BINUS BUSINESS SCHOOL, Transformasi Menuju Sekolah Bisnis Terkemuka di Dunia

Kompetisi bisnis global menuntut kesiapan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama, serta kecakapan dalam mempergunakan teknologi untuk memecahkan masalah bisnis yang kompleks dan komprehensif. Menyadari hal tersebut, BINUS University sejak 2017 melakukan transformasi dengan mengintegrasikan sekolah bisnis yang dimilikinya mulai jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 ke dalam satu rumah bernama BINUS BUSINESS SCHOOL (BBS).

“Sebagai bagian dari BINUS University, integrasi sekolah bisnis kami lakukan tidak lepas dari visi kami untuk menjadikan BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai sekolah bisnis bereputasi internasional dan misi kami untuk terus melakukan inovasi pada pendidikan bisnis dan riset guna menghasilkan para profesional yang mampu mempergunakan teknologi pada penciptaan inovasi disruptif untuk menjawab tantangan bisnis global terkini,” kata Direktur BBS Dezie L. Warganegara, Ph.D.

Dezie menuturkan integrasi sekolah bisnis tersebut dilakukan untuk menciptakan keselarasan kurikulum dan sinergi sumber daya dari level pendidikan S1 hingga S3. “Dengan demikian terjadi proses pembentukan area-area pengetahuan (knowledge areas) yang sama di setiap jenjang pendidikan pada BINUS BUSINESS SCHOOL, sehingga memungkinkan kolaborasi yang kuat dalam pelaksanaan Catur Dharma terintegrasi (Pengajaran, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, dan Pengembangan Diri) di masing-masing area pengetahuan para dosen-dosen BINUS BUSINESS SCHOOL,” tuturnya.

Saat ini, Dezie menjelaskan, lebih dari 50 persen dosen BINUS BUSINESS SCHOOL bergelar doktor, memiliki pengalaman panjang di berbagai bidang industri, dan aktif melakukan penelitian di bidang manajemen dan kewirausahaan. Kombinasi antara pengetahuan akademis dan pengalaman yang dimiliki dosen-dosen BINUS BUSINESS SCHOOL tersebut memungkinkan proses transformasi pengetahuan berbasis inovasi dan kewirausahaan baik secara teori maupun praktek berlangsung. “Kami memang menyiapkan mahasiswa menjadi profesional yang mampu berkompetisi di tingkat global dan menjawab beragam tantangan di era Inovasi disruptif,” kata Dezie.

Untuk menyiapkan mahasiswa siap berkompetisi di tingkat global, BINUS BUSINESS SCHOOL bekerja sama dengan sejumlah sekolah bisnis terkemuka dari Australia, Eropa, Asia, dan New Zealand. Di antaranya Macquaire University dan  University of New South Wales (Australia), Nottingham University (Inggris), Cologne Business School (Jerman), Burgundy Business School (Perancis). Lalu Solbridge University (Korea Selatan) dan sekolah bisnis Victoria University of Wellington dan Auckland University of Technology (New Zealand). Tidak hanya itu. BINUS BUSINESS SCHOOL juga menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di tanah air, seperti IBM, Hutchison, Alibaba, Modena, ASTRA Internasional, Indofood, BCA, dan Bank Mandiri, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk kerja magang selama 1 tahun penuh ataupun menjadikan permasalahan-permasalahan bisnis yang sedang dihadapi perusahaan tersebut sebagai penugasan untuk mencari solusi-solusinya dikelas-kelas kami.

Komitmen BINUS BUSINESS SCHOOL untuk sejajar dengan sekolah bisnis ternama di dunia juga ditunjukkan dengan keseriusan memperoleh akreditasi dari Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). AACSB merupakan asosiasi global non-profit dan lembaga akreditasi internasional paling terkemuka untuk sekolah bisnis di seluruh dunia yang berdiri sejak 1916. “Bagi kami, arti akreditasi AACSB merupakan penegasan akan pengakuan terhadap BINUS BUSINESS SCHOOL, bahwa kami telah mempunyai standar pendidikan untuk sekolah bisnis yang sejajar dengan sekolah-sekolah bisnis ternama dunia,” kata Dezie.

Dezie menceritakan, BINUS BUSINESS SCHOOL memutuskan untuk mengikuti proses akreditasi internasional AACSB sejak 2011 dengan menjadi anggota AACSB. Tiga tahun kemudian, BINUS BUSINESS SCHOOL dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti proses akreditasi.  Diakui Dezie, BINUS BUSINESS SCHOOL mengalami banyak sekali perubahan menuju sekolah bisnis yang lebih baik terutama dari segi kualifikasi dosen, kualitas riset, dan proses penjaminan mutu sebagai sebuah proses yang memastikan perbaikan yang berkesinambungan dalam proses belajar mengajar.

“Mahasiswa dan orang tua akan mendapat jaminan bahwa kualitas pendidikan bisnis di BINUS BUSINESS SCHOOL telah sejajar dengan sekolah bisnis top di dunia. Sementara itu, pengguna lulusan BINUS BUSINESS SCHOOL juga mendapatkan jaminan bahwa lulusan BINUS BUSINESS SCHOOL adalah profesional yang mampu menjawab tantangan industri,” ujar Dezie.