PURCHASE DECISION

Oleh: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

Purchase Decision adalah proses penyeleksian terhadap dua pilihan alternatif atau lebih yang menghasilkan keputusan untuk membeli atau tidak membeli. Pilihan alternatif harus tersedia ketika konsumen akan mengambil keputusan. Proses pengambilan keputusan pembelian membutuhkan pencarian atau penerimaan informasi yang berbeda (Kanuk, 2008).

Menurut Peter dan Olson (2013) Purchase Decision merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengkombinasikan seluruh pengetahuan yang diperoleh konsumen menjadi nilai pertimbangan yang berguna dalam memilih dua atau lebih alternatif, sehingga dapat memutuskan salah satu produk.

Purchase Decision adalah proses dimana konsumen memutuskan merek mana yang akan dibeli. Konsumen akan membeli merek yang paling disukai, tetapi dapat dipengaruhi oleh dua faktor yang berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian yaitu faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak diharapkan. Niat pembelian dapat berubah apabila situasi yang dihadapi konsumen menghambat atau memaksa untuk membatalkan pembelian atau beralih kepada alternatif pilihan yang lain (Kotler, 2008).

Dapat diambil kesimpulan bahwa Purchase Decision merupakan tahap dalam suatu proses dimana konsumen melakukan pembelian berdasarkan hasil kombinasi dari seluruh pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi nilai pertimbangan antara dua atau lebih alternatif produk yang tersedia dalam memutuskan salah satu produk.

Menurut  Swastha & Irawan (2012) Purchase Decision memiliki enam dimensi sebagai berikut :

  1. Keputusan jenis produk, yaitu keadaan ketika produk memiliki jenis yang berbeda-beda.
  2. Keputusan merek, yaitu keadaan ketika pelanggan membandingkan dengan merek lain.
  3. Keputusan penjual, yaitu keadaan ketika pelanggan merasa nyaman dengan penjual yang bersifat informatif dalam menjelaskan produk yang dijualnya.
  4. Keputusan jumlah produk, yaitu keadaan ketika pelanggan merasa nyaman dengan penjual yang memiliki persediaan produk yang tersedia.
  5. Keputusan waktu pembelian, yaitu keadaan ketika pelanggan memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian.
  6. Keputusan cara membayar, yaitu keadaan ketika pelanggan memilih cara pembayaran yang sesuai dengan keinginan.

(Berbagai Sumber)