People Innovation Excellence

Bayesian Decision Theory untuk Pemasaran (Bagian 2)

Oleh: Martinus F Sitinjak (Faculty Member of International Marketing)

Teori keputusan Bayesian dapat diterapkan pada bidang bauran pemasaran. Penilaian dilakukan oleh Manajer sebagai pembuat keputusan tentang probabilitas suatu peristiwa yang menentukan keuntungan atas program di mana hasilnya tidak pasti. Penilaian juga dibuat untuk keuntungan (utilitas) untuk setiap kemungkinan kombinasi program-program yang akan dilakukan. Pembuat keputusan dapat memutuskan berapa banyak penelitian, jika ada, perlu dilakukan untuk menyelidiki konsekuensi yang terkait dengan program pemasaran yang sedang dievaluasi. Hal ini dilakukan sebelum keputusan akhir dibuat, tetapi harus dicatat bahwa untuk melakukan ini, biaya dan waktu cukup besar dan mungkin tidak dapat diandalkan oleh manager. Untuk setiap tindakan yang dapat memberikan visibiltas lebih tinggi seperti laba yang diharapkan dapat dihitung, seperti rata-rata tertimbang dari kemungkinan laba, bobot menjadi probabilitas. Akhirnya, Pengambil keputusan kemudian dapat memilih tindakan yang menghasilkan laba tertinggi. Teorema ini memberikan rekonsiliasi formal antara penilaian yang dinyatakan secara kuantitatif dalam distribusi sebelumnya dan bukti statistik dari eksperimen yang dilakukan.

New product development

Penggunaan teori keputusan Bayesian dalam pengembangan produk baru dapat memungkinkan untuk dilakukan dengan penggunaan informasi pada histori program-program pemasaran produk sebelumnya. Dengan Bayes, memungkinkan untuk melakukan tinjauan dari perbandingan biaya proyek dengan nilai informasi tambahan untuk mengurangi biaya ketidakpastian.

Pricing decisions

Informasi dan data-data dari lapangan seperti harga eceran dan grosir serta ukuran pasar dan pangsa pasar semuanya dimasukkan ke dalam informasi sebelumnya. Pertimbangan manajerial dimasukkan untuk mengevaluasi berbagai strategi penetapan harga.

Promotional campaigns

Ketika berhadapan dengan promosi, manajer pemasaran harus memperhitungkan semua kompleksitas pasar yang terlibat dalam suatu keputusan. Karena sulit untuk memperhitungkan semua aspek pasar, seorang manajer harus mencari untuk menggabungkan kedua penilaian berpengalaman dari eksekutif senior serta memodifikasi penilaian ini dengan mempertimbangkan pengumpulan informasi yang dapat dibenarkan secara ekonomi. Contoh penerapan teori keputusan Bayesian untuk tujuan promosi dapat berupa penggunaan sampel uji untuk menilai efektivitas promosi sebelum peluncuran skala penuh.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close