Company Visit ke PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) dan KPU Bea & Cukai Tipe A Tanjung Priok

By: Clara Angela (BIC)

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai prosedur ekspor impor, pada hari Selasa, 8 Mei 2018, Binus Business School – International Business Management Program bersama dengan Binus Business International Club berkesempatan untuk mengunjungi PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) dan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Kunjungan ini diikuti oleh 45 orang mahasiswa beserta 3 orang dosen pendamping. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai penunjang materi yang mahasiswa pelajari di dalam kelas, sehingga mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung kondisi pelabuhan tempat berlangsungnya proses perdagangan internasional.

Kunjungan diawali di PT. Jakarta International Container Terminal (JICT). Dalam kesempatan ini, Bapak Suryansyah dari pihak JICT menyampaikan materi pengenalan singkat mengenai JICT. Dijelaskan bahwa JICT memiliki total cakupan area seluas 100 hektar dan merupakan terminal container terbesar di Indonesia. JICT memiliki volume lebih dari 2,2 juta TEUs (Twenty foot Equivalent Units) per tahun dan terletak secara strategis di jantung industri Jawa Barat. JICT mengimplementasikan sistem operasi terminal yang canggih dan sistem gerbang otomatis pertama di Pelabuhan Indonesia, dan merupakan terminal steril yang aman dan bersih pada setiap area lingkungannya. JICT berkomitmen untuk menyediakan layanan yang cepat, efisien dan dapat diandalkan 24 jam sehari, sepanjang tahun.

Pada hari yang sama, mahasiswa IBM juga berkesempatan untuk mengunjungi Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, yang merupakan sebuah kantor yang melaksanakan tugas pokok Kementrian Keuangan dalam bidang kepabeanan dan cukai, serta bertugas untuk mengawasi lalu lintas barang yang keluar dan masuk area pabean. Sebagai kunci utama keberhasilan pelaksanaan kinerja, KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok didukung oleh kinerja SDM yang responsif dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

Kunjungan mahasiswa IBM ke KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok disambut secara hangat dengan penampilan dari Customs Music Club, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Diki Musoddiki selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan II, sambutan dari Ibu Selly Novela selaku dosen perwakilan Binus University, serta paparan materi dari Rendy Satya Padmanaba. Materi mengenai prosedur ekspor impor dan kepabeanan dikemas secara baik dan menarik bagi mahasiswa. Dalam kunjungan ini, mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat langsung barang-barang yang menjadi tegahan ekspor maupun impor di KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok.(c)