Taktik Email Marketing untuk mendorong Impulsive Buying Behavior

Oleh: Pinkan Olivia (Student of International Marketing)

Bukan rahasia lagi kalau pemasaran email adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic situs web perusahaan kamu. Tidak hanya dapat digunakan untuk menyebarkan berita atau acara yang perusahaan kamu sedang rayakan, tetapi juga dapat mendorong pembelian produk perusahaan, terutama pembelian yang terjadi secara impulsif, dengan membuat penawaran yang sangat menarik sehingga konsumen tidak ingin melewatkannya sangat baik dalam menggiring traffic ke situs web perusahaanmu. Gimana sih cara untuk dapat mendorong perilaku pembelian impulsif konsumen melalui pemasaran email?

  1. Flash Sale

Buat subject email kamu dengan tulisan “FLASH SALE” dengan ini konsumen langsung dapat tertarik dengan isi email kamu.

  1. Countdown

Promosi kamu tentunya terikat oleh waktu, maka dari itu hal yang bisa kamu lakukan adalah menyertakan hitungan mundur sehingga konsumen mendapatkan rasa urgensi yang tinggi untuk mengambil kesempatan penawaran special.

  1. Gratis Ongkir

Setiap pembelian yang dilakukan melalui online pasti memerlukan biaya pengiriman, dengan penawaran ini konsumen akan terdorong untuk membeli barang di situs penjualan kamu.

  1. Rekomendasi Produk & Diskon

Memberikan rekomendasi produk kepada konsumen dapat meningkatkan traffic ke situs web kamu dengan itu akan semakin banyak active unique users dan membeli produk yang lebih banyak lagi. Contohnya kamu dapat memberikan email ke konsumen yang satu bulan terakhir membeli peralatan bayi, kamu bisa mengirimkan email berisi rekomendasi produk yang berkaitan dengan kategori Ibu & Anak.

Dengan memanfaatkan platform pemasaran email, kamu dapat mengambil keuntungan dari perilaku pembelian impulsif dan menghasilkan lebih banyak penjualan dan pendapatan untuk perusahaan.

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian