Brand Trust

By: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)

Kepercayaan terbangun karena adanya harapan bahwa pihak lain akan bertindak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Ketika seseorang telah mempercayai pihak lain, maka mereka yakin bahwa harapan akan terpenuhi dan tidak akan kecewa. Kepercayaan seseorang tidak hanya selalu ditujukan untuk sesama manusia saja, namun dapat juga ditujukan untuk obyek tidak nyata seperti merek.

Menurut pendapat para ahli, bahwa merek memiliki respon yang potensial untuk menciptakan pengaruh dan kepercayaan dari konsumen. Oleh karena itu perlu diketahui secara jelas apakah yang dimaksud dengan brand trust. Bagi perusahaan, kepercayaan konsumen terhadap suatu merek merupakan suatu target yang penting untuk dicapai.

Faktor Brand Trust

Delgado dalam Dewi (2008) mengemukakan, terdapat tiga aktivitas yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen, yakni sebagai berikut:

1. Achieving Result : harapan konsumen tidak lain adalah janji konsumen yang harus dipenuhi bila ingin mendapatkan kepercayaan konsumen.

2. Acting with Integrity : bertindak dengan integritas berarti adanya konsistensi antara ucapan dan tindakan dalam setiap situasi. Adanya integritas merupakan faktor kunci bagi salah satu pihak untuk percaya akan ketulusan pihak lain.

3. Demonstrate Concern : kemampuan perusahaan untuk menunjukkan perhatiannya kepada konsumen dalam bentuk menunjukkan sikap pengertian kepada konsumen, jika mereka menghadapi masalah dengan produk, dan ini akan menumbuhkan kepercayaan dengan merek.

Dimensi Brand Trust

Menurut Allan et al (2013) Brand Trust memiliki dua dimensi yaitu dijabarkan sebagai berikut:

1. Brand Reliability adalah seberapa sebuah merek dapat diandalkan dan dipercaya. Persepsi merek yang dapat diandalkan dan dipercaya tersebut kemudian dijadikan indikator bagi dimensi Brand Reliability.

2. Brand Intention adalah ketertarikan dan perhatian terhadap suatu merek. Masing-masing dari hal tersebut kemudian menjadi indikator bagi dimensi Brand Intention itu sendiri. (Berbagai Sumber)

  1. This site definitely has alll the information I needed about this subject annd didn't know who to ask. Take a look att my site ... Jasa Cuci AC Terdekat