COUNTRY OF ORIGIN

Oleh: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

Dalam era modern yang serba kompetitif seperti saat ini, pemasaran global berkembang dari hari ke hari, sehingga negara asal (Country of Origin) menjadi parameter yang signifikan. Dalam banyak penelitian ditunjukkan bahwa Country of Origin ini mempengaruhi perilaku konsumen dan juga terhadap keputusan pembelian mereka atas suatu produk. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa orang peduli terhadap produk yang datang dari dan dimana produk tersebut diproduksi serta mempertimbangkan Country of Origin ini ketika mengevaluasi product quality (Parkvithee & Miranda, 2012).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Country of Origin merupakan image dari sebuah produk yang dipicu oleh asal negara produk tersebut. Konsep utama lainnya tentang citra negara yang berkaitan dengan Country of Origin, dikemukakan oleh Lee and Ganesh (1999) dalam Listiana (2013), sebagai berikut :

  1. Citra negara pada level produk. Dalam hal ini citra negara didefinisikan sebagai persepsi umum product quality dari negara tertentu. Pendekatan ini menggambarkan citra negara sebagai elemen yang terbentuk dari totalitas produk, merek dan beragam organisasi khusus dari suatu negara.
  2. Citra negara pada level negara. Dalam hal ini citra negara didefinisikan dari sudut citra negara secara umum, yang berbeda dari definisi citra negara yang berfokus pada level produk.

Konsep negara asal produk mengalami perkembangan, sehingga memunculkan istilah-istilah baru. Listiana (2013) juga menjelaskan beberapa istilah yang lahir dari konsep Country of Origin, sebagai berikut :

  1. Country of Origin, didefinisikan sebagai negara dimana suatu produk diproduksi.
  2. Country of Manufacture, merupakan negara tempat produk diproduksi atau dirakit.
  3. Country of Design, merupakan negara tempat produk didesain.
  4. Country of Assembly, merupakan negara dimana sebagian besar perakitan produk akhir dilakukan.
  5. Country of Part, merupakan negara tempat sebagian besar material yang digunakan dalam produk dihasilkan, atau negara tempat bagian/komponen produk dibuat.

(Berbagai Sumber)