Gunakan Evaluasi Rekan Sejawat untuk Penilaian Kinerja

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Sebagai seorang manajer, adalah tugas Anda untuk membuat penilaian kinerja karyawan Anda sebagai objektif dan tidak bias. Salah satu cara untuk membuat ulasan Anda lebih adil adalah dengan meminta evaluasi rekan. Alih-alih menulis penilaian semata-mata dari sudut pandang Anda (dan mungkin meminta peninjau untuk melakukan penilaian sendiri), mintalah anggota tim Anda untuk menulis evaluasi satu sama lain. Mereka kemudian dapat berbagi ulasan mereka dengan Anda dan, jika mereka mau, dengan orang yang dievaluasi. Ini akan memberi Anda masukan berharga dari orang-orang yang bekerja sama dengan peninjau setiap hari. Ini juga akan membantu Anda mengurangi bias yang mungkin Anda bawa ke evaluasi dan mendorong tim Anda untuk bersikap terbuka dan transparan satu sama lain.

 
Diadaptasi dari
“Let’s Not Kill Performance Evaluations Yet,” by Lori Goler, Janelle Gale, and Adam Grant 

 

Sumber: Goler, L., Gale, J., and Grant, A. (2016). Let’s Not Kill Performance Evaluations Yet. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/lets-not-kill-performance-evaluations-yet?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16659417&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=962226188&spReportId=OTYyMjI2MTg4S0.  Retrieved on February 28, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. Leonardo 2001552873 LC21 Saya sangat setuju dengan apa yang bapak tulis bahwasanya seorang manajer haruslah memberi penilaian kinerja karyawannya secara adil dan tidak objektif. Kemudian seorang manajer juga dapat menilai kinerja seorang karyawan dengan cara job evaluation yang diadakan setiap bulan atau tahun tertentu , hal ini dilakukan agar manajer dapat mengetahui sejauh mana karyawan tersebut bekerja dala perusahaan. Kemudian manajer juga dapat memberikan reward apabila karyawan tetsebut mempunyai kinerja yang baik dan melampaui target yang diinginkan, hal ini akan mendorong para karyawan bekerja secara maksimal untuk perusahaan.

  2. Cara tersebut dapat membuat kita lebih baik dalam berkinerja di perusahaan kita, karena dengan pengevaluasian melalui diri sendiri tidak akan cukup namun dengan bantuan teman sejawat, kita bisa tahu apa kekurangan yang harus kita perbaiki.

  3. Seorang manager harus memberi penilaian terhadap karyawan based on performance tidak dengan bias karena jika hal tersebut terjadi dapat membuat kecemburuan antar karyawan dan hal tsb bisa berdampak pada performance perusahaan tsb. Untuk menilai kinerja seorang karyawan harus dinilai oleh lebih dari 1 orang krn untuk mengurangi bias lalu diambil rata2nya.

  4. Evaluasi rekan merupakan cara yang efisien bagi manajer untuk mengetahui kinerja dan perilaku nyata dari anggotanya. Dengan adanya evaluasi rekan, manajer akan dimudahkan dalam mengambil keputusan terkait peningkatan kinerja dan kesejahteraan karyawan. Keputusan yang sesuai dengan kondisi lapangan secara langsung akan berdampak pada peningkatan kepuasan bagi manajer maupun karyawan.

  5. sebagai seorang atasan/manager mempunyai tugas dalam memeberikan nilai dalam kinerja si karyawan. membuat penilaian kinerja karyawan Anda sebagai objektif dan tidak bias. tidak ada kecurangan dalam pemberian nilai. bersikap adil. sehingga tidak ada yang sirik/cemburu satu sama lain. sehingga dapat dilihat mana karyawan yang memiliki performance yang baik dan juga yang buruk. jika ada yang baik maka ia akan diberikan reward oleh si atasan, tetapi jika ada yang buruk mungkin ada yang salah dengan sikaryawan, tidak langsung dipecat tetapi dievaluasi kembali serta diberikan training kepada si karyawan (memberikan mereka kesempatan)

  6. Dengan cara evaluasi seperti ini, maka penilaian karyawan selain akan lebih objektif, karyawan juga dapat memperbaiki kekurangan yang ia miliki saat bekerja. Menurut saya, saat seorang karyawan berusaha untuk memperbaiki kinerja nya karena evaluasi yang didapatkannya, maka karyawan akan berusaha lebih giat dalam bekerja dan otomatis akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas.

  7. LC21 melakukan penilaian kerja dengan rekan menurut saya terkesan lebih baik. karna rekan kerja adalah orang-orang yang sering kita jumpai dan mengenal tidak hanya dalam lingkup kerja, tetapi juga biasanya sesama rekan kerja kita bisa mengenal sifatnya juga. dengan melibatkan lebih dari 1 rekan kerja, kita akan mendapatkan kesan yang berbeda-beda dan motivasi yang diberikan juga akan berbeda. ini akan membantu kita dalam meningkatkan kinerja kita di lingkungan bisnis.

  8. Evaluasi kerja akan dapat meningkatkan kinerja kerja setiap orang . Orang yang bekerja akan menjadi lebih semangat lagi dalam bekerja dan memperbaiki hal-hal yg sebelumnya tidak baik menjadi lebih baik agar performa kerja nya lebih maksimal lagi .

  9. Menurut saya, Saya setuju dimana ada evaluasi kinerja kerja. Bukan Hanya dari manager ke karyawan melainkan ada evaluasi kembali dari bawahan ke atasan sehingga tercipta suasana yang mampu meningkatkan produktifitas semua orang.

  10. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Kegiatan diatas sangat membantu untuk meningkatkan performa kerja dan tanpa bermaksud untuk menilai kelemahan orang lain. Evaluasi performa kinerja memang sangat dibutuhkan agar perusahaan tetap berjalan sesuai dengan tujuannya dan karyawan atau pekerja juga dapat meningkatkan perfoma nya.

  11. sebagai seorang manager memang harus mengevaluasi kinerja kayawan untuk meningkatkan performa karyawan agar lebih baik dalam bekerja dan dalam penilaian tersebut harus bersifat adil dan objektif. dengan meminta bantuan rekan setimnya untuk melakukan penilaian kerja juga dapat membantu anda untuk menilai secara objektif tanpa dari sudut pandang anda sendiri

  12. dalam mengevaluasi suatu pekerjaan pegawai. sikap terbuka merupakan hal yang baik terhadap pegawai anda. namun, tetap;ah mempunyai pembatas yang membatasi anda dengan pegawai anda. karena, jika terlalu terbuka, dapat menimbulakn suatu hal yang tidak diinginkan

  13. Betul sekali pernyataan yang diberikan dalam artikel. Seorang manajer harus menilai kinerja karyawannya secara adil tanpa ada bias dan menyangkutkan masalah pribadi kepada masalah kerja. Sebagai seorang manajer kita harus adil tanpa membedakan satu sama lain, evaluasi dari rekan lain juga dapat membantu mencegah adanya bias sehingga penilaian kinerja dapat lebih akurat dan tidak bias.

  14. Terbuka adalah titik utama dalam bekerja. Evaluasi diri secara bersama-sama adalah jalan yang terbai dalam meningkatkan kinerja dan memperbaiki kesalahan. Hal ini sangat membantu dan dirundingkan secara kekeluargaan.

  15. Melakukan evaluasi penilaian kerja terbaik selain dari atasan adalah dari temen sekerja atau serekan, karna mereka yang lebih tau dan paham bagaimana kinerja yang sudah kita lakukan dan ini dapat membangun keterbukaan satu sama lain dan kita bisa lebih mengintropeksi diri apa yang perlu di ubah dan apa yang perlu ditingkatkan demi kesejahteraan bersama.

  16. dengan membuat penilaian kinerja karyawan sebagai objektif dan tidak bias serta membuat ulasan yang lebih adil dengan meminta evaluasi rekan merupakan cara yang sangat baik untuk kinerja karyawan untuk kedepannya

  17. Sifat objektif dan menjadi tidak bias merupakan hal yang sering diharapkan untuk melakukan suatu penilaian terhadap karyawannya. Tetapi sering kali menjadi subyektif dan bias karena dilakukan oleh internal yang mungkin saja ada rasa ketidaksukaan terhadap karyawan yang dinilai sehingga munculnya rasa tidak adil antar karyawan. Maka ada alternatif lain yaitu dengan cara melalakukan penilaian yang dilakukan oleh pihak eksternal agar adil tetapi ini membutuhkan biaya yang besar. Melakukan penilaian kinerja oleh rekan sejawat sangat benar seperti perkataan artikel diatas. Karena lebih merasa sering bersama&bekerja dalam 1 tim (lebih kenal) jadi lebih mengetahui keseharian/sifat aslinya (menjadi transparan&terbuka)

  18. dengan cara mengevaluasi itu dapat meningkatkan kinerja kita, dan kita bisa mengetahui kekurangan kita ada dimana dan bisa memperbaiki itu.

  19. bagi saya evaluasi rekan adalah suatu tindakan yang bagus, ini akan lebih objektif dan kita dapat meningkatkan kinerja kita dan dapat mengevaluasi diri kita

  20. Setiap pekerjaan yang kita lakukan perlu ada penilaian dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pekerjaan yang kita lakukan. Penilaian akan bermakna bila pengukuran dilakukan dengan alat ukur yang tepat. Dan evaluasi itu juga sangat berfungsi untuk carrer development .

  21. LA21 saya sangat setuju dengan cara tersebut ,melakukan pengevaluasian melalui sudut pandang sendiri tidak akan cukup , akan lebih baik dengan bantuan sesama rekan kerja itu sangat bagus .

  22. saling mengevaluasi dengan rekan kerja itu sangat penting untuk diterapkan, saling terbuka agar kita dapat mendengar penilaian orang terdekat tentang kekurangan dan kelebihan kita, jadi kita dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi kedepan, setuju dengan artikel ini, sangat berguna.

  23. dalam menjalan kan perusahaan karyawan sangat di butuhkan oleh karena itu inilah tugas seorang manajer dalam menilai kinerja karyawan agar perusahaan tidak mengalami penurunan kualitas perusahaan

  24. Manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut bisa menjadi cermin untuk langkah kedepanya. Melakukan evaluasi bagi karyawan sangat penting agar kinerja karyawan bisa lebih efektif dan efisien.

  25. Saya sangat setuju karena jika kita melakukan penilaian dengan tim kita bisa membandingkan mana yang terbaik dan tidak baik

  26. tidak hanya manager yang selalu dapat menilai pekerjanya namun manager juga dapat meminta para pekerjanya untuk menilai satu sama lain agar manager tidak hanya melihat dari satu sisi (yaitu sisinya sendiri sebagai seorang manager) namun juga manager dapat melihat dari sisi sesama pekerja.

  27. Penilaian terhadap individu karyawan tidak hanya dapat dilakukan oleh manager tetapi sesama karyawan vertikal, tetapi harus diingat evaluasi yang diberikan harus sopan dan tidak berdasarkan "kedekatan" antar karyawan yang arti nya penilaian tersebut harus dilakukan secara objektif dan sesuai fakta yang ada.

  28. saya setuju dengan artikel tersebut karena menurut saya memang sepantasnya itulah tugas seorang manajer yang baik bagi bawahan dan sesama, tidak ad pilih kasih dan terbuka. karena itu adalah kunci dari kesuksesan.

  29. Dalam mengevaluasi pekerjaan sikap terbuka merupakan cara yang baik untuk mengevaluasi pekerjaan pegawai anda, tetapi harus tetap membatasi anda dengan pegawai. Karena tidak etis jika anda terlalu terbuka.

  30. minta bantuan rekan sejawat dalam memberikan penilaian terhadap karyawan kita saya setuju, karena dengan bantuan itu muncul lah 2 perbedaan sudut pandang dalam penilaian dan dapat dijadikan bahan pertimbangan

  31. Kawai satria 2001591060 Melihat suatu hal dari sisi orang lain merupakan suatu tindakan yg bijak apalagi ketika sbg manager kita harus memberikam penilaian pada karyawan.akan kebih baik jika kita melihat penilaian rekan sejawat agat lebih objektif

  32. Saya setuju dengan artikel diatas. Karena menurut saya seorang manager harus terus memperbaiki dirinya menjadi lebih baik dan tidak mementingkan egonya sendiri. Cara yang terbaik untuk membuat manager lebih baik adalah meminta masukan dari setiap karyawan dan bawahan. Dengan begitu pun akan tercipta hubungan yang baik antara pemimpin dan bawahan.

  33. Seorang pemimpin harus adil dalam penilaian kerja. Karena setiap karyawan memiliki keinginan yang sama dengan karyawan lain.

  34. Memang manajer harus melakukan penilain kepada karyawan dengan subjektif. Dengan cara evaluasi rekan sejawat dapat menjadi solusi yang baik untuk menilai performa secara objektif tersebut.

  35. Penilaian kinerja harus dilakukan secara obektif dan adil, bukannya subjektif. Karena performa perusahaan akan menjadi optimal apabila KPI yang dievaluasi terhadap karyawan dilakukan dengan benar dan adil.

  36. Saya sangat setuju dengan artikel ini. Penilaian terhadap karyawan dilakukan oleh seorang manager, tapi siapa yang dapat menilai manager itu sendiri? Penilaian dari rekan merupakan ide yang bagus karena Orang lainlah yang melihat dan memiliki penilaian terhadap diri kita

  37. Seorang manager memang harus menilai bawahan,nya begitu pun sebaliknya saya sangat setuju dengan artikel diatas penilaian karyawan penting agar individu bisa mengoptimalkan kemampuan nya

  38. Balik lagi, untuk menilai kinerja seorang manager rekan lah orang yg tepat. Apabila manager tsb mau dinilai oleh karyawan-nya sendiri maka akan lebih baik demi mencapai goals perusahaan

  39. Dalam melakukan evaluasi kepada karyawannya seorang manager tidak harus melakukannya sendiri. Kit dapat melakukan cara dengan membuat mereka menilai sendiri kinerja kerja diri mereka masing masing maupun antar sesama karyawan. Dengan itu kita dapat melakukan evaluasi lebih mudah

  40. Dalam bekerja antar tim perlulah melakukan evaluasi yang rutin agar semua kegiatan bisa diketahui baik buruknya, dan di rubah dikemudian hari, tak hanya itu evaluasi antar tim juga berguna untuk menjalin keterbukaan dan memberikan suatu keritik yang membangun agar tim tetap kompak dan efektif dalam tugas tugas yang mungkin saja akan lebih berat di kedepan harinya.

  41. Dilakukannya oleh seorang manajer melakukan KPI terhadap karyawan memang lebih baik dengan sudut pandang orang lain walaupun seorang manajer melakukan penilaian secara ojektif sekalipun, menurut saya dengan adanya sudut pandang orang lain / rekan akan membantu KPI tersebut semakin objektif dan juga adil sehingga menghasilkan hasil yang maksimal juga

  42. Didalam tim memang harus melakukan evaluasi kerja, supaya kita mengatahui kinerja kita seperti apa . saya setuju dengan artikel diatas. Itu bisa kita lakukan didalam tim.

  43. Setiap pekerjaan yang kita lakukan perlu ada penilaian dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pekerjaan yang kita lakukan. Penilaian dari rekan merupakan ide yang bagus karena orang lainlah yang melihat dan memiliki penilaian terhadap diri kita

  44. Kita memang membutuhkan masukan dari orang lain untuk mengevaluasi diri kita supaya lebih baik kedepannya dan juga kita bisa tahu apa yang sudah kita kerjakan selama ini, karena yang bisa menilai itu adalah orang lain bukan diri kita sendiri.

  45. Saya setuju dengan sekali dengan artikel diatas, seorang manajer yang baik harus menilai kinerja karyawannya secara adil dan tanpa ada bias. Sebagai seorang manajer kita harus adil tanpa membedakan satu sama lain, evaluasi dari rekan lain juga dapat membantu kita dalam menilai, sehingga penilaian kinerja karyawan yang dilakukan terhindar dari bias dan menjadi lebih akurat.

  46. Sebagai manajer tentu kita harus menjunjung keadilan sehingga kita harus terbuka terhadap kiritik dan saran evaluasi yang membangun tidak hanya dari internal maupuk eksternal.

  47. Saya setuju dengan artikel diatas. Setiap pekerjaan yang kita lakukan membutuhkan feedback, dan evaluasi untuk mengukur kualitas serta pencapaian target yang kita lakukan. Penilaian dari rekan dapat menyumbang perspektif berharga untuk membantu meningkatkan akurasi serta objektivitas penilaian.

  48. Penilaian yang objektif terhadap karyawan tentunya harus dilakukan oleh setiap manager. Dengan meminta pendapat rekan sejawat lainnya dapat membantu memberikan sudut pandang yang lain akan seseorang. Hal ini dapat memperjelas penilaian terhadap seseorang agar tidak dapat terrpengaruh dari aspek subjektif apapun yang dapat menodai kemurnian suatu penilaian terhadap seseorang.

  49. Saya setuju dengan artikel diatas. Karena memang sudah tugasnya bagi seorang manajer untuk membuat penilaian kinerja karyawan secara objektif dan tidak bias. Dengan meminta evaluasi dari rekan, hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mengetahui penialian terhadap performa kinerja Anda selama ini. Lalu juga buatlah evaluasi antar satu sama lain di tim yang kemudian dapat digunakan sebagai sharing session mereka dengan Anda ataupun mereka dengan orang yang dievaluasi. Ini akan membantu Anda mengurangi bias saat melakukan evaluasi dan mendorong tim Anda untuk bersikap terbuka satu sama lain.

  50. Saya setuju dengan artikel diatas. Ketika menilai kinerja karyawan lainnya, hendaknya dilakukan penilaian sesama karyawan sehingga hasilnya akan lebih objektif dan tidak hanya berdasarkan penilaian satu orang saja. Dengan begitu, tentunya karyawan akan saling mengetahui apa saja yang hendak diperbaiki dari dirinya sehingga dapat menjadi evaluasi untuk kedepannya dan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi.

  51. Dengan ada nya penilaian dari rekan kerja, dapat mengartikan bahwa penilaian bukan berdasarkan 1 orang saja, melainkan dari seluruh karyawan yang melakukan penilaian. Dengan hal ini, dapat meminimalisir penilaian secara subjektif

  52. Evaluasi terhadap tim maupun individu sangat diperlukan, salah satunya melalui penilaian yang diberikan orang lain, tim, atasan terhadap diri kita sehingga semuanya bertujuan untuk meningkatakn kinerja diri kearah yang lebih baik. dapat mengenai hal yang positif, kelemahan diri kita sehingga dari penilaian tersbut kita dapat meliaht potensi, peluang, ancaman terhadap diri kita, seringkali ada beberapa hal yang ada dalam diri kita, hanya bisa dilihat orang lain saja, sehingga kita membutuhka penilaian dari mereka.

  53. Saya sangat setuju, melakukan evaluasi kerja terhadap karyawan sangatlah penting bagi manajaer maupun perusahaan itu sendirikarena dengan melakukan hal itu manajer bisa mengetahui performa kinerja karyawannya

  54. Penilaian terhadap individu karyawan tidak hanya dapat dilakukan oleh manager tetapi sesama karyawan vertikal, tetapi harus diingat evaluasi yang diberikan harus sopan dan tidak berdasarkan “kedekatan” antar karyawan yang arti nya penilaian tersebut harus dilakukan secara objektif dan sesuai fakta yang ada.

  55. Evaluasi menurut saya juga sangat penting di setiap pembuatan keputusan pemimpin, pemimpin yang sering membuat hasil evaluasi untuk pembelajaran maka pemimpin tersebut termasuk pemimpin yang terus berkembang.

  56. Saya setuju dengan artikel tersebut karena dengan meminta rekan untuk mengevaluasi diri kita.kita dapat melihat apa bagian dari kita yang kurang di mata orang lain dan apa yang perlu di perbaiki ,begitu juga dengan rekan kerja kita yang meminta kita untuk menilai atau mengevaluasi mereka dan menurut saya cara tersebut juga dapat mempererath hubungan antara sesama rekan kerja.

  57. evaluasi kinerja dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengetahui perkembangan karyawannya dalam upaya untuk memanjukan perusahaan. dalam mengevaluasi kinerja karyawan sering kali para manajer tidak secara objective menilai kinerja karyawan dan bias karena pendapat/prasangka pribadi, oleh karena itu untuk mengurangi bias maka sistem penilaian kinerja harus dibuat secara jelas dan menerapkan teknik penilaian kinerja yang sesuai