People Innovation Excellence

Serempak, Bukan Website Biasa Roadshow Serempak Surabaya

SEREMPAK“.. mungkin bagi sebagian penggiat dan pemerhati anak dan perempuan istilah ini sudah tidak asing, akan tetapi masih banyak beberapa kaum awam yang baru pertama kali mendengarnya.., – Serempak yang dalam keseharian kita sering diartikan sebagai “bersama-sama, pada saat yang sama, atau serentak” – ternyata memiliki makna “Seputar Perempuan dan Anak / Serempak”.. ^.^

1

Pada hari Senin, 25 Juli 2016 bertempat di Hotel Mercure Mirama Surabaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan :“Kegiatan Sosialisasi Tentang SEREMPAK dan Kesenjangan Gender TIK Berbasis Masyarakat“yang dirangkum dalam acara “Roadshow Serempak”.

2

Jika pada Roadshow Serempak pertama yang diselenggarakan di kota Makasar pada 17-19 Juli 2016, mengusung tema, “Perempuan-perempuan Penggerak E-Commerce,” maka gelaran Roadshow Serempak kedua dilaksanakan di kota Surabaya pada 25 Juli 2016, dengan mengangkat tema “Menjaring UKM Dengan Serempak.

Kenapa UKM?  Karena Surabaya dikenal dengan kota usaha, memiliki berbagai UKM, yang diharapkan mampu menjadi pelopor di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN),  dengan kemampuan daya saing dan peningkatan kapasitas dari setiap individu tak terkecuali perempuan.

Kegiatan Roadshow Serempak Surabaya juga didukung oleh BINUS Business School Jakarta dan IWITA,  dengan menghadirkan 5‎ narasumber, yaitu:

1. Ratna Susianawati SH., Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan  Lingkungan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

3

2. Ina Agustini Murwani, Deputy Head of Program MM Creative Marketing BINUS Business School.

4

3. Martha Simanjuntak, selaku Ketua Pokja Serempak yang juga merupakan  CEO IWITA (Indonesian Women IT Awareness).

5

4. Sry Rahayu Efendi Tanoto, Pemilik PT Panca Arnys, dan Arnys Farm.

6

5. Hadiatul Hikmah SH.,  Pemilik Selaris.

 

Acara dibuka dengan pertunjukan “Tari Remo” yang ditampilkan dengan sangat apik oleh adik-adik siswa SMA Muhammadiyah 3 – Surabaya, juga sambutan sekaligus pembukaan acara oleh perwakilan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Timur.

lagi
Tari Remo oleh siswa wakil SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

lagi2

Diawali oleh Ibu Martha yang menghangatkan acara dengan memberikan pertanyaan seputar acara, dan kami pribadi menjadi salah satu peserta yang beruntung mampu menjawab soal dan membawa pulang hadiahnya.., maturnuwun Serempak ♥

Kemudian paparan demi paparan bergulir disampaikan oleh para narasumber, diantaranya penjelasan dari :

  • Ibu Ratna ;

“Website Serempak hadir sebagai website seputar perempuan dan anak yang berupaya meningkatkan akses perempuan di pemerintahan, jasa, pendidikan, pengetahuan dan mengakomodir kebutuhan perempuan.

Serempak mendorong pemberdayaan perempuan pada semua lini kehidupan. Roadshow Serempak sebagai wujud kesetaraan gender melalui TIK berbasis masyarakat, yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat menuju perubahan yang positif dan arah yang lebih baik. Surabaya yang dikenal dengan kota usaha, memiliki berbagai UKM menjadi pilihan tempat roadshow atau sosialisasi kedua.”

  • Ibu Ina :

Beliau berbagi mengenai kekuatan bisnis online/ukm, dan strategi branding produk yang efektif.

Seiring berkembangnya bisnis online, maka media sosial jangan hanya digunakan sebagai tempat berbagi informasi dan komunikasi saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai senjata untuk melakukan branding produk, selain itu para pegiat bisnis online/UKM harus memiliki konsep dan tujuan yang jelas sebelum produknya ditawarkan, siapa target yang ingin dicapai (usia, gender, demografis), juga strategi pemasaran yang cerdas dan kekinian, karena perencanaan strategi akan menjadi ujung tombak dan penentu utama dari sukses atau tidaknya usaha atau bisnis yang akan dijalankan.

  • Ibu Martha :

Beliau menjelaskan tentang situs Serempak yang bisa diunduh  di http://www.serempak.id.  beliau juga berharap semoga kehadiran website Serempak ini semakin bermanfaat untuk masyarakat khususnya perempuan yang berkegiatan aktif di media sosial.

lagi3

  • Ibu Sri Rahayu , yang lebih suka disapa ibu Ayu beserta mba Hadiatul Hikmah masing-masing berbagi mengenai pengalaman, suka-duka mulai dari awal merintis usaha hingga sukses dan mampu membantu perekonomian keluarga.Satu pesan dari ibu Ayu yang mampu menginspirasi,  “Jika sudah mau niat usaha tidak usah minta ijin pasangan tetapi minta do’a restu”.., —> dan kemudian hening.. :)) ,. *artinya, jika ada resiko dan rugi harus ditanggung sendiri juga yaa.., karena memang pada kenyataannya masih sering kita jumpai kendala, tantangan dan hambatan baik dari keluarga maupun lingkungan membuat kita ragu.., kini saatnya ⓢ⒠ⓜ⒜ⓝ⒢ⓐ⒯ ♡  mari  :– bersama Serempak kita giatkan dan majukan pemberdayaan perempuan,

– bersama Serempak lebih banyak berkarya dan berinovasi dalam bidang teknologi,

– bersama Serempak hapuskan diskriminasi gender agar kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak terjadi lagi.

Dan setelah sesi tanya jawab , acara diakhiri dengan pemberian penghargaan serta pengukuhan kepada 12 peserta yang bersedia menjadi kontributor tetap di Serempak.id  dan ditutup dengan do’a.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberi perhatian tulus dalam acara Roadshow Serempak di Surabaya, sampai jumpa lagi dan semoga silaturahim tetap terjalin dalam wadah Serempak – Seputar Perempuan Dan Anak.

#IWITA

#ICT4Women

“Try to be a rainbow in someone’s cloud” ♥


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close