Setelah Percakapan yang Sulit, Renungkan Apa yang Anda Pelajari

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Anda berhasil melewati percakapan yang sulit. Mungkin Anda meminta atasan Anda untuk menaikkan gaji atau memberi umpan balik yang sulit kepada rekan kerja. Sekarang apa? Anda mungkin akan dengan senang hati membicarakannya lagi. Tapi sebelum Anda melanjutkan perjalanan, luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana perjalanannya. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa bangga dengan bagaimana Anda mengelola percakapan? Atau apakah Anda merasa malu atau kecewa? Apakah Anda memenuhi tujuan yang Anda ajukan untuk diskusi? Apakah Anda merasa berbeda sekarang tentang orang atau masalahnya? Apa yang Anda ingin Anda lakukan secara berbeda? Refleksi ini akan memberi Anda perasaan tentang apa yang harus Anda lakukan selanjutnya (mungkin Anda perlu kembali kepada orang tersebut untuk melakukan percakapan lanjutan) dan akan membantu Anda mempersiapkan diskusi di masa depan dengan lebih baik.

 
Diadaptasi dari
Difficult Conversations (HBR 20-Minute Manager Series)

 

Sumber: Harvard Business Review (2017). Difficult Conversations (HBR 20-Minute Manager Series).  USA: HBR Ebook.

Nugroho J. Setiadi
  1. Merenungkan bukan hanya ketika kita sudah mengalami percakapan yang sulit, namun setiap kejadian yang kita alami, seperti perilaku yang sudah kita buat dan hal lain sebagainya. dan juga alangkah lebih baiknya bisa merenungkan diri ketika sudah ingin tidur, dan berdoa kepada Tuhan agar besok kita dapat menjadi orang yang lebih baik dari sekarang.

  2. Jika kita menuntut sesuatu terhadap orang kita sebelumnya harus berfikir apa yg telah kita berikan kepada nya?apakah performa kita sudah layak untuk meminta hak kita?perlu dipikirkan kembali. Jika memang sdh layak tdk ada salahnya untuk meminta sesuatu.

  3. dalam bertindak atau melakukan sesuatu harusnya kita memikirkannya dulu, dan juga jika ingin mengatakan sesuatu hal seharusnya kita menyaring dulu kalimat yang ingin terucap dari mulut kita sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain yang mungkin akan tersinggung ataupun tidak ada orang yang kecewa.

  4. LC21 suatu hal yang kita katakan sulit pasti hal yang belum pernah kita temui sebelumnya. hal yang sulit biasanya jika kita bisa melewatinya akan mendapatkan ganjaran yang setimpal. tetapi bukan hanya sampai di gaji yang meningkat. tetapi, pengalaman yang lebih banyak lagi untuk kedepannya. misalkan kita akan menemukan hal yang sama di masa depan, kita tidak akan kesulitan lagi melewatinya. pelajari hal-hal yang sulit akan memudahkan kita kedepannya.

  5. percakapan yang sulit itu memang tidak mudah untuk di lewati. kita harus coba belajar dari hal" tersebut. karena tidak semua percakapan yang sulit mengandung hal yang negatif. kita harus lebih memikirkan hal tersebut matang".

  6. Penyampaian kata yg baik tidak akan meninggalkan perasaan tidak enak atau tersinggung untuk pihak yg bersangkutan . Penyampaian yg baik juga akan menciptakan suasana yg mendukung dan juga menyenangkan . Jangan mementingkan ego untuk menang dalam hal berdebat atau berbicara karna hal itu mungkin dapat membuat orang lain tersinggung .

  7. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Suatu percakapan sulit yang akan dibangun harus dicerna dengan baik terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalah pahaman. Sebelum memulai hal tersbeut kita harus terlebih dahulu merenungkan sikap kita, apakah saya sudah cukup bekerja keras? apakah saya dalam posisi untuk mengatakan ini?

  8. Dalam melakukan percakapan dengan orang lain kita harus berpikir panjang terlebih dahulu sebelum bertindak. Memikirkan apa dampak yang akan kita terima dalam jangka panjang. Jika kita menginginkan sesuatu kita harus berusaha dan jangan menuntut lebih dari orang lain jika kita merasa belum pantas mendapatkan apa yang kita minta tersebut. Penyampaian kata yang baik juga perlu diperhatikan sehubungan dengan artikel diatas agar tidak menimbulkan konflik.

  9. dalam menghadapi suatu hal, merenung bukan lah hal yang buruk. dalam menjalanin suatu hal atau ingin menjelani kehidupan for the next step. merenung merupakan hal yang patut dilakukan. selain memberikan waktu pada diri sendiri, juga dapat memberikan pertanyaan pada diri sendiri dan dapat dijawab oleh diri sendiri

  10. Introspeksi diri harus selalu dilakukan agar dapat memperbaiki diri jadi lebih baik kedepannya. Berpikir sebelum berbicara dan bertindak adalah hal bijak yang perlu diterapkan pada diri. Menggunakan ucapan yang sopan dan tidak membuat orang tersinggung,jadilah pribadi yang berhati-hati dalam berbicara dan mampu membedakan situsi.

  11. Mulutmu adalah harimaumu adalah kata yang tepat untuk artikel ini. Kita sebagai orang yang ingin memulai percakapan harus berfikir dua kali untuk berbicara agar tidak salah dalam berkata dan menemukan kesepakatan

  12. Menjaga etika dalam berbicara agar orang tidak mudah meremehkan kita. Berpikir dahulu sebelum berbicara untuk menghindari kesalahpahaman. Jangan sampai perkataan kita dapat melukai hati orang lain. Ketahuilah situasi, orang yang ingin diajak bicara & pertimbangkan gaya berbicara yang sebaik mungkin. Terkadang maksud kita tidak ada apa-apa (misal tidak bermaksud marah), mungkin bagi orang yang mendengarkan (seperti terlihat marah).

  13. Hal yang sulit justru menjadi pelajaran dan pengalaman baru untuk kita di masa yang akan datang. Dari percakapan tersbut ambil pelajaran yang dapat ditarik

  14. memang percakapan yang sulit akan terjadi dalam pekerjaan setiap seseorang. dan apabila sudah terjadi percakapan demikian kita mencari solusi agar percakapan itu tidak memojokan satu pihak dan tidak ada yang tersinggung.

  15. Pada kali ini dalam suatu pembicaraan mungkin ada beberapa yang tidak anda sadari yang akan baik atau buruk bagi kedepannya karena itu introspeksi diri baik sekali dilakukan setelah melakukan pembicaraan apabila memang ada pembicaraan yang buruk bagi kedepannya kita harus mempersiapkan apa yang akan kita lakukan untuk kebaikan kedepannya

  16. setelah melakukan percakapan yg sulit kita harus memikirkan lagi apa inti,dampak, manfaat tujuan dan maksud dari percakapan tersebut supaya kita dapat menentukan tujuan atau langkah apa yg akan diambil selanjutnya

  17. dalam percakapan yang sulit mungkin kita harus merenungkan cara komunikasi kita yang sudah baik atau belum . untuk menghindari percakapan yang sulit kita harus berkomunikasi dengan etika yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman atau lawan bicara kita merasa tidak senang berbicara dengan kita .

  18. Memang betul, setelah kita berbicara dengan orang lain yang mengandung bahasan yang berat, kita harus kembali merenungkan apakah pembicaraan kita ada salah bahasa yang mungkin melukai orang tersebut atau sudah memberikan kepuasan untuk kita bersama. Sehingga di waktu yang akan datang kita dapat berbicara lebih nyaman dan dapat memancing lawan bicara kita untuk memberikan keuntungan untuk kita.

  19. telah melakukan dan melalui percakapan yang sulit berrarti itu bentuk kemajuan dalam diri kita dalam berkomunikasi, penyampaian yang baik sangat penting dalam berkomunikasi untuk menciptakan suasana yang bersahabat dan tidak menegangkan, walaupun topik yang dibahas sangat sulit, tetap harus menjaga etika dalam berbincang.

  20. Sebelum dan sesudah melakukan percakapan kita harus persiapkan dengan matang. Artikel ini sangat membantu untuk mengingatkan bahwa setelah melakukan percakapan kita harus mengevaluasi apa yang sudah kita bicarakan. Kesalahan semua diperbaiki dan belajarlah dari pengalaman

  21. Sebelum kita membicarakan seatu hal kita harus memikirkanya terlebih dahulu apalagi terhadap seperti hal atau topik apa yang ingin di bahas,apakah hal tersebut sangat tepat untuk dibicarakan dengan waktu sekarang atau pantaskah anda menanyakan hal tersebut seperti membicarakan kenaikan gaji anda.karena jika membicarakan kenaikan gaji kita harus memperhitkan performa kita di perusahaan dan waktu yang dibutuhan untuk kenaikan gaji.

  22. Dalam melakukan sesuatu atau bertidak memang sebaiknya kita berfikir atas perbuatan atau kosekuensi yang akan kita terima suatu saat. Jika kita pantas menerima timbal balik yang memang tepat untuk kinerja kita tidak ada salahnya jika meminta atasan untuk menaikan gaji.

  23. Dalam melakukan sesuatu atau bertidak memang sebaiknya kita berfikir atas perbuatan atau kosekuensi yang akan kita terima suatu saat. Jika kita pantas menerima timbal balik yang memang tepat untuk kinerja kita tidak ada salahnya jika meminta atasan untuk menaikan gaji. Memang dalam setiap keputusan harus ada resiko yang diambil dan kita harus siap dengan tuntutan pekerjaan yang mungkin lebih meningkat karena timbal balik dari atasan juga meningkat.

  24. menurut saya, dalam percakapan yang sulit haruslah kita membekali diri kita sebelum memasuki arena percakapan lalu ketika percakapan itu berlangsung maka lakukanlah yang terbaik tanpa beban dan jangan lupa hilangkan pikiran - pikiran yang mengganggu anda ketika percakapan sedang berlangsung lalu setelah percakapan berakhir dan anda sudah tidak lagi berada di tempat percakapan tersebut maka berdoalah memohon yang terbaik kepada tuhan anda.

  25. sebelum melakukan percakapan kita harus memikirkannya dengan matang apalagi berbicara masalah menaikkan gaji atau memberi umpan balik. hal tersebut harus dibicarakan pada waktu yang tepat.

  26. percakapan yang sulit pasti akan terjadi dan kita harus mempersiapkan diri untuk itu. Terkadang percakapan yang sulit akan membuahkan hasil yang bagus. Jika kita menghadapi percakapan yang sulit, kita harus tenang dan terus menjaga susana percakapan agar nyaman.

  27. Percakapan yang sulit dapat meningkatkan kemampuan anda dalam hal negoisasi antar perdebatan ide-ide karyawan, kemampuan ini harus terus diasah dan sebagai karyawan rasa puas yang cepat datang harus dijauhkan. Jika kita merasa pantas akan reward yang harus diberikan olehm maanger terhadap kemampuan tersebut jadikan sebagai acuan dan motivasi untuk berkerja lebih baik

  28. Setelah melakukan percakapan atau diskusi yang sulit ada baiknya untuk melakukan renungan atas hal tersebut. Renungan ini membantu untuk meninjau ulang pemikiran jika terjadi diskusi kembali. Selain itu, renungan juga membantu untuk mengambil langkah berikutnya.

  29. melakukan sesuatu yang penting harus di perlukan perhatian ekstra dan juga berhati2 pikir baik2 sebelum mengambil tindakan dan apabila sudah terlanjur membuat kesalahan renungkan dan ambil hikmahnya

  30. Merefleksikan sesuatu hal adalah suatu pembelajaran yang sangat membangun, karena baik atau tidaknya suatu langkah yang di ambil akan terlihat di akhir dan cara untuk mengetahui dan mempelajarinya adalah dengan cara merefleksikannya sehingga membuat kita lebih pandai dan berhati-hati dalam setiap langkah yang akan kita ambil kedepannya.

  31. membicarakan hal yang susah atau sensitif biasa dijalani banyak orang,namun sebelum berbicara yang sulit musti kita pikirkan baik2 kata2 dan kalimat yg akan digunakan

  32. Merenungkan untuk Masalah yang sulit. Sebenernya bukan masalah yang sulit yang harus kita renungkan. Tapi kita juga harus merenungkan bagaimana sikap,etitude dan cara kerja.

  33. Dalam perkerjaan tidak dapat sembarang orang kita anggap sama dahulu kam berfikir sebelum bicara dan bertindak

  34. Dalam mengkomunikasikan sesuatu tentunya kita memiliki tujuan tertentu. Dan apabila tujuan tersebut dirasa memiliki kecenderungan untuk sulit diterima oleh lawan bicara terutama atasan, isi dari pembicaraan tersebut harus dikelola secara matang-matang dan disampaikan dengan baik dan sopan. Apabila mendapat respon yang tidak sesuai dengan ekspetasi, maka perlu untuk mengkoreksi kembali mengenai apa yang telah disampaikan sebelumnya.

  35. Memang lebih baik setelah melalui percakapan yang berat ada baiknya kita berfikir lagi tentang apa yang baru saja kita sampaikan. Hal ini bertujuan agar kita menyadari bila kita melakukan kesalahan dalam percakapan yang baru terjadi dan dapat memperbaikinya selanjutnya demi kebaikan bersama.

  36. Merenungkan apa yang baru saja kita perbuat. Penting. Dinamakan evaluasi dan introspeksi diri. Ini penting sekali. Agar tetap menjadi pribadi yang pandai mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri

  37. Sebelum berbicara pun ada baiknya kita memikirkan apa dampak yg akan terjadi selanjutnya sehingga percakapan yg terjadi tidak merugikan kedua belah pihak

  38. Kawai satria 2001591069 Seperti pepatah bilang “berpikir sebelum bertindak” cocok pada artikel ini yg menyarankan evaluasi diri ketika telah melewati percakapn yg sulit dengan mengingat percakapan yg dilewati dan memperbaiki pada percakapan berikutnya

  39. Berkacalah pada diri kita sendiri masing-masing, jagalah ucapan kita karena mulut terkadang tidak dapat dikontrol oleh emosi dan pikiran yang gegabah.

  40. Ketika bertindak atau melakukan sesuatu selayaknya kita mempertimbangkanny dulu, dan jika ingin mengatakan sesuatu seharusnya kita merenungkan serta memilah dulu kalimat yang ingin terucap dari mulut kita sehingga tidak melukai perasaan orang lain ataupun menyinggung hal-hal yang sensitif bagi lawan bicara.

  41. Sebelum kita melakukan sebuah percakapan, sebaiknya kita memikirkan atau mempertimbangkan kata-kata yang ingin di ucapakan yang mudah dipahami atau dimengerti dan tidak menyinggung perasaan orang lain

  42. Percakapan yang sulit akan terjadi jika cara penyampaian anda tidak baik/tidak jelas sehingga orang lain sukit menginterpretasikan apa yang ingin anda sampaikan dan berpitensi menyebabkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi dapat menghambat perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut saya,seperti yang sudah disampaikan diatas, penting untuk merenungkan bagaimana cara untuk memperbaiki percakapan yang sulit.

  43. Setelah melewati percakapan yang sulit memang tentu kita harus merenungkannya, apakah yang kita lakukan sudan benar atau bahkan ada yang kita lewatkan sehingga harus ditambahkan lagi. Maka dari itu sebelum kita melakukan percakapan yang sulit harus mempersiapkan diri terlebih dahulu supaya tidak grogi dll.

  44. Dalam suatu percakapan sebaiknya kita menjaga ucapan kita dan berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara dengan lawan bicara anda karena anda tidak tahu apa dampak dari kata - kata yang anda ucapkan kepada lawan bicara anda. Dan juga anda harus melakukan evaluasi diri, apakah percakapan yang anda lakukan sudah baik atau tidak.

  45. Dalam bertindak atau melakukan sesuatu harusnya kita memikirkannya dulu, apakah percakapan kita menyakiti orang lain apa tidak, apakah itu pantas diucapkan apa tidak. Kita harus memikirkan ulang hal apa yg ingin disampaikan jangan sampai menyakiti perasaan orang lain.

  46. Secara tidak langsung, percakapan yang sulit dapat meningkatkan kemampuan kita dalam hal negoisasi maupun dalam perdebatan yang dilakukan oleh karyawan dalam mencari ide-ide baru. Kemampuan ini tentu harus terus diasah terus menerus, dan jika anda sebagai seorang karyawan hendaknya menjauhkan diri dari rasa puas yang cepat datang dan hanya sesaat rasanya.

  47. Suatu perdebatan yang sulit merupakan ajang untuk kita kemudian membenahi diri dan skill dalam berkomunikasi. Sehingga kemampuan kita dalam berkomunikasi semakin tajam terutama dalam hal bernegosiasi.

  48. Melakukan evaluasi dan refleksi dalam segala aspek tentunya penting untuk memeberikan penilaian terhadap apa yang telah kita lakukan. Refleksi juga memungkinkan kita untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang haru skita pertahankan dan apa saja yang harus kita perbaiki di kesempatan selanjutnya.

  49. Setelah kita melewati suatu hal yang kita anggap sulit seperti contohnya melewati percakapan yang sulit, tentunya ada perasaan bangga tersendiri karena berhasil melewati hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun sebelum kita menentukan langkah berikutnya, kita hendaknya melakukan evaluasi terlebih dahulu. Apakah hal yang telah kita lakukan sudah merupakan hal yang terbaik atau justru sebaliknya. Dengan melakukan refleksi speerti ini tentunya akan menjadi evaluasi bagi kita kedepannya ketika hendak melewati hal yang serupa.

  50. Dengan melakukan pembicaraan berat, ibaratnya kita menerima banyak sekali hal-hal baru dan masukan-masukan yang berguna. Oleh karena itu, dengan adanya renungan sejenak dan evaluasi, kita dapat menambah wawasan kita terhadap hal-hal baru

  51. Setiap percakapan pasti memiliki progress yang berbeda-beda. Bisa saja satu percakapan sangat mudah untuk dilewati namun percakapan yang satunya lagi sangat sulit dan kita ingin sekali rasanya mengulang waktu agar percakapan tersebut tidak terjadi. oleh karena itu, ada baiknya jika luangkan waktu untuk merenungkan perjalanan kita dalam mencapai keberhasilan melewati percakapan tersebut. Jadikanlah renungan sebagai petunjuk mengenai apa yang harus kita lakukan selanjutnya dan akan membantu kita lebih mempersiapkan diri untuk diskusi di masa depan dengan baik.

  52. Hal diatas sering saya alami dalam konteks yang berbeda, saya merasa terbantu untuk mengevaluasi diri dengan pertanyaan tersebut. Maka saya dapat melakukannya dan mengaplikasikan dalam diri saya sehingga saya dapat tahu apa yang harus saya lakukan. Terimakasih bapak :)

  53. Percakapan yang sulit akan terjadi jika cara penyampaian anda tidak baik/tidak jelas sehingga orang lain sukit menginterpretasikan apa yang ingin anda sampaikan dan berpitensi menyebabkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi dapat menghambat perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut saya,seperti yang sudah disampaikan diatas, penting untuk merenungkan bagaimana cara untuk memperbaiki percakapan yang sulit.

  54. Manusia diciptakan untuk berkembang, dan artikel ini sangatlah menyadarkan kita untuk mempelajari tentang hal percakapan yang sulit. Percakapan yang sulit itu dapat termasuk dengan kesalahpahaman atau ketidakpuasan, maka dari itu intropeksi menjadi kunci utama untuk belajar agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali.