E-Commerce

By: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

Menurut Turban dan King (2012:38) e-commerce merupakan perdagangan elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, pertukaran produk, layanan atau informasi melalui jaringan komputer/internet. Menurut Wong (2010:33), e-commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang/jasa melalui sistem elektronik. Media elektronik yang dimaksud adalah televisi, radio, jaringan komputer/internet. Sedangkan menurut Suyanto (2007:7) e-commerce adalah suatu kumpulan antara teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang pada akhirnya akan menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik.

Dari ketiga pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa e-commerce adalah sebuah kegiatan bisnis yang menghubungkan perusahaan dan konsumen dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Tipe-Tipe E-Commerce

Terdapat beberapa tipe dari e-commerce menurut Turban dan King (2014:42), yaitu:

1. Business to Business (B2B)

Tipe ini merupakan sebuah transaksi dimana pembeli serta penjual adalah merupakan sebuah organisasi atau perusahaan. Kegiatan-kegiatannya berupa pembelian dan pengadaan, supplier management, dan lainnya. Didalam B2B, yang merupakan penjualan maupun pembeli adalah sebuah organisasi bisnis.

2. Business to Customer (B2C)

Tipe ini merupakan tipe dimana konsumen memberitahu apa yang diinginkan oleh mereka, sehingga para pemasok bersaing dan berkompetisi untuk menyediakan suatu barang atau jasa tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

3. Consumer to Consumer (C2C)

Tipe ini merupakan tipe dimana satu orang menjual sesuatu terhadap seorang yang lain atau terhadap sesamanya.

4. Intrabusiness Commerce

Tipe ini adalah tipe dimana perusahaan atau organisasi menggunakan e-commerce untuk memperbaiki atau memperbarui operasionalnya.

5. Government to Citizens

Tipe ini adalah tipe dimana melalui e-commerce sebuah unit pemerintah menyediakan layanan bagi warganya.

6. Mobile Commerce

Tipe ini adalah tipe dimana e-commerce dilakukan dalam lingkungan nirkabel.

7. Collaborative Commerce

Tipe ini adalah tipe dimana terjadi ketika individu atau kelompok melakukan komunikasi secara online. (Berbagai Sumber)