BRAND ACTIVATION: PENGERTIAN, MANFAAT DAN CONTOHNYA

Oleh: Freddy Pandapotan Simbolon, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Iklim kompetisi bisnis yang sangat tinggi membuat pemilik merek sulit mengembangkan dan mempertahankan produk serta layanan berciri khas atau punya keunikan, lantaran dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Strategi brand activation—aktivasi merek—dinilai sangat tepat untuk memasarkan produk namun tetap fokus terhadap hubungan merek dengan konsumen

Brand activation atau aktivasi merek didefinisikan sebagai suatu bentuk kegiatan promosi merek dengan berinteraksi lebih dekat ke penggunanya melalui berbagai kegiatan pengalaman akan suatu merek yang menarik perhatian mereka. Dalam menciptakan brand activation ini, merek tentunya harus mampu membangun hubungan emosional dengan konsumen. Semakin kuat hubungan emosional, maka interaksi pun akan lebih berkualitas, misalnya saja konsumen akan lebih sering lagi membeli produk.

Brand activation dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, baik online dan offline. Secara online dilakukan melalui aktivasi komunitas lewat media sosial, sedangkan secara offline melalui aktivasi merek. Baik aktivitas online maupun offline, syarat keberhasilannya sama, yakni: berhasil menciptakan brand awareness, meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk, serta membangun relationship dengan pelanggan.

Kegiatan yang tak pernah dilewatkan Federal Oil adalah kegiatan yang merujuk pada momen-momen tertentu, seperti Ramadan atau Lebaran dengan melakukan aktivasi 360⁰, baik secara offline maupun online. Target marketnya sesuai dengan profil pengguna motor secara keseluruhan. Di ranah digital, Federal Oil gencar melakukan interaksi dengan menggelar aktivasi berbagi cerita dan foto momen selama Ramadan, mulai dari sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa. Selain itu diselenggarakan pula kegiatan mudik bareng dan posko mudik selama 10 hari di jalur utara dan selatan daerah Jawa Barat yang berupaya menciptakan pengalaman konsumen yang baik terhadap produk-produk Federal Oil. Tujuan utama dari semua kegiatan yang dilakukan adalah mengkreasikan pengalaman berkesan untuk para konsumen sehingga terbangun bonding (ikatan) kuat antara merek dan konsumen, yang dapat mendorong trial produk dan penjualan bahkan kesetiaan pelanggan pada pengalaman produk Federal Oil.

(Berbagai Sumber)