People Innovation Excellence

Inilah 5 Pencapaian HarukaEdu di HUT yang Ke-2

Persis hari ini Senin (23/02), HarukaEdu menginjak usia yang kedua. Sebagai startup pendidikan yang menyediakan platform online education untuk perguruan tinggi, kami merasakan benar jatuh-bangunnya mendirikan startup edtech (education technology). Namun, di balik masa-masa sulit itu, HarukaEdu tetap bekerja keras menjalankan bisnis secara profesional sehingga selama dua tahun itu bisa memperoleh lima pencapaian sebagai berikut. Apa sajakah itu?

 

Pencapaian Ke-1: Sukses Menyelenggarakan Program “Online Technopreneurship” di Indonesia

Maret 2014 merupakan tonggak sejarah HarukaEdu dimana untuk pertama kalinya kami meluncurkan program “Online Technopreneurship” dengan konten lokal di Indonesia secara gratis. Dalam waktu dua minggu setelah launching program ini ke publik, terdata 1.889 orang dari lebih 40 kota yang mendaftarkan diri.

Program “Online Technopreneurship” yang baru meluluskan dua angkatan ini mengajarkan tahap demi tahap dalam mendirikan startup teknologi. Tercatat beberapa pakar di bidang startup teknologi tergabung dalam deretan pengajar program perdana HarukaEdu ini antara lain Andy Zain (chairman Mobile Monday), Toto Sugiri (chairman Sigma Cipta Caraka dan founder Indonet), William Tanuwijaya (co-founder dan CEO Tokopedia), Natali Ardianto (co-founder dan CTO Tiket), Fung Fuk Lestario (mantan managing director dan co-founder Lazada Indonesia, mantan executive director GEPI, dan sekarang founder sekaligus CEO Rupawa), serta Izak Jenie (CEO Nexian). Rencananya tahun 2015 ini kami akan membuka angkatan ketiga dan keempat.

 

Pencapaian Ke-2: Bekerjasama dengan LSPR Menyelenggarakan Program Online Degree

Pada September 2014, HarukaEdu resmi memulai program  online degree pertamanya yaitu Online Master of Arts in Communication Studies (Online Magister Ilmu Komunikasi) bekerjasama dengan The London School of Public Relations (LSPR  – akreditasi A ), Jakarta.

Demi menjaga kualitas dalam penyelenggaran e-learning pertamanya ini, HarukaEdu menggunakan standar internasional Online Learning Consortium. Selain LSPR, kami juga sedang bekerjasama dengan Universitas Wiraswasta Indonesia (UWIN – akreditasi B), Jakarta, dalam menyelenggarakan online degree S1 Manajemen. Kelas pertama UWIN ini sendiri baru akan dimulai pada Maret 2015 bulan depan.

 

Pencapaian Ke-3: Memperoleh investasi series A dari CyberAgent Ventures

November 2014 tepatnya pada Kamis (06/11), HarukaEdu secara resmi mengumumkan kepada publik telah memperoleh investasi series A dari salah satu perusahaan Venture Capital (VC) terkemuka asal Jepang, CyberAgent Ventures (CAV).

Selain HarukaEdu sebagai salah satu startup edtech asal Indonesia yang memperoleh pendanaan, CAV juga memiliki portofolio startup edtech di China dan Vietnam. CAV sendiri merupakan anak perusahaan CyberAgent yang merupakan grup internet konglomerat di Jepang dengan total 10 kantor di tujuh negara seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, China, Taiwan, Vietnam, dan Indonesia. CAV Indonesia mulai beroperasi di Jakarta sejak tahun 2011.

 

Pencapaian Ke-4: Memiliki Kantor Permanen setelah 1,5 Tahun Berkantor di Suatu Co-working Space

Di dalam kantor baru yang terdiri atas dua lantai ini, kami membangun sendiri studio untuk keperluan syuting video pembelajaran yang akan digunakan para pengguna untuk belajar secara online pada Learning Management System (LMS) yang kami ciptakan sedemikian rupa.

 

Pencapaian Ke-5: Tim HarukaEdu Bertambah Menjadi 18 dari yang Semula 3 Personil

Salah satu alasan mengapa CAV berinvestasi di HarukaEdu karena startup edtech ini didirikan oleh “tim founder terbaik” yang terdiri dari tiga orang pengajar dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang sangat passionate dalam bidang pendidikan, yaitu Novistiar Rustandi (dosen di Universitas Bina Nusantara dan Surya University), Tovan Krisdianto (dosen Binus Business School), dan Gerald Ariff (dosen Binus Business School). CEO kami Novistiar Rustandi yang telah menetap di Amerika Serikat selama 13 tahun juga sekaligus sebagai direktur Jakarta Founder Institute.

Hari ini bertepatan dengan ulang tahun yang kedua, HarukaEdu genap memiliki 18 personil, selain 3 founder tadi, yang terdiri atas divisi Academic Operation (4 personil), dvisi Marketing & Enrollment Counsellor (5 personil), divisi Information Technology (4 personil), divisi Finance (1 personil), dan divisi Social Media & Relationship Strategist (1 personil).

Chief Technology Officer kami yaitu William Notowidagdo bahkan sempat akan bergabung dengan salah satu e-commerce terbesar di negeri ini sebelum akhirnya memutuskan memilih untuk bergabung dengan HarukaEdu.

EPILOG

Masih banyak pencapaian yang belum kami raih. Usia dua tahun masih terlalu muda bagi sebuah bisnis rintisan digital untuk mendapat gelar “sukses”. Perjalanan kami masih panjang dalam membantu menyediakan pendidikan online yang terjangkau untuk masyarakat Indonesia. Terima kasih atas segala bentuk dukungan Anda selama ini sehingga kami bisa meraih beberapa pencapaian tadi.

Selamat ulang tahun yang ke-2 HarukaEdu!

 

Source: http://blog.harukaedu.com/hut-harukaedu-2015/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close