Millennial’s Mom Point of View (Part 1) – Industri Kesehatan dan Kehamilan

By: Yeremia Kevin Lohanda (Student of International Marketing) and Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Industri kesehatan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat dan akan menjadi peluang investasi yang menguntungkan baik bagi investor lokal maupun global. Hampir semua aspek di industry kesehatan termasuk rumah sakit, asuransi kesehatan dan peralatan medis menunjukkan peningkatan penjualan yang signifikan pada tahun 2015 melampaui berbagai industry lainnya (gbgindonesia.com,2016). Dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia, maka tuntutan layanan kesehatan menjadi semakin tinggi yang mendorong tumbuhnya rumah sakit swasta dan fasilitas layanan kesehatan lainnya, hal ini menyebabkan sector layanan kesehatan menjadi industri yang berorientasi profit dan harus bersaing ketat. Menurut data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebesar 1,2 juta warganegara Indonesia pergi ke Singapura, Malaysia dan negara-negara lain setiap tahun nya untuk perawatan medis.

Menurut Ditjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI, 2017, jenis rumah sakit khusus yang paling banyak mengalami perubahan pada tahun 2012-2016 adalah rumah sakit ibu dan anak. Terlihat bahwa pada tahun 2012 rumah sakit ibu dan anak ada sebanyak 169 unit dan pada tahun 2016 ada sebanyak 213 unit. Saat ini, tingkat angka kelahiran di Indonesia masih tergolong tinggi.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty mengatakan bahwa sejak tahun 2002 angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) tertahan pada angka 2,6 anak per wanita (bkkbn.go.id,2017). Melihat banyaknya unit rumah sakit khusus ibu dan anak dan juga rumah sakit bersalin, diiringi dengan tingginya angka kelahiran di Indonesia, industri kesehatan di Indonesia menjadi sebuah pasar yang memiliki pangsa pasar yang potensial untuk bisnis di bidang layanan kesehatan, khususnya bagi kalangan para ibu yang ingin ataupun sedang dalam proses kehamilan. Hal ini menimbulkan perbincangan pada kalangan millenials mom rumah sakit mana yang akan dipilih oleh mereka ketika mereka ingin melakukan persalinan?faktor apa saja yang membuat mereka memutuskan memilih sebuah rumah sakit?

Referensi : http://www.gbgindonesia.com/en/services/article/2016/indonesia_s_healthcare_industry_showing_strong_vital_signs_11492.php https://www.bkkbn.go.id/detailpost/bkkbn-optimis-turunkan-angka-kelahiran-total