People Innovation Excellence

Jonan: APBN Buat NKRI, Bukan untuk Kereta Cepat di Jawa Saja

JAKARTA – Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jonan Ignasius tetap kekeuh berpandangan bahwa pembangunan jalur kereta api supercepat Jakarta-Surabaya tidak mendesak untuk direalisasikan. Menurut dia, hal yang lebih mendesak dilakukan dalam beberapa waktu ke depan adalah pembangunan jalur kereta api trans di beberapa pulau besar di seluruh tanah air.

“Saya paling menentang proyek itu. Karena itu tidak terlalu penting, dibanding melanjutkan perkeretaapian trans pulau-pulau seperti trans Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua,” tutur Jonan dalam acara CEO Speaks di Kampus Binus, Jakarta, Senin (30/6/2014).

Dia menegaskan, bentuk pembiayaan realisasi rencana pembangunan jalur kereta api super cepat entah itu melalui APBN maupun pinjaman luar negeri, tetap menunjukkan unsur ketidakadilan terkail penggunaan uang negara bagi kesejateraan seluruh masyarakat.

“Kalau itu pakai APBN atau pinjaman luar negeri yang nanti dibaliki lagi. Saya pasti tidak mau. Nanti juga tidak mau. Karena APBN itu untuk NKRI, bukan Jawa saja. Kalau gak, gak ada NKRI,” tandasnya.

Dia mencontohkan beberapa proyek yang telah diupayakan pihaknya tanpa harus menghabiskan anggaran negara yakni, pembangunan kereta jalur ke Bandara di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. 

“Makanya tadi bangun kereta api bandara, kita pakai uang PT. KAI sendiri. Saya orang yang paling keberatan. Kita akan bangun kereta api ke Bandara Soekarno-Hatta di luar APBN. Hampir Rp3 triliun itu biayanya,” tukasnya. (rzy)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close