuk mengubah diri kita menjadi lebih baik lagi karena yang bisa menilai diri kita itu hanyalah orang lain dan juga ambil sisi positifnya dan buang sisi negatif dari kritik orang lain.

  45. Mengambil kritik yang bertujuan untuk memperbaiki diri sangatlah benar tetapi alangkah baiknya juga mengambil pujian yang telah diberikan olehnya karena itu akan menjadi seimbang antara kritik dan pujian karena akan berpengaruh kedepannya yang dapat di pakai juga sebagai motivasi dan perbaikan bagi diri sendiri

  46. Kritikan dan pujian memang akan selalu ada ketika kita bekerja, berlapang dada saja jika mendapatkan kritikan yang kurang mengenakan, pahami dengarkan supaya bisa menjadi lebih baik lagi dan jangan mudah tersinggung. Dan jangan bangga denga pujian-pujian yang telah kita dapatkan justru itu harus menjadi sesuatu yang harus kita tingkatkan lagi supaya menjadi lebih dan lebih baik dari sebelumnya.

  47. Kritik dan pujian sama-sama bersifat membangun individu. Kita harus menginterpretasikannnya dengan bijaksana dan hati terbuka. Agar segala hal yang baik maupun buruk tergantung kita yang pilih mau ikutan buruk atau baik.

  48. Sebagai manusia dan khususnya menjadi seorang manager/pemimpin, kita dituntut untuk dapat menerima kritikan dari berbagai sumber baik dari sesama rekan kerja, bawahan, maupun atasan kita. Hendaknya, jadikan kritik tersebut sebagai pelajaran dan alasan untuk kita dapat lebih baik lagi kedepannya, bukannya manjadikan kritik sebagai kelemahan. Dengan adanya kritik harusnya memacu kita agar memperbaiki kesalahan yang ada dalam bekerja.

  49. Umpan balik adalah salah satu hal yang dapat memotivasi kita untuk memperbaiki kesalahan dan menjadi seseorang yang lebih baik lagi kedepannya. Ada bagusnya untuk berfokus pada kritik tersebut sehingga Anda jadi lebih fokus dalam memperbaiki diri. Namun, terlalu fokus pada hal-hal yang negatif juga melemahkan dan bisa berdampak bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. Karenanya, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda tidak membiarkan kritik melemahkan hal-hal positif yang ada pada diri Anda, dan Anda harus dapat menyeimbangkan kritik dengan pujian. Gunakan kritik untuk mengevaluasi diri Anda, dan gunakan pujian untuk memotivasi Anda untuk terus melakukan yang lebih baik.

  50. Selalu positif akan setiap feedback yang diberikan orang lain terhadap hasil kerja kita pastinya akan membantu kita untuk berubah menjaddi lebih baik. Dengan menuliskan pujian, gali pujian lebih dalam, dan mempercayainya, kita dapat mengetahui apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi ke depannya. Hal ini tentu penting untuk meningkatkan kualitas diri seseorag.

  51. Ketika menerima kritik, kita hendaknya tidak menganggap bahwa kritik tersebut hanyalah dari sisi negatifnya. Sesungguhnya dengan adanya kritik, justru akan membangun kita menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya. Maka dari itu hendaknya kita menerima kritik dengan baik dan memperbaiki kesalahan sebelumnya sehingga di waktu yang akan datang kita tidak mengulangi kesalahan yang sama dan dapat lebih meningkatkan kualitas diri kita.

  52. Mendapatkan umpan balik meripakan hal yang perlu untuk memperbaiki kekurangan yang kita miliki. Walaupun kritik tersebut dapat membuat kita merasa rendah namun harus di tanggapi sengan positif. Jangan membiarkan diri kita larut dalam rasa kecewa membuat kita kehilangan sisi positif.

  53. Feedback dapat berupa pujian atau kritikan yang dimana tujuan untuk membangun, meningkatkan diri kearah yang lebih baik, maka dari artikel diatas dapat memberikan informasi kepada kita untuk tidak membiarkan kritik yang kita dapat menutupi setiap pujian yang kita terima, dengan berfikir positif, dan mencoba percaya dan memperbaikinya maka kita dapat menerima keduanya.

  54. Anggaplah kritik adalah suatu pujian. Orang lain mengkritik Anda atas hal-hal yang tidak diharapkan terjadi. Oleh karena itu, jadikan kritik sebagai motivasi Anda untuk membangun diri yang menjadi lebih baik

  55. Ya sebagai karyawan atau manager kita pasti alan mendapat kan kritik atau pujian dari beberapa pihak. Saat kita mendapat kritik , kita tidak boleh terlalu fokus merubah diri. Saat mendapat pujian, jangan terlarut pada pujian. Yang kita perlu lakukan adalah terus merubah diri dan menjalani tugas kedepnnya lebih baik lagi

  56. Kritikan dan pujian memang akan selalu ada ketika kita bekerja, berlapang dada saja jika mendapatkan kritikan yang kurang mengenakan, pahami dengarkan supaya bisa menjadi lebih baik lagi dan jangan mudah tersinggung. Dan jangan bangga denga pujian-pujian yang telah kita dapatkan justru itu harus menjadi sesuatu yang harus kita tingkatkan lagi supaya menjadi lebih dan lebih baik dari sebelumnya.

  57. Menurut Saya, Kritik itu merupakan pujian yang dapat membangun seseorang jika dicerna dengan baik. Kritik positif bisa termasuk pujian sedangkan kritik yang negatif perlu dicerna dengan matang agar tidak mematikan motivasi diri kita sendiri.

  58. Melihat kritikan negatif membantu kita untuk mengetahui apa yang perlu di perbaiki pada diri kita tetapi kita juga perlu melihat kritikan prositif dari orang lain karena kritikan positif dapat menjadi peningkat kepercayaan diri dan semangat kita dalam melakukukan pekerjaan.

  59. dalam memberikan feedback sering kali orang-orang memberikan kritik yang pedas/tajam, nyatanya kritik seperti itu hanya akan mematikan motivasi & semangat berkerja seseorang serta mematikan kepercayaan diri seseorang untuk mengerjakan tugas lainnya. oleh karena itu dalam memberikan kritik perlu memperhatikan perasaan orang lain, akan lebih baik jika kita memberikan kritik positif yang dapat membangun orang lain sehingga dapat memotivasi orang lain untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih baik lagi dimasa depan, selain itu berilah pujian atas apa yang telah dilakukan oleh karyawan walaupun pekerjaan yang dilakukannya tidak sesuai ekspektasi anda