People Innovation Excellence

Indomie merambah hingga Afrika dan Timur Tengah

Indomie merambah hingga Afrika dan Timur Tengah

 

Indomie sudah menjadi produk atau brand yang sering kita dengar. Indomie pun menjadi icon makanan masyarakat dan sangat instan di negara kita. Namun apakah Indomie ternyata bisa merambah ke target market negara lain? Salah satu penjualan yang terbesar yakni di Nigeria dengan pangsa pasar 70%.

Franciscus Welirang sebagai direktur INDF, mengatakan rahasia banyaknya penggemar Indomie di di Afrika lantaran kepraktisan untuk masyarakat di Benua Hitam tersebut dan tidak jauh berbeda dengan alasan mengapa Indonesia memilih mie instant. Selain itu, pihaknya memang menciptakan varian rasa yang berbeda di sana dan penyesuaian rasa di Afrika itu sendiri. Khusus di Afrika dan Timur Tengah, pihaknya bahkan sudah memiliki pabrik sendiri.
“Kelihatannya suka, cocok, saya kira satu tata cara bisa disimpan, tata cara menyajikan lebih cepat tentunya menyesuaikan rasa mereka. Kalau di sana (Nigeria) hampir 80%. Ada di Eropa, Eropa Timur, Amerika Selatan, semua seluruh dunia. Ekspor langsung dari Indonesia,” ujar Franciscus ditemui di Indogrosir Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Jumat (9/6/2017).
Di Nigeria, Indomie sudah sangat tersohor. Bahkan di negara tersebut ada organisasi pecinta Indomie yang bernama Indomie Fans Club (IFC). Hal ini yang menjadi fenomena negara Afrika sebagai negara tujuan Indomie itu sendiri.
INDF tahun ini menargetkan kontribusi penjualan dari sisi ekspor bisa menyumbangkan porsi 8-10% dari total pendapatan secara konsolidasi.Tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10-12%. Adapun perolehan pendapatan perseroan di 2016 sebesar Rp 66,75 triliun.
“Timur Tengah dan Afrika ada produksinya (pabrik) di sana, besar permintaan. Afrika dan Timur Tengah hampir setengah pasarnya Indonesia sekarang, dan tumbuh terus, dalam waktu dekat bisa melebihi penjualan di Indonesia,” jelas Franciscus.

reference: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3525642/indomie-digemari-sampai-ke-afrika-dan-timur-tengah-apa-rahasianya?_ga=2.206344149.734976172.1497509320-1014228076.1460042438


Published at :
Written By
Johanes Ronaldy Polla S.Kom, SE, MIB
LS-S2 | IBM
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close