Bernegosiasi dengan Boss Anda dan Dapatkan Yang Anda Inginkan

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Apakah Anda mencari lebih banyak uang, status yang lebih tinggi, peningkatan visibilitas, sumber daya tambahan, atau lebih banyak waktu istirahat, Anda mungkin tidak akan mendapatkannya jika Anda tidak meminta atasan Anda untuk itu. Buatlah permintaan Anda win-win dengan menggunakan ungkapan yang menyiratkan kesuksesan bersama, seperti “Bagaimana kita berdua bisa melakukannya dengan baik?” Kemudian tanggapilah dengan “bagaimana jika.” Misalnya, jika atasan Anda mengatakan bahwa Anda memerlukan lebih banyak pengalaman sebelum Anda dapat maju, Anda bisa menjawab dengan strategi yang tepat: “Bagaimana jika saya memimpin strategi komunikasi dengan tim penjualan?” Bahkan jika Anda mendapatkan yang pertama, Anda masih bisa meninggalkan negosiasi dengan kemenangan kecil yang mungkin membuat Anda terlibat dalam Jalan menuju akhirnya ya.

 
Diadaptasi dari
“Having the Here’s-What-I-Want Conversation With Your Boss,” by Rebecca Shambaugh

 

Sumber: Shambaugh, R. (2015). Having the Here’s-What-I-Want Conversation With Your Boss. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2015/11/having-the-heres-what-i-want-conversation-with-your-boss?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=13762171&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=721287172&spReportId=NzIxMjg3MTcyS0.   Retrieved on February 18, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Bermodalkan keberanian dan semangat yang tinggi, dapat meyakinkan atasan kita agar mereka bisa memberikan kita tanggung jawab yang besar serta gaji yang sesuai dengan tugas yang memiliki tanggung jawab yang besar tersebut.

  2. Membangun hubungan dengan seseorang (networking) memang sangat penting maka dari itu kita harus menjaga hubungan dengan seseorang. Saat ini experience saja tidak cukup namun kita juga butuh network. Bernegoisasi sangat penting agar terjadi win win solution

  3. menurut saya, jika saya memiliki kemampuan serta experience yang bagus maka saya akan meminta gaji yang tinggi sesuai dengan apa yang sudah saya lakukan atau kerjakan untuk perusahaan tersebut, sehingga masing masing pihak merasa saling menguntungkan.

  4. LC21 Faktor yang paling berpengaruh dalam negosiasi adalah masing-masing pihak yang terlibat. Ini adalah kesepakatan dasar kita bahwa "semua orang menang", istilah ini menjadi dasar setiap negosiasi. Kunci untuk mengembangkan istilah supaya "semua orang menang" adalah dengan mempertimbangkan setiap aspek negosiasi dari sudut pandang pada pihak lain dan pihak negosiator. berikan kesan aktif dalam pekerjaan, supaya boss tidak berpikir panjang lagi dalam memberikan apapun yang anda inginkan. apapun yang anda lakukan untuk perusahaan akan setimpal dengan apa yang diberikan perusahaan. maka dari itu, berikan kesan performa anda yang terbaik.

  5. bernegosiasi adalah hal yang sangat penting dan bahkan bisa di bilang sudah seperti "lifestyle". contohnya seperti khasus di atas sangatlah sering terjadi di kalangan masa kini. saya sangat stuju dengan artikel tersebut karena bila kita ingin naik jabatan, kita harus mempertimbangkan hal" apa saja yang telah kita lakukan baru kita langsung beritau kepada atasan kita untuk naik jabatan.

  6. Dalam hal ingin "meminta lebih" ,tentu nya kita harus memiliki sesuatu yg lebih juga yg menguntungkan atasan kita . Kita tidak boleh hanya menuntut ,tetapi kita juga harus memberikan sesuatu yg lebih juga kepada atasan kita agar ia merasa apa yg kita minta sesuai dengan apa yg kita berikan .

  7. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Melakukan negosiasi untuk meminta sesuatu hal lebih kepada atasan menurut saya tidak salah dan sudah seharusnya, karena ini dapat membuktikan hasil kerja keras anda untuk perusahaan dan dapat menambah kredibiltas anda. Saat atasan merasa anda patut untuk diberikan hal lebih maka mereka pasti akan memberikan, jika belum saatnya lebih baik anda mengevaluasi diri anda dan menanyakan hal tersebut kepada atasan anda.

  8. Bernegosiasi penting untuk bisnis namun kita juga harus melihat kemampuan kita, apakah kita mampu dan berpotensi atau tidak. Setiap perusahaan memiliki penilaian kerja tersendiri dan dapat mengukur kemampuan setiap karyawannya, jika kita melakukan negosiasi dengan atasan ada 2 kemungkinan yaitu ditolak atau diterima. Maka kita harus melihat potensi dan prestasi kinerja kita sebelum bernegosiasi dengan atasan.

  9. dalam bernegosiasi, strategi yang digunakan sangat berbagai macam dan banyak. bernegosiasi dengan boss, ada baiknya menggunakan strategi Win Win. yaitu menguntungkan bagi kedua belah pihak, tidak merugikan satu sama lain. melihat masih berhubungan dengain baik dengan boss, juga menjaga koneksi atau jaringan yang baik dengan atasan

  10. Yakin pada diri sendiri dan berani mengungkapkan itu modal utama dalam menawarkan hal tersebut kepada atasan. Tunjukan juga kelebihan yang di punya dengan cara tersirat,dan bernegosiasi lah dengan baik dan tidak memperlihatkan bahwa anda memaksakan diri untuk itu. Tenang dan tajam akan membuat atasan berpikir untuk memberikan apa yang anda minta.

  11. Kita memiliki anugrah berupa suara yang bila digunakkan dengan tujuan dan maksud yang baik maka akan sangat membantu. Meyakinkan boss dengan alasan yang baik dan suara yang menghipnotis akan meluluhkan hati boss menyetujui apa yang kita inginkan.

  12. Apabila kita ingin bernegosiasi, kita harus siap terhadap kemungkinan buruk yang akan terjadi. Bukankah yang buruk ini menjadi pelajaran dan dapat memberikan kita evaluasi? Tolakan tersebut harusmya dapat dijadikan challenge bagi kita agar kita lebih giat,termotivasi. Mungkin saja negosiasi Anda masih ditolak karena ada beberapa pertimbangan yang belum bisa dipenuhi. Namun tidak ada salahnya jika Anda bernegosiasi untuk mendapatkan hak yang layak karena sudah memberikan performa yang baik pada perusahaan. Negosiasi yang baik berarti hubungan antar atasan&karyawan terjalin dengan baik.

  13. Negosiasi merupakan cara agar keduabelah pihak saling menguntungkan dan tidak ada yang terbebani, apabila ingin bernegosiasi dengan atasan kita tetaplah menggunakan etika yang baik dan benar.

  14. dalam pekerjaan pasti ada negosiasi, apabila kita melakukan negosiasi itu harus menguntungkan kita secara pribadi. dan apabila kita akan melakukan negosiasi dengan atasan tentunya kita harus tau apa yang akan kita katakan agar atasan kita tidak keberatan dengan apa yang kita katakan. dan bisa menguntungkan kedua bela pihak

  15. bernegoisasi dengan atasan untuk mendapatkan apa yang diinginkan diperlukan keberanian dan bisa mengambil resiko yang telah dilakukan

  16. Bernegosiasi adalah jalan yang paling baik dan akan menghasilkan sesuatu yang diinginkan bersama karena mempertemukan 2 keinginan yang berbeda. apabila sudah menemukan hasil yang baik / win-win solution berarti negosiasi tersebut sudah baik dijalankan

  17. cara itu sengat bagus, saya akan mencoba mempraktekannya apabila kelak saya sudah bekerja di sebuah perusahaan agar bisa melakukan negoisasi dengan atasan saya dengan baik,benar dan sopan

  18. untuk bernegosiasi kita harus mempunyai keberanian yang tinggi untuk meyakinkan atasan kita , tidak hanya bermodalkan keberanian tetapi kita juga harus mempunyai skill yang bisa di andalkan juga agar atasan kita dapat mempercayai tanggung jawab tersebut

  19. Menurut saya, kita juga harus memiliki keyakinan bahwa kita mampu melakukannya dengan sangat baik sehingga saat kita melakukan negosiasi win-win kita dapat mantap meyakinkan atasan kita.

  20. menurut saya jika memiliki bakat atau potensi yang dapat memajukan perusahaan, tidak ada salahnya bernegoisasi dengan boss, karena selain kita mendapat apa yang kita inginkan, jika hal itu berhasil akan dapat kesan positif di mata boss dan bakat kita di kenal oleh banyak orang, namun jika sudah yakin untuk bernegoisasi, kita harus bertannggung jawab dengan apa yang sudah kita tetapkan.

  21. bernegosisasi bersama atasan dalam hal tersebut memang sangat kritis. Namun kita harus bisa mengambil sikap tegas untuk menegosisasi apa pun dan jangan lupa jelaskan juga latar belakang kita meminta sesuatu. Jangan lupa berikan komitmen yang kuat terhadap performance . Harus berani mengambil tugas yang berat sekalipun

  22. Melakukan negoisasi kepada atasan sebetulnya bisa saja ,tetapi seharusnya melihat dari segi kemampuan atau penjualan kita,jika memang kemampuan kita melebihi dari batas perusahaan tidak ada salahnya meminta lebih

  23. menggunakan win-win solution adalah solusi terbaik menurut saya, karena jika anda menggunakan win-win solution maka kemungkinan penawaran anda akan dikabulkan sekitar 75% dan itu yang anda inginkan bukan? selain itu juga lawan bicara anda pasti mendapatkan keuntungan dari tawaran anda maka dia tidak perlu mengkhawatirkan keuntungan apa yang akan dia dapat. namun anda harus bertanggung jawab atas apa yang telah anda tawarkan atau penawaran apa yang telah anda berikan.

  24. menurut saya jika anda ingin bernegosiasi dengan atasan anda , pastikan Anda telah melakukan penelitian tentang orang-orang yang berada di posisi sama dengan Anda yang telah menerima sesuatu yang Anda ingin negosiasikan atau tentang bagaimana organisasi lain menggaji orang yang memiliki keahlian sama seperti Anda

  25. Untuk bisa bernegosiasi kepada atasan kita harus sharing. Sharing dalam artian kita bagaimana cara memajukan perusahaan memecahkan masalah, mengatasi kendala kantor, dll. Sehingga bos juga berpikir kita saling menguntungkan satu sama lain.

  26. Untuk bisa mendapatkan kenaikan dalam hal gaji ataupun jabatan selain meminta pertimbangan atasan anda pastinya harus menunjukan prestasi dan kemampuan agar seimbang antara hak dan kewajiban anda sendiri, keuntungan kedua belah pihak pastinya menjadikan tolak ukur pertimbangan manager untuk mengabulkan keinginan tersebut.

  27. Untuk mendapatkan apa yang diinginkan dalam suatu pekerjaan, diperlukan kerjasama dari karyawan itu sendiri dan atasan. Oleh karena itu, diperlukan peran keduanya untuk sama-sama mencari keuntungan yang dapat dilakukan melalui negosiasi. Negosiasi pun sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik dan tidak menggebu-gebu.

  28. kunci awalnya adalah membangun network dengan atasan anda karena apabila networking sydah terbangun maka anda sudah mudah berbica dengan atasan anda hanya dengan mengajak nya bertemu di coffee shop atau cafe

  29. Bernegosiasi memeng diperlukan untuk mencapai kesepakatan yang sama sama menguntungkan kedua belah pihak, hal ini penting dilakukan karena kita tidak bisa hanya diam dan mengikuti aturan atau perjanjian yang dibuat sepihak. Maka cara-cara negosiasi yang baik dan tepatlah menjadi rekomendasi untuk dilakukan.

  30. Melakukan negoisasi kepada atasan pasti pernah di rasakan oleh semua karyawan, tetapi kita harus melihat dari segi kemampuan kita untuk berbegosiasi dengan atasan, jika memang kemampuan kita sangat berguna di perusahaan itu kita bisa meminta lebih kepada perusahaan.

  31. win win solution bisa digunakan dalam bernegosiasi terhadap atasan kita..karena jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang lebih kita mesti kerja lebih giat lagi atau menghasilkan yang atasan kita inginkan

  32. Ada banyak cara agar kita mendapatkan keinginan kita sesuai dang di turuti oleh bos : -selalu ceritakan pekerjaan kepada atasan -lakukan sedikit penelitian -bersikap tenang -paparkan negosiasi

  33. Bernegosiasi memang adalah keahlian tidak semua orang dan pasti semua orang mengalaminya namun kita harus melihat batas mana perusahann maupun kita

  34. Menyampaikan harapan kita kedepannya kepada atasan merupakan hal yang diperlukan untuk membantu mencapai tujuan kita. Namun disamping itu, kita juga harus membuktikan kepada atasan, bahwa kita sudah layak mendapat apa yang diharapkan.

  35. Kawai satria 2001591060 Bernegosiasi dengan boss merupakan suatu hal yg biasa dan harus dilakukan oleh karyawan ,negosiasi pun dapat menciptakan keselarasan visi misi boss dan karyawannya sehingga dapat menuju kepada goal lebih efektif dan effisien. Untuk dapat bernegosiasi kita wajib memiliki kemampuan atau data keberhasilan yg elah kita lakukan sehingga negosiasi berhalan lancar dengan menggunakan situasi win-win situation

  36. Dalam dunia pekerjaan memang diharapkan kita merasa nyaman dengan pekerjaan atau posisi yang telah kita dapatkan dengan begiti kinerja kita akan semakin baik. Apabila mulai muncul ketidaknyamanan alangkah baiknya anda membicarakannya dengan atasan secara terbuka, jelas, dan dengan bukti yang konkrit. Dengan begitu atasan akan mengerti posisi yang sedang anda jalani sekarang. Diharapkan dengan posisi yang lebih baik anda dapat meningkatkan kinerja kepada perusahaan dan dapat memuaskan atasan.

  37. Ini sah sah saja dilakukan demi menambah kualitas diri kita. Terus menggali potensi pada diri sendiri supaya tidak terhenti disitu saja. Meminta bantuan kepada atasan atau lingkungan merupakan hal yang baik dilakukan. Negosiasi dan pendekatan adalah cara terbaik untuk mewujudkan tahap pertama dalam memberanikan diri keluar dari zona nyaman sebelumnya

  38. Sedikit memberi tekanan agar apa yg kita harapkan bisa tercapai menurut saya sah2 saja. Selagi kita merasa sudah pantas dan siap

  39. Kita harus menyesuaikan diri kita agar bisa nyaman dengan lingkungan dan pekerjaan kita agar kinerja kita dapat optimal dan bekerja dengan penuh hati serta semangat yang tinggi.

  40. Negosisasi merupakan hal yang baik dilakukan untuk meminta kenaikkan gaji, tetapi kita sebagai karyawan harus memikirkan hal tersebut, apabila kita tidak memiliki kinerja yang baik dan tidak menguntungkan perusahaan sebaiknya kita memikirkan lagi hal tersebut. Akan tetapi apabila kita memiliki kinerja yang sangat baik dan mencapai target yang diberikan perusahaan kita bisa meminta kenaikkan gaji tersebut dengan baik baik.

  41. Bernegosiasi tidak hanya dapat dilakukan dengan bos tetapi juga dapat dilakukan dengan sesama anggota tim maupun partner bisnis. Dalam melakukan negosiasi tersebut kunci utamanya adalah kedua belah pihak sama-sama diuntungkan sehingga negosiasi tsb dapat berjalan dengan baik

  42. Negosiasi adalah kemampuan komunikasi untuk mengajak orang yang tidak sependapat dengan kita sehingga mencapai kesepakatan bersama. Kemampuan Negosiasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dikuasai di dunia kantor. Begitu pula kalau kita ingin naik jabatan atau gaji dan sebagainya kita harus menunjukan kalau kita mampu dan memang seharusnya kita mendapatkan itu . tujunkan kinerja dan skill kita kepada bos

  43. Melakukan negosiasi dengan atasan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan menurut saya itu adalah hal yang baik karena tujuan kita mungkin akan tercapai dengan melakukan negosiasi dengan atasan dan juga kita jadi mengetahui visi dan misi masing - masing antara karyawan dengan atasannya.

  44. Dalam hal ingin “meminta lebih” ,tentu nya kita harus memiliki sesuatu yg lebih juga yg menguntungkan atasan kita . Kunci utamanya adalah kedua belah pihak sama-sama diuntungkan sehingga negosiasi tsb dapat berjalan dengan baik.

  45. Bernegosiasi merupakan salah satu hal penting yang wajib kita kuasai dalam bisnis. Namun, jika ingin bernegosiasi dengan atasan kita, hal pertama yang dilakukan adalah bercermin pada diri sendir. "apakah kita mampu dan berpotensi atau tidak". Setiap perusahaan pastinya memiliki penilaian kinerja yang berbeda satu sama lainnya, dan jika kita melakukan negosiasi dengan atasan tentu hanya ada 2 kemungkinan yaitu ditolak atau diterima. Maka, untuk memastikan negosisasi kita diterima, pertama kita harus yakin kalau kita memang pantas dan memiliki prestasi kerja yang tidak dapat ditolak sebelum bernegosiasi dengan atasan.

  46. Negosiasi merupakan suatu keahlian yang tidak dapat di bangun dengan jangka waktu yang sebentar. Karena nya harus dilatih melalui praktik dan belajar. belajar memahami dari sudut pandang lain, kemudian pintar melihat peluang yang ada dalam suatu bisnis merupakan faktor penting dalam negosiasi. Hal ini dapat kira pelajari dan harus kita pelajari apabila ingin membangun suatu bisnis yg sukses maupun organisasi yang kemudian akan kita pimpin sesuai dengan kehendak kita.

  47. Bernegosiasi sangat diperlukan untuk mencapai kesepakatan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat. Hal ini penting dilakukan, karena dalam situasi kebanyakan kita tidak bisa hanya mematuhi ketentuan atau perjanjian yang dibuat secara sepihak, begitupula dalam menghadapi atasan. Sebagai individu, menguasai cara negosiasi yang efektif menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

  48. Bernegoisasi tentunya umum dilakukan apabila kita ingin mencapai sesuau. Begitupun dengan pekerjaan, bernegoisasi dengan atasan bukan merupakan sesuatu yang salah. Negoisasi dengan atasan perlu dilakukan dengan modal yang pantas dan juga keberanian serta percaya diri yang tinggi. Perlu diingat melakukan negoisasi dengan atasan pun harus dengan cara yang baik agar tetap menjaga kesan professionalitas dan memberikan kesan bahwa anda memang pantas untuk hal yang anda negoisasikan.

  49. Kemampuan bernegosiasi sangatlah dibutuhkan dalam dunia pekerjaan nanti. Seperti yang telah dituliskan pada artikel diatas, ketika hendak bernegosiasi sebaiknya kita juga tetap bersikap profesional ketika. Dengan penggunaan kata "bagaimana jika" juga akan menjadi lebih baik karena kita menawarkan solusi yang lebih baik ketika bernegosiasi

  50. Tentu setiap negosiasi pasti semua pihak ingin mencapai win-win solution. Negosiasi dengan atasan juga harus didasari dengan dasar dan tujuan yang jelas sehingga atasan dapat mempertimbangkan lebih dalam untuk tercapainya win-win solution

  51. Memang sudah menjadi hal yang wajar bagi seseorang untuk menginginkan sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Contohnya seperti mencari ketika Anda menginginkan kenaikan gaji, status yang lebih tinggi, dsb. Anda mungkin tidak akan mendapatkannya jika Anda tidak mengkomunikasikan keinginan Anda pada atasan Anda. Oleh karena itu, buatlah permintaan Anda yang dapat menghasilkan win-win situation; dimana kedua belah pihak saling menguntungkan dan dapat mewujudkan mesuksesan bersama. Tetapi harus diingat bahwa Anda tidak dapat terlalu menghendakkan keinginan Anda karena bisa saja yang terjadi adalah keinginan Anda tidak terwujud (gagal bernegosiasi) dan hubungan Anda dengan atasan menjadi kurang baik.

  52. Setiap orang memiliki rasa ketidakpuasan dalam berbagai hal dalam hidupnya. Berdasarkan konteks diatas, saat kita meminta dan bernegosiasi pada atasan kita perlu melihat diri kita, pantas atau tidak kita meminta sesuai yang ingin kita sampaikan kepada atasan kita, jangan sampai kita memaksakan kehendak kita dan membuat hubungan dengan atasan kita tidak baik pada akhirnya. dan sebagai karyawn kita perlu menanamkan diri mengenai etika dalam berkerja. ketika hal tersebut memang pantas unutk kita minta dan terima, tidak salahnya untuk mencoba bernegosiasi dengan atasan kita.

  53. Menurut saya jika anda ingin bernegosiasi dengan atasan anda , pastikan Anda telah melakukan penelitian tentang orang-orang yang berada di posisi sama dengan Anda yang telah menerima sesuatu yang Anda ingin negosiasikan atau tentang bagaimana organisasi lain menggaji orang yang memiliki keahlian sama seperti Anda

  54. Memang salah satu cara untuk meningkatkan karir adalah dengan pendekatan kepada boss sendiri, akan tetapi pendekatan itu harus diiringi dengan prestasi atau kinerja yang baik. Mengapa? karena ditakutkan terjadi konflik antara karyawan dan menghindari "anak emasnya boss".

  55. Jika kita ingin menginginkan seseuatu dalam pekerjaan seperti ingin kenaikan gaji atau yang lainya kita memang perlu negosisasi dengan orang yang dapat memberikan apa yang kita inginkan.seperti kita ingin kenaikan gaji atau bonus maka kita perlu dengan bernegosiasi dengan bos kita dalam negosiasi harus bersifat adil dan di akhiri dengan persetujuan dengan kedua belah pihak