People Innovation Excellence

Kelola Emosi Anda dengan Berfokus pada Nilai Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Emosi kita adalah sinyal yang bisa memberi kita data tentang apa yang penting bagi kita, tapi hanya jika kita memperhatikannya. Lain kali Anda merasa emosional saat bekerja, maju selangkah lagi dan pertimbangkan apa yang Anda katakan. Katakanlah Anda ingin memberi umpan balik yang sulit kepada salah satu atasan langsung Anda. Kenapa kamu merasa cemas? Dalam memeriksa emosi Anda, Anda menyadari bahwa Anda khawatir bersikap tidak adil karena dia pegawai yang baik. Pertimbangkan bagaimana memiliki, atau tidak memiliki, percakapan akan membawa Anda ke arah atau membuat Anda menjauh dari bersikap adil. Melihat situasi seperti ini, Anda dapat melihat bahwa memberinya umpan balik dan membantunya untuk sukses sebenarnya lebih adil baginya – dan bagi seluruh tim Anda – daripada mengatasi kecemasan Anda. Anda bisa melepaskan diri dari emosi langsung Anda untuk membuat pilihan yang lebih baik yang sesuai dengan nilai yang mendasari mereka.

 

Diadaptasi dari  “How to Manage Your Emotions Without Fighting Them,” by Susan David

 

Sumber: David, S. (2016). How to Manage Your Emotions Without Fighting Them. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/how-to-manage-your-emotions-without-fighting-them?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16517563&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=960645942&spReportId=OTYwNjQ1OTQyS0.  Retrieved on February 09, 2017.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Setiap orang memiliki Emosinya masing masing. Ada yang melampiaskan langsung, dan ada juga yang menahan emosinya. Sebenarnya Kalimat tersebut benar, yang ingin saya tambahkan adalah janganlah emosi memakan dirimu sendiri, karena dengan emosi malah akan membuat kita semakin rendah dimata orang lain.

  2. Feedback harus dilakukan supaya seseorang dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika kita mengkritik seseorang jangan hanya menjatuhkanya namun kita juga harus memberikan solusi agar dia bisa bangkit dan tidak terpuruk

  3. grasela alfega
    2001579950
    LC21
    adanya feedback dalam segala hal itu perlu untuk dilakukan, tetapi harus diperhatikan agar tidak salah dalam memberikan feedback.berikan feedback yang dapat memotivasi seseorang, emosi boleh dilakukan tetapi harus tau tempat waku serta dimana kita meluapkan emosi kita jangan sampai emosi yang dilakukan dapat membuat malapetaka bagi diri sendiri.

  4. Emosi Itu perlu apabila seseorang sedang dalam permasalahan, apalagi jika anda seorang pelaku bisnis. dalam sisi positif, emosi diyakini dapat memicu kreativitas dan inovasi. Karena orang yamg memiliki emosi, ia bisa membuat nilai nyata dan ia terdorong lebih cepat mencerna situasi dalam bisnis dan mengasah permasalahan yang ada lebih peka lagi. emosi dapat berguna dalam segi apapun selagi masih dapat terkontrol dengan baik. emosi dalam mendorong pekerjaan lebih cepat lagi karna otak merasa lebih peka terhadap suatu hal.

  5. menurut saya emosi dalam hal bekerja maupun hal” lain itu merupakan hal yang manusiawi. Anda bisa melepaskan diri dari emosi langsung Anda untuk membuat pilihan yang lebih baik yang sesuai dengan nilai yang mendasari mereka. tidak harus emosi dengan hal yang negatif, melainkan sebaliknya.

  6. Dalam bekerja ,kita harus mampu mengendalikan emosi kita . Dengan demikian ,orang-orang akan merasa senang saat bekerja sama dengan kita . Pekerjaan juga akan lebih cepat selesai karna adanya keharmonisan satu dengan lain nya . Kita harus tegas dalam bersikap ,bukan menyudutkan seseorang .

  7. Emosi tiap orang berbeda-beda satu sama lain, namun didalam bisnis penting untuk menjaga emosi tetap netral sehingga tidak terjadi konflik yang dapat memecahkan anggota tim dan menghambat perusahaan untuk mencapai tunjuan. Feedback yang diberikan untuk orang lain didalam perusahaan harus beraifat kritis membangun yang positif sehingga orang lain tidak merasa disalahkan agar tetap dapat menjalin hubungan yang baik

  8. Nama : Christine Abraham
    NIM : 2001543944
    Menahan emosi agar tidak cepat meluap memang baik, tapi jangan terlalu sering menahan emosi karena itu juga akan berdampak pada kesehatan. KIta bisa menjadi lebih stress dan meluapkan emosi tersebut dengan melakukan hal-hal negatif misalnya dengan porsi makan menjadi lebih banyak, dll. Terkadang meluapkan emosi itu juga diperlukan, cara yang baik adalah dengan memberikan peringatan kepada orang yang bersangkutan lalu membicarakan hal yang menjadi permasalahan.

  9. Kita harus dapat mengontrol emosi saat bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Emosi akan berpengaruh kepada tindakan yang akan kita lakukan maupun perkataan yang akan keluar dari mulut kita sehingga kita harus bisa menjaga dan mengendalikan emosi. Apa yang kita katakan saat emosi dapat menyakiti perasaan orang lain khususnya saat bekerja. Maka dari itu kita harus mengendalikan emosi agar dapat berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak maupun mengucapkan pernyataan.

  10. Emosi merupakan situasi yang dialami oleh seluruh manusia, bahkan semua makhluk hidup. setiap pribadi mempunyai perbedaan dalam meluapkan emosinya masing masing. ada baiknya kita dapat mengendalikan emosi kita, jika tidak dapat dikendalikan. luapkanlah emosin tersebut suatu hal yang postitf, atau membuat hal yang positif. karena, jika suatu emosi ditahan sendiri atau hanya dipendam, dapat menimbulkan hal yang negatif

  11. Tidak baik dalam memendam emosi,maka hal baik jika dilepaskan tetapi dengan sesuatu yang benar dan jangan sampai menyakiti orang lain. Setiap orang memiliki standar emosi masing-masing maka dari itu kita sesama makhluk sosial harus saling mengerti dalam hal sewajarnya. Apabila perlu bantuan alangkah baiknya dibantu agar emosi dapat diredamkan seperti dengan bercerita atau mengeluh kepada orang yang telah kita percaya. Hal ini akan memperbaiki kinerja pekerjaan.

  12. Emosi adalah anugrah yang diberikan tuhan untuk kita. Apabila kita dapat mengelola emosi dengan baik, memecahkan masalah dengan kepala dingin kita dapat menjadi orang yang bijaksana. Namun sebaliknya, apabila kita tidak bisa mengendalikan emosi maka dapat merusak hubungan dengan orang lain.

  13. Sesilia Vanessa Audelia
    2001542582
    LC21
    Saya setuju. Emosi harus dijaga agar dapat memberikan kinerja yang baik. Terkadang emosi yang sudah buruk dapat membuat kita malas dan tidak bersemamgat.Jangan sampai kita dikendalikan oleh amarah. Terkadang diri yang sudah dikendalikan oleh amarah emosi membuat kita tidak sadar terhadap apa yang kita lakukan&bicarakan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Dalam memberikan feedback juga harus menghindari sifat subyektif agar tercipta keadilan dalam memberikan umpan balik. Kritik penilaian yang diberikan juga dapat memberikan kita perbaikan&motivasi. Kita tidak boleh marah 9terhadap kritikan yang diberikan

  14. Memberikan feedback harus dengan tindakan yang positif. Meskipun memberi kritik, tetapi harus memberi solusi yang bermanfaat.

  15. Setiap orang memiliki emosional yang berbeda beda. Tapi kita tidak bisa melampiaskan semua emosi kita kepada orang lain. Kita harus bisa menahan emosi dengan tenangkan hati dan pikiran.

  16. menurut saya, emosi merupakan salah satu bentuk feedback yang wajar dalam pekerjaan, karena emosi merupakan bentuk perasaan akan sesuatu. Tetapi ada baiknya untuk mengontrol emosi kita agar tidak berlebihan.

  17. emosi yang dimiliki seseorang bisa dikontrol,tergantung dari orang tersebut. dan emotional kita juga berbeda-beda tergantung kita menyikapinya dengan bagaimana. dan dalam artikel itu, saya setuju arena emosi bisa meningkatkan ato menurunkan minería sesearan tergantung individu itu menanggapinya dyngan balk tau tidak.

  18. Dalam kedewasaan terlihat dari bagaimana mengatur emosinya apabila kita dapat mengatur emosi berarti kita individu yang baik dan telah dewasa. semakin dapat mengatur emosi, orang lain akan semakin bingung/panik dan kalah dari kita karena kita terlihat stabil dan lebih berani. menurut saya mengelola emosi ini sangat baik dalam permainan perkejaan ini setelah itu dapat terfokuskan nilai – nilai kita

  19. emosi adalah hal yg sering terjadi pada setiap diri manusia, kita harus bisa mengontrol emosi kita dengan baik agar tidak terjadi konflik atau masalah

  20. didalam bisnis kita harus menjaga emosi tetap stabil agar tidak menimbulkan masalah dalam bisnis . emosi perlu dijaga agar dapat memberikan kinerja yang baik . apabila kita tidak bisa mengendalikan emosi maka dapat merusak hubungan dengan orang lain dan merusak kerja sama bisnis.

  21. Dalam mengekspresikan emosi setiap orang tentu berbeda-beda. Tetapi lebih baik jika kita merasa ingin memberikan feedback pada orang lain, alangkah baiknya jika kita berbicara face to face menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan ringan. Sehingga mengurangi adanya kesalah pahaman atau salah bahasa.

  22. semua orag memiliki tingkat emosi yang berbeda beda, namun, kelola lah emosi anda dengan baik, jangan jadikan emosi anda yang berlebihan membuat anda terlihat rendah di mata banyak orang, dan menjadi sebuah penyesalan disaat anda sudah tenang, jadi menenangkan diri sendiri saat emosi itu sangat penting, jangan terlarut dalam emosi yang singkat.

  23. Setiap manusia memiliki cara tersendiri untuk meredam emosi. Dan emosi tersebut memang tidak bisa ditiadakan . Memang sudah kodratnya manusia mempunyai emosi. Namun harus bisa ditangani dengan baik

  24. Rendi Reynaldi
    LA21
    2001578790

    Emosi sebisa mungkin harus diredam,kita boleh melampiaskan emosi pada suatu permasalahan ,tapi kita tidak boleh melampiaskan emosi melebihi batas wajar agar tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan

  25. Menurut saya emosi itu ada disetiap manusia,dari situ kita harus bisa memanage emosi kita agar tidak terjadi perselisihan

  26. Emosi seharusnya di cegah, supaya tidak ada yang di rugikan, kita boleh melampiaskan emosi kita asalkan tidak berlebihan dan tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

  27. Emosi adalah hal wajar pada setiap diri manusia,walaupun wajar kita harus dapat mengendalikannya karena apabila kita tidak dapat mengendalikanya dapat merusak hubungan atau koneksi kita dengan org lain atau dengan perusahaan

  28. setiap individu memiliki emosi yang berbeda-beda, namun dalam berbisnis penting bagi kita untuk menjaga / mengontrol emosi agar tetap stabil sehingga tidak menimbulkan konflik yang dapat memecahkan anggota tim atau bahkan menghambat perusahaan untuk mencapai tunjuan.

  29. Emosi yang berbeda akan membuat pemikiran setiap orang juga berbeda. Setelah kita tahu bagaimana pola itu terbentuk di dalam pikiran, kita dapat memanfaatkannya untuk memotivasi kita lebih dalam lagi.

  30. mengelola emosi pada saat anda marcha sangat diperlakukan dalam hal pekerjaan. hal itu dimaksudkan untuk menjaga ketertiban antar karyawan. sebagai pribadi yang balk hal tersebut harus ditanamkan agar pencapain perusahaan tidak terhambat oleh perilaku kita

  31. memberikan feedback harus lah kita memberi feedback yang memotivasi jangan memberi feedback yang menjatuhkan dan kita harus dapat mengelola emosi agar emosi kita tidak merugikan diri kita sendiri.

  32. Jika sedang merasa emosional saat bekerja, cobalah untuk maju selangkah dengan mempertimbangkan apa yang sebaiknya dikatakan dan tidak. Dengan terlepas dari emosi, pemutusan pilihan yang lebih baik dan sesuai dengan nilai yang mendasari karyawan pun akan dapat diambil.

  33. emosi semua orang tentu pernah mengalami emosi, namun apa guna nya emosi ?
    emosi hanya membuat batin kita semakin tersiksa oleh karena itu jangan menghadapi masalah dengan emosi coba lah dengan kepala dingin rembungkan masalah tersebut dan cari solusinya. apakah dengan emosi bisa menyelesaikan masalah ? apakah dengan emosi bisa mengeluarkan solusi ? TENTU TIDAK

  34. Dalam melakukan kegiatan baik itu dilakukan oleh diri sendiri dan kelompok, memang emosi sering sekali datang dan menjadi penghalang dalam proses pengerjaan tugas-tugas. Namun alangkah baiknya apabila kita dapat mengontrol emosi itu dan berfikir positif cara untuk keluar dari permasalahan yang membuat emosi itu muncul. Sehingga kita dapat lebih profesional.

  35. Saya akan memberikan contoh : Bayangkan pekerjaan sebagai sebuah roller coaster. Yang perlu anda lakukan adalah enjoy the ride. Anda harus memiliki keyakinan bahwa anda dapat menyelesaikan setiap masalah yang anda hadapi.

  36. Dengan adanya feedback hal ini akan lebih terkontrol agar adanya emosi tidak meluap kita bisa mengetahui dari sudut pandang orang lain

  37. Feedback dapat membantu kita agar mempermudah untuk mendapat sudut pandang orang lain agar dapat mengetahui diri kita sendiri namun dari sudut pandang lain

  38. Memiliki rasa emosional merupakan hal manusiawi, namun bagaimana cara mengelola emosi tersebut merupakan hal yang cukup sulit. Karena emosi dapat membawa petaka bagi dirisendiri dan orang sekitar apabila tidak dapat dikontrol. Untuk itu saat memberi feedback terutama ke orang lain, kita tidak boleh didasari oleh rasa emosi semata.

  39. Kontrol emosi merupakan hal yang sangat penting terutama pada sebuah bisnis. Entah ketika anda emosi akan mengambil keputusan yang benar atau salah. Tetapi alangkah lebih baik jika ketika seseorang emosi, pikirkan dahulu baik2 langkah apa yang baiknya dipilih agar tidak merugikan siapapun dan dapat menguntungkan perusahaan dari bisnis tersebut.

  40. Emosi hal yg sangat menganggu bagi seseorang, apabila didalam situasi bekerja maka konsentrasinya akan terpecah. Alangkah baiknya emosi yg kita miliki diubah menjadi semangat dlm mengerjakan pekerjaan.

  41. Emosi dalam menghadapi sesuatu, wajar saja. Tapi luapkan dengan kebijaksanaan dan keadilan. Apa yang harus anda utarakan, katakan saja dengan tegas dan tidak bertele tele. Dan tetap dalam konteks yang dituju

  42. Emosi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk di kontrol dalam diri setiap manusia. Jika kita dapat mengontrol emosi yang dimiliki, kita dapat menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi tanpa perlu melakukan tindakan berlebihan yang tentunya akan berdampak negatif nantinya bagi diri kita sendiri ataupun orang lain serta karir kita. Dengan pengendalian emosi yang baik niscaya kita akan menjadi pribadi yang baik dan dipercaya dalam menyelesaikan masalah.

  43. Menurut saya, Artikel diatas sesuatu yang bagus. karena setiap orang memiliki karakter, emosi dan pembawaan yang berbeda-beda, namun hal tersebut harus sangatlah diperhatikan didalam berbisnis mengapa hal itu penting. Hal itu penting agar dapat menjaga emosi tetap netral sehingga tidak akan terjadinya suatu konflik antara satu dengan yang lain. Baik dalam internal maupun eksternal tim yang dapat memecahkan atau menghambat pekerjaan untuk mencapai suatu tunjuan. Feedback yang diberikan sebaiknya bersifat kritis dan membangun yang mengandung hal positif sehingga orang lain tidak merasa disalahkan atau dihakimi. agar tetap terjaga hubungan yang baik. Dan bisa menjadi lebih baik lagi

  44. Kontrol lah emosi kita dengan benar agar tidak merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Bersikaplah dengan sabar.

  45. Setiap orang pasti memiliki tingkat emosional yang berbeda beda. Didalam memecahkan permasalahan bisnis sebaiknya tidak dengan menggunakan emosi sesaat karena itu bukanlah hal yang akan menyelesaikan masalah tetapi akan membuat masalah tersebut menjadi runyam/bertambah. Sebaiknya hal yang harus dilakukan yaitu berfikir dengan jernih dan dengan kepala dingin.

  46. Dalam bekerja ,kita harus mampu mengendalikan emosi kita . Dengan demikian ,orang-orang akan merasa senang dengan kita dan pekerjaan serasa harmonis dan cepet kelar pekerjaan kita.

  47. Dalam kehidupan memang akan selalu terjadi masalah. Maka dari itu kita harus menjaga emosi kita . saya setuju dengan artikel diatas. Memang setiap manusia pada dasar nya mempunya tingkat emosionalnya masing- masing. Memang didalam dunia bisnis atau pekerjaan emosi harus dikontrol, jangan sampai membuat masalah atau konflik yg tidak diinginkan dengan pegawai lainnya

  48. Emosi dalam bekerja adalah hal yang tidak boleh terjadi karena jika kita emosi dalam bekerja maka bisa saja pekerjaan kita jadi terlantar. Maka dari itu kita harus bisa mengontrol emosi kita supaya tidak meluap – luap dan menjadi tidak terkontrol ketika kita emosi.

  49. Dalam kehidupan memang akan selalu terjadi masalah. Maka dari itu kita harus menjaga emosi kita . saya setuju dengan artikel diatas. Memang setiap manusia pada dasar nya mempunya tingkat emosionalnya masing- masing. Memang didalam dunia bisnis atau pekerjaan emosi harus dikontrol, jangan sampai membuat masalah atau konflik yg tidak diinginkan dengan pegawai lainnya

  50. Emosi yang baik tentu akan membuat kita lebih fokus dan positif terhadap suatu pilihan dan tindakan yang aka kita pilih untuk lakukan. Dan yang paling penting adalah agar tidsk terjadi konflik yang akan memecah suatu struktur organisasi atau tim.

  51. Emosi merupakan hal yang harus kita kontrol dalam proses bekerja. Feedback harus bertujuan agar seseorang dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika kita mengkritik seseorang, jangan lakukan untuk menjatuhkanya, berikan solusi agar orang tersebut bisa bangkit dan memperbaiki caranya melakukan sesuatu di masa yang akan datang.

  52. Emosi adalah sesuatu yang seharusnya dapat kita terima dengan sepenuh hati. Karena emosi adalah perasaan yang diberikan Tuhan untuk membuat kita dapat merasakan segala sesuatunya dengan lebih baik. Mengendalikan emosi untuk menjaga ketenangan pikiran pun penting untuk dilakukan agar seseorang terhindar dari tindak pengambilan keputusan secara gegabah yang dapat memberikan kesan buruk pada orang tersebut.

  53. Ketika terjadi suatu masalah, hal ini pasti mempengaruhi emosi kita dan secara tidak langsung juga mempengaruhi tindakkan yang akan kita ambil dalam menyikapinya. Karenanya, penting bagi kita untuk mengontrol emosi sehingga tidak memperkeruh keaadan. Ketika kita merasa emosional saat bekerja, ada baiknya kita beristirahat sejenak untuk mengontrol emosi agar kita tidak melampiaskannya ke orang lain. Dengan mengontrol emosi, hal ini bertujuan agar kita dapat bersikap adil pada orang-orang disekitar kita dan tidak hanya memikirkan kecemasan kita sendiri. Istirahat sejenak juga baik untuk kita supaya bisa melepaskan diri dari emotional state yang dialami untuk membuat pilihan yang lebih baik dan dengan pikiran yang jernih.

  54. Emosi = mencerminkan pemikiran kita. Mayoritas individu akan menghasilkan pemikiran yang rasional ketika emosi mereka dalam level yang stabil. Dan ketika emosi sudah melonjak, pemikiran akan menjadi tidak rasional dan tindakan pun akan berdasarkan emosi.

  55. Pengendalian diri adalah cara yang terbaik untuk kita dapat menyelesaian emosi yang kita timbulkan sendiri atau yang kita terima dari keemosian orang lain. saat kita dapat mengendalikan emosi kita, maka kita membuat persetujuan pada diri kita terhdap masalah yang kita hadapai sehingga kita tidak melampiaskan kepada orang lain. Tetapi jika kita perlu untuk menyampaikan emosional kita terhdap orang lain, kita harus menggunakan bahasa atau kata yang tepat untuk tidak menimbulakan kata yang menyinggung oran tersebut dapat dikatakan secara arsetif dan melihat juga dari sudut pandang, latar belakang permaalahan orang lain. sehingga kita dapat menanggapi secara benar dan tepat.

  56. Ketika kita dihadapkan pada situasi yang membuat kita menjadi sangat emosional, tentunya kita harus memiliki pengendalian diri yang kuat sehingga tidak memperburuk keadaan. Kita harus berpikir lebih jauh sebelum bertindak, apakah tindakan yang akan kita lakukan sudah benar atau belum. Tetap tenang dan kontrol diri sendiri ketika sedang mengalami emosi akan sangat berpengaruh pada keadaan berikutnya. Apabila kita membiarkan emosi tersebut menguasai diri kita, tentunya hal ini tidak akan memberikan dampak yang baik untuk diri kita dan orang lain yang berada di sekitar kita.

  57. Emosi merupakan situasi yang dialami oleh seluruh manusia, bahkan semua makhluk hidup. setiap pribadi mempunyai perbedaan dalam meluapkan emosinya masing masing. ada baiknya kita dapat mengendalikan emosi kita, jika tidak dapat dikendalikan. luapkanlah emosin tersebut suatu hal yang postitf, atau membuat hal yang positif. karena, jika suatu emosi ditahan sendiri atau hanya dipendam, dapat menimbulkan hal yang negatif.

  58. Setiap orang pasti punya rasa emosi, emosi harus dapat dikelola dengan baik karena emosi dapat menunjukan sesuatu yang negatif. Emosi harus dapat dikelola dengan bijak agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close