People Innovation Excellence

Tips Kepemimpinan Ignasius Jonan

Ignasius Jonan, sosok di balik kesuksesan PT Kereta Api Indonesia (KAI) memang fenomenal.  Sejak pengangkatannya pada tahun 2009, Jonan berhasil melakukan transformasi terhadap BUMN bidang transportasi ini menjadi BUMN sehat dengan peringkat “A”, dan meraup keuntungan berlipat ganda. Berbagai penghargaan pun telah diraih oleh KAI. Salah satunya, Juara 1 Pelayanan Publik BUMN berdaya saing terbaik dari Anugerah BUMN 2013. Selain itu, berbagai penghargaan CEO terbaik banyak disematkan kepada sang Direktur Utama dan CEO PT KAI Ignasius Jonan.

Dalam  CEO Speaks on Leadership yang diadakan oleh BINUS Business School, Senin (30/06/2014), Jonan membagikan ilmu dan pengalamannya dalam memimpin PT KAI selama lima tahun ini mengenai kepemimpinan. Seperti apa? Simak kiat Jonan berikut ini:

1. Kuasai diri sendiri terlebih dahulu

Seorang pemimpin seharusnya bisa menguasai ego, apa pun bentuknya. Hal ini bertujuan agar dapat menghasilkan sesuatu bagi organisasi, konsume,  dan pemangku kepentingan. Dalam hal ini, seorang pemimpin juga harus bisa hidup yang sederhana dan mensyukuri apa yang dimilikinya.

2. Kepemimpinan itu bukan hasil pembelajaran formal

Dalam pembelajaran formal tidak menjaminan akan membentuk jiwa kepemimpinan melalui. Kepemimpinan itu harus melalui pengalaman. Semua hal yang dialami dalam hidup akan membentuk karakter diri. Jiwa kepemimpinan itu terbentuk seiring berjalannya waktu.

3. Pemimpin itu harus memberi teladan

Dalam menjalankan fungsi manajemen, seorang pemimpin harus dapat memberi teladan tentang apa yang ingin dia amanatkan ke anggota organisasinya. Akan lebih baik, jika ia mampu menjadi panutan bagi anggotanya.

4. Jangan terjebak pada popularitas

Popularitas bukan elemen utama pembentuk kepemimpinan, melainkan hasil kerja nyata.

5. Berorientasi pada hasil

Meskipun proses penting, hasil adalah yang utama. Pemimpin suatu organisasi harus berorientasi pada hasil guna mendongkrak kinerja organisasi.

6. Tegas dalam memberikan Reward and Punishment

Secara gamblang Jonan memberikan contoh bahwa ia bertindak tegas dalam mengeluarkan anggotanya yang tidak berkinerja sesuai. Dan akan memberikan promosi yang luar biasa kepada anggota yang berkinerja luar biasa.. Dalam praktiknya, Jonan sangat memperhatikan kesejahteraan rekan kerjanya.

7. Kenali betul rekan kerja yang ada

Seorang pemimpin harus mengenal dan mengetahui secara persis siapa saja rekan kerjanya. Bahkan, dia  secara detail mengetahui betul informasi mengenai rekan kerjanya. Ia tidak memerlukan dokumen untuk memberikan promosi, mutasi, atau sejenisnya

8. Passion dan Ketulusan

Passion adalah kunci dari kinerja.  Semangat ini harus terjaga pada setiap elemen organisasi. Selain itu, kepemimpinan harus dilandasi ketulusan. Ketulusan ini akan menjaga kebersihan jiwa seorang pemimpin

9. Harus berani meminta maaf dan berterimakasih

Dalam memimpin organisasi, seorang pemimpin harus berani mengucapkan terimakasih dan meminta maaf bila memang salah.

Demikian sembilan tips kepemimpinan dari Ignasius Jonan. Besar KAI sekarang tak tertutup kemungkinkan karena sembilan elemen kepemimpinan Jonan tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close