People Innovation Excellence

ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP CITRA MEREK YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BISKUIT KHONG GUAN (STUDI KASUS: PT BIG ROYAL LESTARI) – Part 5

Oleh: Anastasia Anggraeni (Student of International Marketing) & Dr. Haryadi Sarjono (Head of International Marketing Program)

PT Big Royal Lestari merupakan salah satu pemain besar dalam pasar biskuit di Indonesia, karena mengingat perusahaan biskuit tersebut menempati posisi market leader dalam kategori biskuit assorted di Indonesia dan memiliki pangsa pasar yang mencapai 35% (Budi Hendarto, 2004). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang bersifat saran dan informasi kepada perusahaan mengenai bauran pemasaran seperti apa yang harus diperhatikan agar perusahaan dapat menciptakan citra merek yang kuat dimana akan berdampak ke keputusan pembelian pada produk biskuit Khong Guan. Oleh karena itu, maka untuk uji selanjutnya dilakukan uji signifikansi.

  • Uji Signifikansi

  • Uji Efek Mediasi

Hasil Uji Sobel pada gambar di atas menunjukkan bahwa nilai p value hasil uji Sobel sebesar 0,0000 dan nilai t hitung uji Sobel sebesar 5,915, oleh karena nilai signifikan < 0,05 dan t hitung > 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa peran citra merek dalam memediasi.

  • Ringkasan Pengujian Hipotesis
No Hipotesis cr / t hitung p kesimpulan
1 Bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Citra merek 7,74 *** diterima
2 Citra merek berpengaruh terhadap Keputusan pembelian 10,077 *** diterima
3 Bauran pemasaran secara langsung berpengaruh terhadap Keputusan pembelian 4,336 *** diterima
4 Bauran pemasaran  secara tidak langsung berpengaruh terhadap Keputusan pembelian melalui Citra merek 5,915 *** diterima

 

Berdasarkan tabel di atas, diperoleh beberapa hasil sebagai berikut:

  1. Bauran Pemasaran berpengaruh signifikan dan positif terhadap Citra Merek suatu produk. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Bauran Pemasaran suatu produk maka semakin baik pula Citra Merek produk yang terbentuk, begitu pula sebaliknya.
  2. Citra Merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Citra Merek yang dimiliki suatu produk maka semakin tinggi pula Keputusan Pembelian konsumen terhadap produk tersebut, begitu pula sebaliknya.
  3. Bauran Pemasaran berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik Bauran Pemasaran suatu produk maka semakin tinggi Keputusan Pembelian konsumen terhadap produk tersebut, begitu sebaliknya.
  4. Peran citra merek sebagai mediasi dalam pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian adalah signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran dapat berpengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close