HOT Plate dan Kepuasan? (Part 2)

Oleh: Amelia Basri & Aryo Bismo (International Marketing)

Fenomena yang ada pada saat ini adalah banyak restoran yang menawarkan inovasi baru baik dari pengalaman saat menyantap makanan hingga suasana yang ditawarkan di dalam restoran tersebut, namun menurut Ois Luo (2015),  didalam penelitian yang dilakukanya pada tahun 2015 mengungkap bahwa terdapat empat pertimbangan utama ketika konsumen memilih tempat makan atau restoran diantaranya adalah jenis makanan, kualitas makanan, harga, fasilitas dan pelayanan yang didapatkan oleh konsumen.

Kali ini artikel ini akan membahas sebuah restoran yaitu Gocha-Gocha, Gocha – Gocha merupakan salah satu restoran yang berinovasi dalam penyajian makananan dengan menggunakan hotplate dan dengan mengedepankan menu ala makanan Jepang yang berlokasi di Jakarta. Hal ini sangat berhubungan dengan pertumbuhan generasi millennial yang semakin “membludak”. Sudah menjadi rahasia umum bahwa milenials sering  menuntut adanya inovasi dalam sebuah produk maupun jasa dan tidak terkecuali pada sebuah restoran, hal ini membuat Gocha-Gocha selalu berupaya dalam berinovasi baik dalam menu yang disajikan, penyajian makanannya, hingga suasana pada restorannya.

Namun untuk membuktikan faktor apa saja yang yang mempengaruhi konsumen dalam memilih tempat makan dari empat pertimbangan konsumen dalam memilih tempat makan, maka dilakukan pre-test dan hasil nya adalah, masih banyak konsumen yang merasa kualitas makanan pada Gocha-Gocha masih kurang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu banyak yang memberi saran agar Gocha-Gocha menambahkan variasi pada menu makanan dan minumannya.

Berdasarkan hasil pre-test kuisioner tersebut maka dilakukan survey dan penyebaran kuisioner yang lebih luas dan mendalam untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat untuk membuktikan apakah hasil pre-test tersebut sudah valid atau hal tersebut dikarenakan banyak yang hanya datang sekali untuk mencoba makanan Gocha-Gocha. Berikutnya aka nada artikel mengani, sebenarnya apa saja yang paling mempengaruhi seseorang dalam memilih sebuah restaurant pada saat ini?khususnya untuk millennial yang sering menuntut inovasi – inovasi baru pada sebuauh produk dan jasa.

Referensi:

http://ciricara.com/2015/04/02/4-pertimbangan-konsumen-dalam-memilih-tempat-makan/