Segmentasi Konsumen E-Commerce Indonesia

Oleh: Pinkan Olivia (Student of Global Business Marketing)

Perilaku impulsif konsumen di Indonesia merupakan salah satu faktor yang menarik hati para perusahaan e-commerce di Indonesia. Maka dengan melakukan penelitian untuk melihat apakah terdapat perilaku yang berbeda secara impulsif di konsumen e-commerce Indonesia.

Tujuan pertama yaitu pemetaan segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen dan segmentasi pasar berdasarkan demografi menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis data kuantitatif dan teknik simple random sampling, tujuan kedua dalam penelitian ini agar mengetahui pengaruh klaim popularitas terhadap keputusan pembelian impulsif pada masing-masing hasil pemetaan segmentasi tersebut.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah klaim popularitas dan variabel terikat pada penelitian ini adalah online impulsive buying decision. Dengan menyebarkan kuesioner kepada 300 responden menanyakan mengenai demografi dari segi jenis kelamin, umur, pekerjaan, domisili, pendapatan. Juga diteliti mengenai pengaruh klaim popularitasnya terhadap keputusan pembelian impulsif dari masing-masing responden.

Analisis segmentasi pengguna e-commerce di Indonesia menggunakan analisis cluster serta deskriptif statistik dan untuk tujuan kedua penulis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari analisis yang dilakukan terdapat 4 segmentasi yaitu smart shopper, impulse shopper, comfortable shopper, aesthetic shopper. Di mana keempat masing-masing segmentasi ini memiliki perilaku yang berbeda namun hanya impulse shopper yang memiliki perilaku impulsif

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian