Millennial’s Mom Point of View (Part 2) – Fenomena

By: Yeremia Kevin Lohanda (Student of International Marketing) and Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Fenomena yang ada saat ini adalah kehadiran ibu generasi milenial atau sering dise but millennial mom, menurut Goggin et.al tahun 2014 dalam artikel Gunawan, A., Muchardie, B. G. (2015) millennial mom didefinisikan sebagai ibu yang lahir pada tahun 1978 hingga 1994. Saat ini, hampir semua ibu baru merupakan millennial mom, berdasarkan proyeksi dari Goldman Sachs Global Investment Research (2015) secara global generasi orang tua baru ini diharapkan mewakili mayoritas semua orang tua dari tahun 2017-2036.

Tingkat penggunaan internet yang lebih banyakdaripada ibu pad aumumnya menyebabkan millennial mom dapat memperoleh informasi yang lebih banyak dibandingkan ibu pada generasi sebelumnya. Menurut data dari Weber Shandwick (2013), millennial mom memiliki akun media social dan menghabiskan waktu mereka lebih banyak dalam menggunakan media social lebih banyak daripada ibu pada umumnya. Hal ini menyebabkan kecenderungan millennial mom dalam memilih rumah sakit sangat bergantung dari informasi yang mereka dapatkan baik dari internet, media social atau sumber informasi lainnya.

Permasalahan yang dihadapi oleh rumah sakit adalah ternyata berdasarkan preliminary test faktor kepuasan responden terbanyak berada di dokter, kemudian diikuti oleh pelayanan, kebersihan, fasilitas dan kenyamanan. Hal ini menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh rumahsakit karena kecenderungan millennial mom untuk bisa puas sangat tergantung dari dokter yang menangani selama proses bersalin, padahal di Indonesia sendiri jumlah persebaran dokter belum merata. Menurut data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) per 9 Mei 2016, jumlahdokter 110.720 orang yang artinya satudokter melayani 2.270 penduduk. Hal ini tentu saja menjadi masalah tersendiri yang dirasakan oleh industri rumah sakit dan industry pada bidang kesehatan, sehingga penetapan segmentasi dan targeting yang tepat harus dilakukan untuk terus menjangkau pangsa pasar millennial mom. Segmentasi seperti apakah yang termasuk di dalam kategori millennial mom?

 

Referensi :

https://yhseconomics.wikispaces.com/file/view/Millennial+Parents+GS.pdf

Shandwick, W. (2013, Juni).Millennial Moms Spend 17 Hours Each Week on Social Networks, Four Hours More Than the Average Mom. Retrived from webershandwick.com.