Bangun Dewan Direksi Pribadi Anda Sendiri

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Jika Anda ingin naik melalui jajaran organisasi Anda, namun tidak yakin bagaimana, pertimbangkan untuk membuat dewan direksi pribadi. Kelompok informal ini terdiri dari enam sampai delapan orang yang dapat membantu pengembangan profesional Anda. Ada tiga jenis orang yang harus Anda sertakan. Pertama, Anda membutuhkan penggemar – orang-orang yang mendukung Anda dan akan memberikan umpan balik yang sulit dengan kebaikan dan niat baik. Kedua, merekrut calon sponsor – pemimpin senior yang dapat mengadvokasi Anda saat saatnya untuk melakukan promosi. Ketiga, sertakan setidaknya satu kritikus. Orang-orang ini mungkin yang paling sulit untuk didekati, tapi bisa menjadi yang paling berharga. Carilah orang-orang yang memiliki persepsi mendalam tentang Anda dan cenderung menghalangi Anda untuk maju. Jika Anda meminta bantuan mereka, Anda mungkin bisa mengubah hubungan menjadi positif dan menggunakan kritik mereka untuk tumbuh.


 
Diadaptasi dari
“To Get Promoted, Get Feedback from Your Critics,” by Sabina Nawaz

 

Sumber: Nawaz, S. (2016). To Get Promoted, Get Feedback from Your Critics. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/to-get-promoted-get-feedback-from-your-critics?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16615488&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=961765052&spReportId=OTYxNzY1MDUyS0.  Retrieved on February 22, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. Cara tersebut merupakan hal yang bagus untuk diterapkan ketika ingin Membangun dewan direksi pribadi, akan tetapi tetap harus menjaga aksesibilitas personal dan tetap tenang ketika permasalahan mulai muncul.

  2. Setiap orang pasti ingin naik jabatan namun hal tsb pasti sulit dilakukan krn banyaknya kompetitor. Hal yg mungkin bisa membantu adalah dgn cara kita membuat dewan direksi sendiri dgn langkah kurang lebih sbb: 1. Butuh dukungan dari orang sekitar untuk dijadikan feedback 2. Mencari pemimpin senior untuk dijadikan sbg promotor 3. Mencari kritikus untuk menilai performa kita agar tahu letak kekurangan kita

  3. siapa yang tidak ingin naik jabatan ? setiap orang yang bekerja pasti ingin naik jabatan. tetapi, sebelum atasan memtuskan siapa yang pantas untuk dinaikan jabatannya, karyawan atau bawahan sepatutnya meningkatkan kualitas mereka dalam bekeja bagaimana performance dia selama ini jika bagus maka ia akan mendapatkan reward itu. dan juga langkah yang sudah ada diatas dapat juga memudahkan kita dalam pengembangan profesionalisme anda.

  4. LC21 penilaian terhadap diri sendiri terasa akan tidak lengkap jika tidak dibantu dengan orang lain yang bisa mendorong kita menjadi lebih baik. berdiskusi lah dengan orang-orang yang sudah dekat dan mengenal kita lama. bukan hanya dengan mereka, berkomunikasilah dengan orang yang handal dan sudah berpengalaman supaya kita dapat memperluas ilmu kita dalam membentuk tim. dewan direksi pribadi akan sangat membantu kita dalam bisnis dan akan menghasilkan suatu yang baik juga untuk perusahaan

  5. menurut saya hal yang paling terpenting bila ingin maju adalah kita harus mencari orang" yang tidak suka pada kita dan ingin menjatuhkan kita. karena hal tersebut tidak akan menjatuhkan kita, melainkan membuat kita bangkit untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

  6. Dalam berkembang ,tentu kita membutuhkan kritik dan dukungan dari orang lain . Jika tidak ada yg mengkritik atau mendukung kita ,kita akan menjadi orang yg lambat berkembang karena kita merasa apa yg kita lakukan sudah benar dan tidak perlu ditingkatkan lagi . Dengan adanya kritikan ,kita akan terpicu untuk membetulkan atau meningkatkan apa yg sudah kita punya .

  7. Cara tersebut merupakan langkah yang benar. Karena dengan begitu kita dapat memperbaiki serta mempertahakan sesuatu yang telah kita lakukan baik dan buruk. Karena sebagaimana hebatnya kita tentu kita belum sempurna.

  8. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Dalam berkembang menuju menjadi lebih baik maka diperlukan orang-orang yang mampu memberikan kritikan kepada anda, tidak hanya sembarang kritik tapi turut membangun. Karena menurut saya saat anda bertanya tentang ide anda kepada orang yang menghalangi perkembangan anda itu sama saja membuang waktu karna dia tidak akan pernah mendukung anda atau bahkan bisa saja malah mencuri ide anda.

  9. organisasi merupakan jaringan yang sangat luas, diisi dengan berbagai macam orang dan banyak divisi. namun, jika membuat direksi sendiri, bukanlah hal yang buruk. direksi sendiri juga mempunyai hal positif atau keuntungan tersendiri. sudah lebih dekat dengan anggota direksi, mengenal satu sama lain dalam satu direksi. dan dapat menjaga hubungan dalam direksi yang mana memiliki kapasitas yang terbatas dan sedikit

  10. Sebelum kita ingin mengajukan untuk naik jabatan kita harus mengetahui potensi kita. Membangun dewan direksi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan potensi kerja kita. Terutama adanya kritikus seperti yang dikatakan dalam artikel, adanya kritikus berperan penting. Kita jadi mengetahui sudut pandang dari orang lain dan mendapat berbagai masukan yang dapat membangun diri sendiri.

  11. Cara itu benar,karna meyakinkan orang dan menunjukannya orang-orang tersebut percaya pada kita. Dan menambah nilai tersendiri untuk kita,dengan adanya hal seperti itu dapat membentuk kita jadi lebih berkembang dan evaluasi diri.

  12. bila kita ingin menaikan jabatan namun ada yang mengkritik tentang kinerja atau yang lain jangan terpaku pada kritikannya. dan mengambil sisi positifnya untuk meningkatkan kinerja kita yang lebih baik

  13. Didalam setiap kemajuan atau perkembangan didalam diri seseorang tidak terlepas dari bantuan orang lain maupun usaha dari dalam diri sendiri. Bantuan yg kita terima dari orang lain terkadang dapat membantu pertumbuhan kita sendiri ataupun sebaliknyaa justru hanya menjatuhkan. Oleh sebab itu kita perlu tau bagaimana setiap kontribusi orang lain dalam diri kita, dan bagaimana memperkuat diri sendiri untuk mengatur kemajuan pribadi.

  14. Penilaian dari diri sendiri dirasa kurang tepat. Oleh sebab itu kita membutuhkan penilaian (kritik&feedback) dari orang lain . Penilaian yang diberikan pastinya ada yang positif dan negatif. Yang negatif jangan sampai kita membuat kita berkecil hati tapi jadikanlah hal tersebut menjadi bahan pembelajaran bagi kita pribadi (saran yang membangun)

  15. terkadang kita perlu bantuan orang lain untuk menilai diri kita, karena orang lain pasti memiliki persepsi yang lain terhadap diri kita. Berdiskusi dengan orang yang sudah lama kenal dengan kita untuk membantu mengembangkan diri kita.

  16. apabila kita akan membangun dewan direksi pribadi itu sangan baik tetapi kita juga harus memikirkan cara-cara mengatasi apabila ada maslah yang akan terjadi

  17. manusia tidak sempurna dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. di sisi ini, kita membutuhkan orang lain untuk membantu perkembangan diri kita baik positif maupun negatif. seseorang akan membantu kita dari pemikiran kritis hingga mendukung kita dalam melakukan sesuatu hal hingga kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan bepikiran lebih terbuka

  18. saya setuju dengan cara tersebut karna dengan cara tersebut dapat memabntu meningkatkan profesional kita dan kita harus menggali informasi-informasi penting dari orang lain yg mungkin itu dapat berguna bagi kita

  19. Setiap seseorang dalam sebuah organisasi pasti berharap dan mau akan naik jabatan . Dengan cara pengembangan diri seperti artikel diatas itu sudah sangat banguus saya setuju sekali. Karena jika seseorang ingin maju , evaluasi diri sangatlah penting. Kita harus menerima hal apapun yang dikritik oleh orang lain karena dengan demikian kita bosa intropeksi diri ...

  20. hal diatas merupakan tindakan yang bagus untuk dilakukan , dapat dukungan dari keluarga juga sangat penting . kita tidak boleh hanya terpaku dengan dukungan dari luar tetapi kita juga harus mengenal diri sendiri dan memperkuat diri sendiri agar terjadinya kemajuan .

  21. saya setuju, membangun dewan direksi untuk diri sendiri membuat kita dapat mengembangkan diri sendiri menjadi lebih baik lagi, menampung masukan, kritikan dan pendapat dari orang yang dekat dengan kita, lalu jadikan motivasi untuk mengevaluasi diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  22. Saya setuju dengan hal diatas. Namun tetap melihat standar yang ada dan melakukannya dengan sehat dan jujur.

  23. sebetulnya dengan kita bekerja profesional dan jujur tentu kita bisa membangun direksi sendiri

  24. menurut saya, tiga jenis orang menurut artikel diatas harus mempunyai benang merah diantara ketikanya bahkan dengan diri anda karena benang merah tersebut akan menjadi sebuah pertahanan yang kuat dan menjaga kestabilitasan dalam direksi milik anda.

  25. saya setuju dengan artikel diatas, karna jika kita ingin berkembang kita harus mendengarkan kritik dan saran yang sudah diberikan oleh orang lain. jika ada kritik dan saran yang menjatuhkan anda sebaiknya ambil positifnya saja.

  26. Menurut saya tengan dibangunnya direksi yang berisikan orang-orang yang terpilih dan memiliki persamaan mungkin visi dan misi dan terhindar dari konflik, akan lebih efisien dan dapat mencapai tujuan bersama dengan mudah. Maka berdasarkan slide diatas tidak ada salahnya cara tersebut diaplikasian dalam lingkungan karyawan.

  27. Dengan adanya dewan direksi yang terdiri dari; pendukung, sponsor, dan kritikus yang memiliki satu pemikiran, maka pekerjaan pun akan berjalan secara efisien sehingga tujuan perusahaan cepat tercapai.

  28. saya setuju dengan pernyataan artikel tersebut memang orang2 seperti itu yang dibutuhkan untuk membangun dewan direksi karena kita tdk bisa melalukan nya sendiri secara sempurna

  29. organisasi adalah sebuah jaringan yang luas, terdiri dari macam-macam orang dan divisi. Jika kita profesional kita bisa membuat direksi sendiri.

  30. mengatur organisasi harus tepat,dan dalam merekrut seseorang harus kita lihat latar pendidikan dan kehidupannya

  31. Dengan cara diatas sangat membantu agar kita dapat dipercayai dan dapat mengenal berbagai profesi diluar

  32. Sangat efisiien karena kita bukan kerja sendiri tapi harus ada banyak orang orang besar menilai kinerja kerja.

  33. Ini adalah informasi tambahan untuk saya. Membangin direksi tersendiri ternyata diperlukan. Ini terdengar positif bagi saya. Jadi, saya setuju dengan pernyataan pada artikel diatas. Karena memberikan dampak yang positif terhadap diri sendiri dan lingkungan.

  34. Hal tersebut dapat menjadi pembelajaran tambahan bagi yang ingin memiliki kenaikan terutama dalam jabatan. Namun, dengan kenaikan jabatan tersebut bukan menjadikan diri kita sebagai orang yang ingin memiliki kuasa, tapi menjadi seseorang pemimpin yang dapat memberi inspirasi.

  35. Artikel diatas sangat relevan dgn kejadian sehari2 dan menjadi wawasan baru utk saya dan teman2

  36. Dengan membuktikan dan menunjukkan kualitas diri kita yang baik dengan tidak sombong, maka kita dapat menjadi sumber panutan dan inspirasi yang dapat memotivasi orang untuk menjadi sukses seperti kita.

  37. Dalam membangun dewan direksi, perlulah kita mencermati orang-orang yang tepat dan pas untuk kita jadikan anggota. Namun tidak perlu berpusing untuk terlalu memikirkan dewan direksi yang begitu rumit, buat lah kelompok kecil berjumlahkan tak lebih dari 10 orang lalu sesuaikan dengan keahlian mereka masing-masing.

  38. Membuat dewan direksi atau membangun dewan direksi bagi diri sendiri adalah hal yang penting hal ini dikarenakan dapat mengatur sekaligus membantu kita untu naik ke tingkat selanjutnya. Tanpa adanya dewan direksi pastinya kita akan kerumitan dalam mencapai target dan tujuan yang akan dicapai. Pemilihan orang yang tepat dalam membantu kita adalah hal yg terpenting juga , tanpa adanya orang yang tepat tentunya kita akan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan yang berat.

  39. Langkah-langkah seperti artiket diatas bagus, tetapi menurut saya tetap saja ketika kita ingin naik jabatan haruslah menunjukan jika memang kita layak untuk naik jabatan tersebut. Tunjukan kalau memang kita mampu dan bisa.

  40. Salah satu cara untuk maju adalah menerima dan menelaah semua kritik yang dikatakan orang lain kepada kita, karena jika kita menanggapinya sebagai hal yang negatif maka hanya akan membuat kita tidak percaya dengan diri kita sendiri kemudian menurunkan kinerja kita dalam bekerja.

  41. Setiap makhluk hidup selalu membutuhkan bantuan orang lain. di sisi ini, kita membutuhkan orang lain untuk membantu perkembangan diri kita baik positif maupun negatif. seseorang akan membantu kita dari pemikiran kritis hingga mendukung kita dalam melakukan sesuatu hal hingga kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan bepikiran lebih terbuka.

  42. Saya setuju dengan artikel diatas, karena dengan cara tersebut secara tidak langsung kita akan membangun relasi yang lebih kuat dengan orang-orang yang kita tunjuk. Selain itu, peluang kesuksesan yang terjadi akan lebih tinggi, karena kita sudah mengenal sifat dari orang yang kita tunjuk, sedangkan jika kita bingung dalam mencari kekurangan dari orang yang kita tunjuk, peran kritikus sangat penting disini.

  43. Ketergantungan terhadap individu lain tentu merupakan hal yang tak terlepas dari diri kita. Sehingga apabila kita menunjuk seseorang yang sudah kita ketahui asal usul nya secara mendalam tentu dalam bisnis itu merupakan hal yang baik untuk kemudian dijadikan suatu rekan atau pun peluang relasi baru untuk menjalankan suatu bisnis yang ada.

  44. Saya setuju dengan artikel di atas. Melalui dibangunnya direksi, kita membina hubungan dengan orang-orang yang terpilih dan memiliki kesamaan visi dan misi sehingga meminimalisir timbulnya konflik. Proses kerja secara keseluruhan pun akan akan lebih efisien.

  45. Cara yang disebutkan penulis dalam artikel di atas merupakan cara yang baik untuk mencapai sebuah promosi dan tentunya meningkatkan kualitas diri sendiri. Selalu mendengarkan kritik dan saran dari orang lain tentunya dapat membantu untuk melihat secara objektif kepada diri sendiri, Namun, mendengarkan pujian dan dorongan dari orang lain juga diperlukan untuk memberikan semangat untuk terus berusaha mencapai tujuan dan menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

  46. Saya setuju bahwa dengan cara-cara yang telah disebutkan pada artikel di atas maka seseorang dapat meningkatkan kualitas diri dan mempromosikan dirinya menjadi orang yang lebih baik lagi. Karena terkadang apa yang kita lihat mengenai diri kita bisa berbeda menurut sudut pandang orang lain. Maka dari itu dibutuhkan ketiga jenis orang yang telah disebutkan pada artikel diatas untuk meningkatkan kualitas diri seseorang.

  47. Dengan terbukanya kita terhadap masukkan dari orang lain seperti yang disebutkan oleh artikel, dapat membantu kita dalam meningkatkan kinerja dan motivasi kita. Salah satu cara yang baik untuk peningkatan dalam karir

  48. Sangat setuju dengan artikel ini, dimana didalam hidup sangat di perlukan 3 jenis orang tersebut, orang mendukung, memberikan kritik, dan memberikan saran. Sehingga kita dapat membangun diri kita untuk terus meningkat dalam hidup karir pekerjaan kita.

  49. Menurut saya cara tersebut benar akan tetapi harus dilakukan dengan cara yang sehat dan jujur agar tidak terjadi masalah

  50. Jika kita ingin menaikan jabatan namun ada yang mengkritik tentang kinerja atau yang lain jangan terpaku pada kritikannya. dan mengambil sisi positifnya untuk meningkatkan kinerja kita yang lebih baik

  51. Cara-cara yang telah disebutkan di artikel tersebut sangatlah berguna untuk mempersiapkan karir dimasa depan.

  52. Saya setuju dengan artikel tersebut terutama pada jenis ketiga karena pada jenis ketiga kitak dapat mengembangkan diri kita dari orang yang sulit kita dekati dan menggunakan kritik orang tesebut sebagai feedback untuk memperbaiki dan mengebangkan diri kita

  53. ddewan direksi merupakan pilar dalam memajukan perusahaan anda, tanpa adanya anggota dewan direksi yang baik maka visi dan misi perusahaan sangat sulit untuk dicapai sehingga dalam merekrut dewan direksi perlu memperhatikan karakter calon anggota dewan direksi, jika calon anggota memiliki karakter yang baik maka kepercayaan dapat dengan mudah dibangun dalam pekerjaan. selain itu penting untuk memeprhatikan kompetensi yang dimiliki oleh calon anggota dewan direksi,karena skill dan ability yang dimiliki oleh anggota dewan direksi sangat menentukan keberhasilan perusahaan