ENTREPRENEURSHIP

Entrepreneurship adalah sebuah konsep tentang mengembangkan dan mengelola usaha bisnis dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dengan  mengambil resiko dalam dunia perekonomian. Singkatnya, entrepreneurship adalah keinginan seseorang untuk memulai bisnis baru dan kerelaannya untuk bekerja bagi diri sendiri. Entrepreneurship memainkan peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Entrepreneur sering diartikan sebagai seorang innovator. Ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses adalah inovasi dan kemampuan untuk membuat ide baru yang kreatif. Seorang entrepreneur juga harus memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin dan mengerti bagaimana cara untuk memimpin teamnya agar bersatu dan mendapatkan keuntungan maksimum.  Dibawah ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian menjadi seorang entrepreneur.

KEUNTUNGAN

KERUGIAN

KONTROL

Kita dapat memilih apa yang mau kita kerjakan, tidak diatur oleh orang lain.

ADMINISTRASI

Meskipun enak karena sebagai pemegang kontrol, tapi juga bisa menyebabkan beban. Banyak paperwork yang harus dikerjakan dan diawasi.

TIDAK BORING

Excitement menjadi salah satu keuntungannya. Banyak entrepreneur menganggap bahwa pekerjaannya sangat menyenangkan karena tiap hari tantangan dan pendapatannya pasti berbeda.

KOMPETISI

Harus selalu berpikir kreatif agar bisnis dapat terus berjalan karena kompetitor baru dengan ide – ide mereka akan terus muncul dan mendesak kita.

KEBEBASAN

Bebas untuk bekerja kapanpun, dimanapun, bagaimanapun caranya.

KESENDIRIAN

Dapat menjadi hal yang menyeramkan dan menyedihkan jika tanggung jawab dan resiko dihadapkan pada diri sendiri.

FLEKSIBILITAS

Entrepreneur dapat menjadwalkan kapan mereka mau masuk bekerja. Tidak ada jam pastinya.

PENDAPATANNYA TIDAK PASTI

Jika bisnisnya sedang lancar maka pendapatan banyak, tapi jika sedang lesu pasti sedikit.

PENDAPATAN SESUAI USAHA

Jika kita giat menjalani usaha, maka kemungkinan besar apa yang didapatkan juga sebanding dengan keringat yang telah dikeluarkan.

JAM KERJA TIDAK PASTI

Meskipun fleksible, tapi kadang juga unpredictable karena bisa saja tiba – tiba kita harus lembur lebih banyak dibanding hanya menjadi pegawai regular.

 

Entrepreneurship dalam perspektif dunia modern telah banyak dipelajari dan diteliti. Banyak universitas yang sekarang mengajarkan studi di bidang ini. Artinya banyak anak muda yang tertarik untuk membentuk karirnya  menjadi seorang entrepreneur.  Apalagi sekarang ini adalah zamannya social media dan tentu banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan jika kita menjadi entrepreneur.  Kita dapat mengembangkan bisnis dan menjangkau konsumen dengan bantuan “social media”. Ini juga kesempatan untuk menjangkau pasar global dengan lebih mudah.

Menurut York, 7 (tujuh) langkah untuk menjadi entrepreneur antara lain:

  1. Pastikan bahwa menjadi entrepreneur adalah hal yang benar – benar kita inginkan.
  2. Tentukan bisnis dalam bidang apa yang mau kita jalankan.
  3. Kumpulkan dan buat ide semenarik mungkin.
  4. Buat business plan (apa tujuan, siapa konsumennya, apa masalah yang bisa diselesaikan dengan produk kita, siapa competitor, apa kelebihan dan kekurangan, berapa harganya dan bagaimana memposisikan produk kita di pasar, apa rencana selama 3 – 5 tahun kedepan?)
  5. Tentukan struktur bisnisnya. Misalkan apakah kepemilikan sendiri ataukah partnership, dll.
  6. Buat team yang solid. Berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan, apakah membutuhkan akuntan, manager, consultant, dll.
  7. Tangani paperwork. (izin dan perpajakan, buat paten dan trademark brand kita, perlindungan properti, asuransi, dll).

 

Referensi :

Britt, D. (2019, 06 29). Pros and Cons of Being An Entrepreneur. Retrieved 07 18, 2017, from source.southuniversity.edu: http://source.southuniversity.edu/pros-and-cons-of-being-an-entrepreneur-96101.aspx

Friel, D. (2017, 06 20). What is entrepreneurship? Retrieved 07 18, 2017, from entrepreneurhandbook.co.uk: http://entrepreneurhandbook.co.uk/entrepreneurship/

York, M. (2016, 06 05). 7 Steps to Starting Your Own Business. Retrieved 07 18, 2017, from www.thebalance.com: https://www.thebalance.com/starting-own-business-1200678

Olivia; Yunita Wijaya Handranata, B.Eng., M.M.