People Innovation Excellence

Dirut KAI: Menjadi Pemimpin Itu Butuh Bakat

JAKARTA – Memimpin sebuah perusahaan besar yang telah memiliki banyak cabang yang mempekerjakan ribuan pegawai bukanlah sebuah pekerjaan yang gampang. Sang pemimpin perusahaan diharuskan memiliki kematangan dalam mengatur dan mengelola manajemennya sehingga terkendali dan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan.

Direktu Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengungkapkan, seorang pemimpin yang baik memerlukan pemahaman yang utuh tentang kepemimpinan. Menurut dia, kepemimpinan atauleadership merupakan sebuah bakat dan juga sebuah perjalanan.

“Leadership itu separuh bakat, separuhnya perjalanan. Orang kalau tidak memiliki bakat mau dibuat apa pun juga tidak bisa. Dan separuhnya is a half of journey,” tutur Jonan dalam CEO Class di Kampus Binus, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, dalam bidang kepemimpinan terdapat dua jenis penerapan, yakni kepemimpinan yang berorientasi pada proses (process oriented) dan kepemimpinan yang berorientasi pada hasil (result oriented).

Lantas, jenis mana yang tepat digunakan dalam sebuah manajemen perusahaan raksasa seperti yang dipimpin Jonan sekarang?

Pria lulusan Harvard University itu menjelaskan, dalam dunia kerja pimpinan sebuah manajemen harus mampu mengimplementasikan kepemimpinan yang berorientasi pada hasil. 

Menurut dia, kepemimpinan yang berorientasi pada proses hanya perlu berlangsung ketika masa pembinaan dan pembentukan di lembaga pendidikan seperti sekolah ataupun kampus.

“Ada dua perbedaan yang cukup mencolok yang harus dipahami. Di sekolah kita akan gunakan process oriented karena anda yang membayar. Di sini (dunia kerja) kami yang membayar anda. Itu perbedaan yang jauh,” tukasnya.

There is not any institutional create leader. Untuk menjadi leader itu dua, bakat dan perjalanan,” lengkap Jonan. (mrt)

 

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2014/07/30/320/1019107/dirut-kai-menjadi-pemimpin-itu-butuh-bakat


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close