Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja

Menurut Davis dan Newstrom (1994) dalam Sinambela (2016; 302) kepuasan kerja karyawan adalah seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan atau tidaknya pekerjaan mereka. Oleh karena itu kepuasan kerja disuatu perusahaan sangatlah penting, sebab pada dasarnya kepuasan kerja karyawan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda karena suatu kepuasan bersifat individu dan sesuai dengan karakteristik yang berlaku pada dirinya, Ketika karyawan merasa puas dan nyaman dengan iklim atau keadaan pekerjaan mereka, karyawan akan memberikan effort kerja yang lebih pada pekerjaannya yang akhirnya dapat mendatangkan peluang pada keberhasilan perusahaan, dengan demikian produktivitas dan hasil kerja karyawan akan meningkat secara optimal sehingga ada peluang untuk suatu keberhasilan perusahaan. Dan ketika karyawan tidak puas dengan pekerjaan mereka, maka dapat menyebabkan beberapa hal yang dapat merugikan perusahaan tersebut, seperti meningkatnya tingkat turnover yang menurut Sinambela (2016; 212) turnover didefinisikan sebagai keinginan karyawan untuk berhenti dari suatu organisasi dengan berbagai alasan yang dikemukakannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah:

Gaya Kepemimpinan Transformasional

Menurut Choi Sang, et al. (2014) dalam jurnal The Impact of Transformational Leadership Style on Job Satisfaction, menyatakan bahwa Gaya Kepemimpinan Transformasional memiliki pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel Kepuasan Kerja.

Kompensasi

Menurut Tahira Nazir, et al. (2014) dalam jurnal Impact of Rewards and Compensation on Job Satisfaction: Public and Private Universities of UK, menyatakan bahwa Kompensasi memiliki pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel Kepuasan Kerja.

Lingkungan Kerja

Menurut Ganesh Salunke (2015) dalam jurnal Work Environment and its Effects On Job Satisfaction in Coperative Sugar Factories in Maharashtra India, menyatakan bahwa Lingkungan Kerja memiliki pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel Kepuasan Kerja.

 

  1. artikelnya bagus..singkat padat..OK