HOT PLATE DAN KEPUASAN? (PART 3)

Oleh: Amelia Basri & Aryo Bismo (International Marketing)

Dalam penelitian terkait dengan restaurant Gocha – Gocha ini  yang dilakukan oleh Basri, A.R (2018) variabel yang digunakan adalah Food Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, dan Repurchase Intention. Berdasarkan hasil pre-test dan jurnal yang didapatkan oleh peneliti, ditemukan terdapat beberapa indikator yang mempengaruhi konsumen dalam memilih Gocha-Gocha sebagai tempat makan. Indikator tersebut adalah Freshness, Presentation, Well-Cooked, Variety of Food, Tangible, Reliability, Responsieness, Assurance dan Emphaty. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah mengkonsumsi makanan di Gocha-Gocha.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa ditemukan lima indikator yang mempengaruhi kepuasan dan niat membeli kembali pada Gocha-Gocha. Kesimpulanya adalah Gocha-Gocha harus bisa meningkatkan kualitas makanan mulai dari kesegaran bahan-bahan yang digunakan, jumlah porsi dalam satu porsinya dan menambahkan variasi pada menu makanan dan minuman.

Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dalam suatu rumah makan terbukti bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi olehh beberapa indikator yang terkait didalam variabel food quality, hal ini mengindikasikan bahwa food quality yang baik akan memberikan dampak positif terhadap kepuasan pelanggan dan secaraotomatis akan menimbulkan niat untuk membeli kembali.

Tentu saja hasil dari penilitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pebisnis yang akan memulia bisnisnya terutama dalam bidang makanan dan minuman dari penilitian ini terdapat beberapa hal yang bisa menjadi acuan utama didalam membangun sebuah bisnis makanan diantaranya adalah food quality, karena pada zaman sekarang konsumen yang kebanyakan adalah millenials sudah sangat memperhatikan kualitas makanan yang mereka makan terutama dari kesegaran makanan tersebut, silahkan mencoba.

Referensi:

Josiam, B., Foster, C., Malave, R., & Baldwin, W. (2014). ASSESSING QUALITY OF FOOD, SERVICE AND CUSTOMER EXPERIENCE AT A RESTAURANT: THE CASE OF A STUDENT RUN RESTAURANT IN THE USA. Journal of Services Research, 49+73.

Lai, I. (2014). The Roles of Value, Satisfaction, and Commitment in the Effect of Service Quality on Customer Loyalty in Hong Kong–Style Tea Restaurants. Cornell Hospitality Quarterly, 118-138.

Santoso, J. E. (2016). PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE QUALITY, PRICE PROMOTION, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP REPEAT PURCHASE INTENTION RESTORAN SOLARIA. JURNAL BISNIS DAN MANAJEMEN, 70-87.