Meneliti Seputar Situs Web Destinasi Ekowisata Terhadap Perubahan Sikap, Rudy Aryanto Catatkan Diri Sebagai Doktor ke-28 DRM BINUS UNIVERSITY

Para pemasar selalu berupaya penuh untuk mempengaruhi perilaku konsumen, tetapi sangatlah sulit mempengaruhi konsumen secara langsung. Namun, konsumen lebih memperhatikan iklan-iklan ataupun mengamati paket-paket yang ditawarkan. Sehingga, pemasar dapatlah mempengaruhi konsumen secara tidak langsung, yaitu dengan cara memberikan informasi, musik, atau stimuli lainnya, untuk dapat mengubah satu atau lebih komponen sikap.

Mengapa sikap? Karena sikap merupakan konsep inti dalam psikologi dan menjadi salah satu konsep terpenting bagi pemasar untuk mempelajari konsumen. Karena sikap menuntun kita untuk berperilaku dalam cara konsisten terhadap obyek yang sama. Sikap menghemat energi dan pikiran, sikap sangat sulit dirubah. Bahkan, disarankan bagi perusahaan agar menyesuaikan produknya dengan sikap yang ada saja dan tidak berusaha untuk untuk merubahnya.

Dengan dilatarbelakangi oleh hal tersebut, maka Rudy melakukan penelitian dengan disertasi berjudul “Pengaruh Persuasi Situs Web Destinasi Ekowisata Terhadap Perubahan Sikap Wisatawan Remaja”. Suatu studi eksperimental pada mahasiswa tiga perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya perdebatan tentang pengaruh persuasi situs web destinasi ekowisata terhadap perubahan sikap wisatawan remaja, mahasiswa dari tiga perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini.

“Di dalam konteks industri pariwisata, destinasi ekowisata adalah yang paling kuat dan sangat diperlukan untuk keberlanjutan daerah. Saya ingin supaya para wisatawan yang datang ada rasa care untuk bisa terlibat sangat dalam untuk melestarikan destinasi ekowisata tadi. Sesuai dengan judul yang saya angkat, saya berharap adanya perubahan sikap tersebut, karena sikap merupakan yang paling penting untuk berperilaku,” jelas Rudy.

Semoga dengan menyandang gelar akademik baru sebagai Doktor, pada hari Kamis (15/09) kemarin, Rudy Aryanto dapat memberikan kontribusi yang baik untuk memajukan bangsa dengan karyanya dan mampu mengembangkan keilmuan dengan baik. (MEL)