New Way of Customer Buying Behavior

Oleh: Pinkan Olivia (Student of Global Business Marketing)

Persaingan harga yang tak berkesudahan di antara perusahaan e-commerce Indonesia tidak menghasilkan sesuatu yang baik dan malah membahayakan masing-masing pemainnya. Pertanyaan sederhana, bagaimana para pemain e-commerce dapat memenangkan hati konsumen Indonesia tanpa membahayakan, dan membakar uang perusahaan?

Menurut Chan, Cheung, & Lee (2017) “Shopping online frees consumers from the constraints that they might experience in physical stores, which in turn increases the likelihood of impulse buying.”. Maka dengan maraknya aktivitas e-commerce, pembelian impulsif secara daring akan semakin lazim di kalangan konsumen.

Dan fakta mengatakan bahwa sekitar 70% pembeli mengatakan mereka pernah membuat keputusan pembelian secara impulsif dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, di mana 54% konsumen mengeluarkan sebesar $100 dalam pembelian secara impuls, 20% lainnya mengeluarkan lebih dari $1000. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi perusahaan dalam memberikan pemicu konsumen Indonesia dalam berbelanja.

Lalu apa yang harus dilakukan perusahaan untuk dapat membuat konsumen berperilaku belanja secara impulsif?

Berawal dari teori herding behavior, sebagai individu karakteristik terpenting dalam diri manusia adalah berkelompok, mengutip Earls (2003) The most important characteristic of mankind is that of a herd animal, not a lone individual. We are who we are and do what we do as a herd, not as individuals.” (Earls, 2003). Hal inilah yang membentuk klaim popularitas, dimana perilaku kelompok individu yang memberikan perhatian lebih terhadap suatu produk, yang mengindikasikan tingkat permintaan konsumen yang tinggi akan produk tersebut. Seperti contohnya :

  1. “8 dari 10 orang sudah puas dengan produk ini.”
  2. “Produk ini sedang dilihat 10 orang lainnya.”
  3. “300 orang sudah membeli produk ini.”

Dan kesempatan inilah yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menarik perilaku belanja konsumen tanpa biaya pemasaran seperti iklan, billboard, dll.

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian