The 4 Disciplines of Execution, Part V – Discipline 4: Create a Cadence of Accountability

Disiplin 4: Menciptakan Irama Akuntabilitas

Disiplin ke-4 ini adalah tempat dimana eksekusi benar-benar terjadi. Tiga disiplin pertama merupakan persiapan permainan, tapi sebelum menerapkan disiplin ke-4, permainan belumlah dimulai. Ini didsasarkan pada prinsip akuntabilitas: selama kita tidak saling bertanggung jawab, pencapaian sasaran akan kalah di tengah whirlwind.
Irama akuntabilitas adalah irama pertemuan rutin ayang dilakukan tim mana pun yang memiliki WIG. Pertemuan ini dilakukan sekurangnya sekali seminggu dan idealnya berlangsung tidak lebih dari 20 hingga 30 menit. Dalam waktu singkat ini, para anggota tim saling melaporkan hasil yang diperoleh, meskipun adanya whirlwind.

Selain irama yang berulang, hal penting dalam disiplin 4 ini adalah anggota tim menciptakan komitmen mereka sendiri. Anggota tim akan selalu mempunyai komitmen lebih besar terhadap gagasan mereka sendiri daripada perintah atasan. Yang lebih penting, dengan berkomitmen pada rekan-rekan satu tim dan bukan semata pada atasan, akan menggeser penekanan dari semata tanggung jawab professional menjadi komitmen pribadi. Sederhananya, komitmennya bergeser dari pekerjaan menjadi janji pada tim.

Karena tim meneguhkan komitmen mereka setiap minggu, perencanaan eksekusi ini bersifat just-in-time yang memungkinkan tim untuk beradaptasi dengan tantangan dan peluang yang tak bisa diprediksi di perencanaan strategis tahunan. Dengan cara ini, rencana strategis tersebut beradaptasi secepat perubahan bisnisnya. Hasilnya? Tim mengarahkan energy besar pada wildy important goal tanpa terhalang whirlwind di sekitar mereka.

Sumber:
McChesney, Chris., Covey, Sean.Huling, Jim. (2012) The 4 disciplines of execution :achieving your wildly important goals