Tips and Trick Cara Jualan Jaman Now

Oleh: Sara Tanya (Student of International Marketing)

Salah satu indicator bisnis yang sukses adalah mampu mempertahankan angka penjualannya yang tinggi. Tapi gak cuman itu, ada cara lain yaitu mempertahankan value yang ditawarkan ke konsumen. Untuk mempertahankan ke 2 hal tersebut, pelaku bisnis memerlukan strategi promosi untuk menari pelanggan agar mau membeli produknya.

Biasanya promosi dilakukan selama jangka waktu tertentu, misalkan Flash Sale hanya berlangsung selama enam jam saja di aplikasi e-commerce. Hal ini digunakan dengan tujuan tertentu, seperti untuk meningkatkan pangsa pasar, atau pada saat pelaku bisnis ingin meluncurkan produk baru. Ada berbagai macam Teknik promosi yang biasanya digunakan oleh pelaku bisnis.

Menurut Huffpost berikut adalah beberapa tips promosi yang biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan :

  1. Jenis Promosi Penjualan

Sebelum menggunakan promosi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dan bentuk promosi dalam penjualan, dan mengetahui target pasar yang disasar. Dengan memikirkan Teknik yang tepat maka pelaku bisnis bisa menyampaikan promosi penjualan nya sesuai dengan segmentasi pasar masing masing. Diskon harga merupakan cara paling ampuh untuk menarik pembeli.  Karena siapa pun pasti akan tergiur. Karena mereka beranggapan bahwa harga yang dijual merupakan potongan dari harga aslinya, padahal belum tentu.

Selain memberikan diskon harga, ada juga strategi promosi lainnya dengan memberikan kupon atau voucher kepada pembeli dengan syarat waktu tertentu dan ketentuan yang telah ditetapkan. Promosi lainnya juga bisa menggunakan asuransi kepada barang yang dijual seperti dengan memberikan jaminan barang kembali jika terjadi kerusakan.

Namun ada juga berbagai macam tipe promosi penjualan yaitu scarcity message, online crowd dan customer review. Ketiga jenis promosi ini menggunakan zero budget atau tidak menggunakan budget sepeserpun. Jika pebisnis ingin melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan uang, ketiga hal ini adalah hal yang bisa digunakan dalam melakukan promosi yang bisa menari konsumen.

  1. Langkah yang Harus Dilakukan

Setelah mengetahui bentuk-bentuk promosi , barulah pelaku bisnis melakukan tindakan promosi. Yang pertama, pelaku bisnis melakukan promosi yang dilakukan secara hati-hati dan mempertahankan estetika. Jangan sampai dalam melakukan promosi, produk yang ditawarkan terlihat murahan karena salah langkah. Oleh karenanya dalam melakukan promosi harus menyesuaikan dengan bidang , segmen dan posisi dari produk perusahaan.

  1. Kenali Pelanggan

Tentukanlah target pasa. Seperti, jika mempunyai usaha pakaian dengan style korea maka  kalangan remaja lah sebagai target pasar nya. Jika usaha di bidang makanan seperti restoran mewah, maka target pasar nya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup.

Identifikasi yang tepat dapat mempermudah dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling # imers #binusian