People Innovation Excellence

Kelola Emosi Anda dengan Berfokus pada Nilai Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Emosi kita adalah sinyal yang bisa memberi kita data tentang apa yang penting bagi kita, tapi hanya jika kita memperhatikannya. Lain kali Anda merasa emosional saat bekerja, maju selangkah lagi dan pertimbangkan apa yang Anda katakan. Katakanlah Anda ingin memberi umpan balik yang sulit kepada salah satu atasan langsung Anda. Kenapa kamu merasa cemas? Dalam memeriksa emosi Anda, Anda menyadari bahwa Anda khawatir bersikap tidak adil karena dia pegawai yang baik. Pertimbangkan bagaimana memiliki, atau tidak memiliki, percakapan akan membawa Anda ke arah atau membuat Anda menjauh dari bersikap adil. Melihat situasi seperti ini, Anda dapat melihat bahwa memberinya umpan balik dan membantunya untuk sukses sebenarnya lebih adil baginya – dan bagi seluruh tim Anda – daripada mengatasi kecemasan Anda. Anda bisa melepaskan diri dari emosi langsung Anda untuk membuat pilihan yang lebih baik yang sesuai dengan nilai yang mendasari mereka.

 

Diadaptasi dari  “How to Manage Your Emotions Without Fighting Them,” by Susan David

 

Sumber: David, S. (2016). How to Manage Your Emotions Without Fighting Them. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/how-to-manage-your-emotions-without-fighting-them?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16517563&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=960645942&spReportId=OTYwNjQ1OTQyS0.  Retrieved on February 09, 2017.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close