Geophatic Stress (GS), Bahaya dan Manfaatnya Bagi Manusia (Part 2)

Oleh: Son Wandrial, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Pada part 1 telah dijelaskan apa itu GS, penyebab dan bahaya dari GS terhadap mahluk hidup.  Dibagian 2 ini saya akan bahas bagaimana cara mendeteksi GS  dan apa manfaat GS bagi manusia.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi Geophatic Stress antara lain:

  • Menggunakan perasaan kita. Jika mau mendisain rumah jalan di atas tanah tersebut dan rasakan sensasi apa yg timbul. Merasa nyaman atau tidak nyaman.
  • Melihat ciri-ciri yg sudah di bahas di atas hewan tertentu atau tanaman tertentu sangat menyukai area yg mempunyai Geophatic Stress. Petir yg menyambar pohon dan lain-lain.
  • Menggunakan kompas moderen atau lou pan (Feng Shui), caranya bawa kompas menjelajahi ruangan atau sebidang tanah dengan pelan-pelan. Jika terdapat Geopathic Stress maka jarum kompas akan bergerak menyimpang dari arah utara selatan.
  • Menggunakan tenaga ahli Dowser atau Geomancer, atau Anda bisa konsultasi dengan saya untuk atasi masalah GS di rumah atau property Anda.
  • Menggunakan alat moderen untuk mendeteksi medan magnet

Pada jaman dulu manusia mengenali adanya tempat yang baik untuk dirinya atau untuk hewan peliharaannya  yaitu dengan membiarkan hewan peliharaannya seperti kuda, kambing, sapi, babi, ayam, bebek, semua jenis burung lepas dulu di alam bebas, di lokasi di mana binatang peliharaannya itu sering berada dan tidur maka di lokasi itulah, manusia akan mulai membangun kandang.

Di nusantara ini, banyak desain rumah tradisional yang menempatkan kandang hewan di bawah lantai dasar rumah mereka karena binatang-binatang ini memang tidak menyukai geopathic stress seperti halnya kita manusia.

Sementara wilayah yang sering ditempati oleh kucing dan kerabatnya harimau dan singa, tempat yang dijadikan sarang lebah atau semut atau yang dilewati ular dan semua binatang melata serta dimana berbau busuk (karena banyak bakteri pathogen) akan dihindari oleh manusia di satu sisi, karena ada potensi yang membahayakannya di lain pihak karena memang binatang-binatang ini sangat menyukai paparan geopathic stress.

Bila berhubungan dengan GS maka manusia cukup menghindari dirinya dari paparan GS tersebut, misalnya tidak tidur pada lokasi-lokasi yang dilalui oleh GS.  Hanya itu saja yang perlu dilakukan karena untuk jangka waktu panjang paparan GS ini akan menyebabkan penyakit berbahaya.

Dampak negatif dari GS bisa dihindari dengan memasang alat penetralisirnya.

Apakah GS harus selalu dihindari?  Tidak juga ternyata.

GS bisa dimanfaatkan terutama untuk bisnis dan mendatangkan pembeli.  Bahkan ada tempat-tempat tertentu yang memang sengaja di bikin agar GS-nya tinggi untuk meningkatkan omzet penjualan.  Para praktisi GS atau Geomancer bisa melakukan hal ini.

Beberapa tempat pusat bisnis ternyata lokasinya memiliki GS yang tinggi, contohnya Tunjungan Plaza di Surabaya dimana daerahnya bernama Kaliasin.  Tempatnya selalu ramai oleh pengunjung.

Jenis usaha restoran juga perlu memperhatikan titik-titik GS ini karena bila gudang penyimpanan makanan dilewati oleh GS maka akan mempengaruhi kualitas dari bahan makanan dimana akan menjadi cepat rusak dan busuk.