KESIAPAN UMKM DKI JAKARTA DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015

Seminar Nasional

IKATAN SARJANA EKONOMI INDONESIA (ISEI)

Kamis, 27 Juni 2013 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Tema: Kesiapan UMKM DKI Jakarta dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

 

Pada hari Kamis, 27 Juni 2013, Haryadi Sarjono (SCC SoBM) dan Rudy Aryanto (RC SoBM), ditugaskan oleh SoBM untuk menghadiri Seminar Nasional ISEI di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, yang mengambil tema pembedayaan UMKM DKI Jakarta menghadapi ekonomi ASEAN 2015, dimana seminar tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur DKI, Bapak  Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok), mewakili Gubernur DKI, dengan Keynote Speech : Bapak DR. Halim Alamsyah, SE, SH, MA – Deputi Gubernur Bank Indonesia.

1

Diskusi Panel oleh: Ir. Hasan Basri Saleh, M.Sc (Assisten Perekonomian & Administrasi Pemda DKI Jakarta), DR. Firdaus Djaelani, MA. (Anggota Dewan Komisioner OJK), DR. Eko Budiwiyono, MBA (Direktur Utama PT. Bank DKI), Aries Muftie, SE, SH, MH, DR. Neneng E. Fatimah Azzahra (Tenaga Pengkaji Bidang Pelayanan Perpajakan Ditjen Pajak) dan DR. Aviliani, SE, M.Si (Sekretaris ISEI Cabang Jakarta & Komisaris Independen PT. Bank BRI)

 

Ibu DR Aviliani, menyoroti 4 butir yang penting dalam diskusi ini:

1.   Produk dari UMKM diharapkan ramah lingkungan

2.   Inovasi produk UMKM sampai saat ini masih rendah

Kebanyakan produk UMKM tidak melihat kebutuhan masyarakat tetapi hanya memproduksi sesuai produk turun menurun

3.   Pembiayaan ® UMKM jarang memberikan alasan yang kuat agar proposal pengajuan kredit disetujui oleh pihak Bank. (minim memberikan propek usahanya)

4.   Pelayanan (servive) UMKM perlu dikembangkan

 

Usulan yang menarik lainnya dari Ibu DR. Aviliani adalah, di setiap Mall seluruh DKI – Jakarta diberikan ruangan untuk menjual produk dari 500 an Kabupaten yang ada di seluruh Indonesia, mengingat DKI adalah pusat transaksi perdagangan Indonesia, dimana sekitar 70% perputaran uang ada di DKI – Jakarta.

 

 

Salam

Haryadi Sarjono dan Rudy Aryanto

Dosen Manajemen – SoBM