4 Karakteristik Segmentasi Impulsif Konsumen E-Commerce Indonesia

Oleh: Pinkan Olivia (Student of Global Business Marketing)

Setelah dilakukan penelitian untuk mengetahui pemetaan segmentasi pada online marketplace di Jakarta, ada empat segmen dalam melakukan keputusan pembelian online impulsif, yaitu Smart Shopper, Impulse Shopper, Aesthetic Shopper, dan Comfortable Shopper, yang mana masing-masing segmentasi mempunyai karakteristik dan perilaku yang berbeda. Pembahasan sebagai berikut :

  1. Smart Shopper: Individu yang berada dalam segmen ini dari segi demografi mayoritasnya adalah wanita dengan profesi sebagai karyawan yang berpendapatan < Rp. 2.000.000,-. Segmen ini tidak akan terpengaruh akan keinginan sesaat, dengan karakteristik yang mempertimbangkan segala hal dalam keputusan pembelian, segmentasi ini jarang melakukan pembelian secara impulsif, para Smart Shopper akan mempertimbangkan apakah produk yang akan dibeli berguna, atau dibutuhkan dikemudian hari. Namun, segmentasi ini akan cenderung bersikap impulsif jika dihadapkan dengan faktor emosional.
  2. Impulse Shopper: Demografi dalam segmentasi ini mayoritas adalah wanita, yang menyandang status mahasiswa, dengan pendapatan Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000. Keputusan pembelian online pada segmentasi ini dapat disimpulkan sangat impulsif, faktor-faktor pendorong seperti spontanitas, keterdadakan, dan tidak mempertimbangkan hal lain adalah karakteristik segmentasi ini memutuskan sebagian besar keputusan pembelian online Setidaknya, para Impulse Shopper masih akan memikirkan konsekuensi akan keputusan pembelian yang dilakukan.
  3. Aesthetic Shopper: Dari segi demografi, segmentasi ini mayoritas adalah wanita yang berstatus sebagai mahasiswa, dengan pendapatan < Rp 2.000.000. Segmentasi ini termasuk segmentasi yang cukup sering melakukan pembelian online secara impulsif, faktor pendorong seperti emosi, dan spontanitas yang lebih memengaruhi segmentasi ini. Tidak sama seperti Impulse Shopper, para Aesthetic Shopper sangat memerhatikan konsekuensi jika melakukan pembelian keputusan.
  4. Comfortable Shopper: Individu yang ada dalam segmentasi ini didominasi oleh wanita dengan status mahasiswa yang berpendapatan Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000. Karakteristik segmen ini adalah keputusan pembelian online impulsifnya termasuk yang spontan, tidak banyak pertimbangan, dan bersifat buru-buru. Segmentasi ini dapat dikategorikan salah satu segmen yang cenderung membuat keputusan pembelian online secara impulsif.

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian