Online banking

oleh: Angtyasti Jiwasiddi SE., S.Kom, MSM

Electronic (online) banking (e-banking) atau dikenal juga sebagai cyberbanking , virtual banking atau home banking merupakan rangkaian kegiatan perbankan yang dilaksanakan melalui internet, baik banking yang dilaksanakan dari rumah, bisnis, dalam perjalanan dan bukan dalam bentuk lokasi fisik bank lagi. Membayar tagihan secara online sekarang sudah merupakan kegiatan umum di Amerika.

E-banking menghemat waktu dan uang bagi user, bagi Bank e-banking menawarkan alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pembukaan cabang bank sekaligus menjangkau konsumen di area yag lebih terpencil. Banyak bank konvensiaonal menggunaan jasa home banking dan beberapa menggunakan e-commerce sebagai strategi kompetitif, di US misalnya adalah Wells Fargo, JP Morgan Chase, HSBC UK / Hongkong dll.

Suatu inovasi yang baru muncul dalam online banking adalah peer-to-peer (P2P) online lending contohnya adalah Zopa di UK dan Prosper di US, yang menawarkan online lending, bahkan dengan adanya krisis kredit global di 2008 – 2010 , Zopa dan Prosper menikmati pertumbuhan yang kuat.

Online Banking secara umum bukan hanya dimanfaatkan oleh negara maju, melainkan juga oleh negara berkembang, utamanya untuk menjangkau kelas menengah dan golongan yang sulit terjangkau

 

Reference:

Turban et al (2012), electronic commerce; a managerial and social networks perspective, Pearson

Angtyasti Jiwasiddi