People Innovation Excellence

Pariwisata, pelayanan dan kepuasan pelanggan – Solution: CV. Lotus Joyful (Part 3)

Oleh: Fiona Fortunata Kusuma (Student of International Marketing) & Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

(Bersambung dari: Pariwisata, pelayanan dan kepuasan pelanggan – Real Case: CV. Lotus Joyful (Part 2))

Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah Service Quality, Customer Value, Emotional, Social aspect, Customer Satisfaction, dan Repurchase Intention di CV. Lotus Joyful. Berdasarkan hasil pre-test dan jurnal yang didapatkan oleh peneliti, ditemukan terdapat beberapa indikator yang mempengaruhi konsumen dalam memilih atau menggunaka jasa di CV. Lotus Joyful. Indikator tersebut adalah Tangible, Reliability, Responsieness, Assurance, Emphaty, Nilai emosional dan nilai sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 127 responden yang merupakan konsumen yang pernah menggunakan jasa di CV. Lotus Joyful yang berdomisili Tanjungpandan Belitung.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa ditemukan 7 indikator yang mempengaruhi kepuasan dan keingginan menggunakan/ membeli kembali jasa di CV. Lotus Joyful. Pihak CV. Lotus Joyful harus bisa meningkatkan kualitas pelayanan serta nilai konsumen mulai dari kemampuan berkomunikasi dengan baik, serta berpenampilan sopan dan seragam yang membuat CV. Lotus Joyful memiliki nilai tambah serta menyediakan berbagai macam kebutuhan konsumen seperti menyediakan berbagai penerbangan internasional+ tour, serta memberikan potongan harga yang membuat konsumen memiliki niat untuk menggunakan jasa di CV. Lotus Joyful.

Didalam meningkatkan kepuasan pelanggan didalam sebuah perusahaan terbukti bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi olehh beberapa indikator yang terkait didalam variable service quality, hal ini mengindikasikan bahwa service quality yang baik akan memberikan dampak positif terhadap kepuasan pelanggan dan secara otomatis akan meningkatkan intense konsumen untuk membeli produk dari perusahan tersebut.

Referensi:

Murwatiningsih, & i. A. (2016). Pengaruh citra destinasi dan nilai pelanggap terhadap loyalitas penggunjung melalui kepuasan pengunjung. Management analysis journal 5.

Prasetya, s., & ibrahim , m. (2017). Pengaruh nilai pelanggan dengan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan menginap di alpha hotel pekan baru.

Merkusi, m. O., & sari, d. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (studi pada tour and travel di koper komunika indonesia yogyakarta). E-proceeding of management vol.2 no.3.

Moha, s., & loindong, s. (2016). Analisa kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada hotel yuta di manado. Jurnal emba vol.4 no.1.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close