Jenis Konsumen Impulsif

Oleh: Sara Tanya Mirah (Student of Global Business Marketing)

Konsumen yang membeli barang secara impulsif dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok dan akan dijelaskan lebih rinci pada artikel kali ini.

Banyak yang beranggapan bahwa kebanyakan konsumen dari segmentasi manapun akan melakukan pembelian secara impulsif, terutama wanita. Nyatanya, tidak semua konsumen wanita itu impulsif. Dan ada berbagai macam jenis konsumen dalam melakukan pembelian secara impulsif. Berikut jenisnya.

  1. Spontaneous

Pembeli di kategori ini sering kali melakukan pembelian secara spontan tanpa memikirkan pembelian yang akan dilakukannya.

  1. Inconsiderate

just do it” sangat mendeskripsikan diri konsumen saat melakukan pembelian.

  1. Irrational

Konsumen sering kali membeli tanpa berpikir.

  1. Reative

Konsumen membeli suatu produk yang dilihatnya, atau seperti “I see it, I buy it”

  1. Disregard of The Future

Buy now, think about it later” sangat mendeskripsikan konsumen ini.

  1. Extemporaneous

Konsumen ini membeli barang pada saat moment tertentu, atau didasari atas dasar mood atau perasaan yang sedang dirasakan.

  1. Emotions

Membeli barang berdasarkan emosi yang dirasakan. Misalkan sedang sedih maka akan lebih sering melakukan pembelian.

  1. Planned Out

Konsumen sangat memikirkan pembelian yang akan dilakukan, bahkan semua rencana pembelian sudah dijadwalkan sesuai dengan orang tersebut.

  1. Reckless

Konsumen membeli barang dengan tidak berhati-hati.