People Innovation Excellence
 

Fakta Akreditasi AACSB BINUS BUSINESS SCHOOL: Diawali pada Tahun 2011 hingga Pertama dan Satu-satunya di Jakarta

BINUS BUSINESS SCHOOL secara resmi memperoleh akreditasi AACSB oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International pada hari Jumat, 15 November 2019. Perolehan ini semakin memantapkan posisi BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai salah satu dari 5% sekolah bisnis terbaik di dunia. Selain itu, BINUS BUSINESS SCHOOL juga menjadi sekolah bisnis swasta pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh akreditasi AACSB, serta satu-satunya AACSB-accredited business school di wilayah DKI Jakarta

Stephanie M. Bryant, Executive Vice President dan Chief Accreditation Officer AACSB International, mengungkapkan bahwa akreditasi AACSB adalah pengakuan bagi institusi yang telah menunjukkan fokus pada keunggulan di semua area, termasuk pengajaran, penelitian, pengembangan kurikulum, dan pembelajaran mahasiswa.

Komitmen BINUS BUSINESS SCHOOL untuk memperoleh akreditasi AACSB ini adalah cerminan dari dedikasi — bukan hanya kepada para mahasiswa, jaringan alumni, dan komunitas bisnis yang lebih besar, tetapi juga kepada industri pendidikan tinggi secara keseluruhan.

“Mahasiswa hari ini adalah pemimpin bisnis di masa depan, dan bergabungnya BINUS BUSINESS SCHOOL ke dalam jaringan sekolah bisnis yang terakreditasi AACSB akan memberikan dampak positif yang bertahan lama kepada institusi mereka, baik secara lokal maupun global,” pungkasnya.

Berikut sejumlah fakta mengenai AACSB dan perolehan akreditasi AACSB oleh BINUS BUSINESS SCHOOL:

  • AACSB International—The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) adalah asosiasi global non-profit dan lembaga akreditasi internasional untuk sekolah bisnis di seluruh dunia. Hanya sekolah bisnis terbaik yang memenuhi syarat yang dapat menyandang akreditasi AACSB, standar kualitas sekolah bisnis tertinggi di dunia.
  • Awalnya, AACSB didirikan pada tahun 1916 sebagai Association of Collegiate Schools of Business Schools of Business (ACSB) dengan E.F. Gay sebagai Chairman of Executive Committee yang pertama.
  • Anggota pendiri AACSB terdiri dari 17 universitas dan perguruan tinggi, yakni Columbia University; Cornell University; Dartmouth College; Harvard University; New York University; Northwestern University; Ohio State University; Tulane University; University of California, Berkeley; University of Chicago; University of Illinois; University of Nebraska; University of Pennsylvania; University of Pittsburgh; University of Texas; University of Wisconsin–Madison; dan Yale University.
  • AACSB selalu me-review standar dan proses akreditasi, untuk meningkatkan relevansi, menjaga peredaran, meningkatkan nilai. Standard dan proses ini diperbaharui secara rutin oleh Business Accreditation Policy Committee (BAPC) dan AACSB Board of Directors.
  • Proses untuk mendapatkan akreditasi AACSB tidaklah mudah. Tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh sekolah bisnis untuk terakreditasi AACSB yakni: bergabung dalam AACSB International Membership, memperoleh eligibility status, penunjukkan mentor AACSB dan kunjungan pertama mentor ke kampus, penyetujuan initial self-evaluation report, unit application form/exclution proposal, penyetujuan implementasi rencana strategis, penyerahan laporan final self-evaluation, kunjungan peer review team, pengesahan oleh Initial Accreditation Committee (IAC) AACSB.
  • Hanya 5% dari seluruh sekolah bisnis di seluruh dunia yang telah memperoleh akreditasi AACSB.
  • Dari 1.700 member AACSB, hanya 862 sekolah bisnis yang sudah terakreditasi AACSB International – The Association to Advance Collegiate Schools of Business, yang tersebar di 56 negara dan teritori di seluruh dunia.
  • Di wilayah ASEAN, hingga hari ini hanya ada 18 sekolah bisnis yang terakreditasi AACSB. Sekolah bisnis tersebut sendiri berlokasi di di Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia.
  • Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL untuk memperoleh akreditasi AACSB dimulai pada tahun 2011 dengan menjadi anggota AACSB International.
  • Hanya ada dua sekolah bisnis di Indonesia yang terakreditasi AACSB. BINUS BUSINESS SCHOOL adalah sekolah bisnis kedua di Indonesia yang memperoleh akreditasi AACSB (yang pertama adalah Universitas Gadjah Mada).
  • BINUS BUSINESS SCHOOL adalah sekolah bisnis swasta pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh akreditasi AACSB. BINUS BUSINESS SCHOOL juga adalah satu-satunya AACSB-accredited business school di wilayah DKI Jakarta.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close