People Innovation Excellence

Belajar Bisnis dari Praktisi

Salah satu yang dipelajari jika mengambil jurusan bisnis adalah mata kuliah bidang keuangan atau financial. Dalam sebuah perusahaan departemen keuangan memegang peranan sangat penting, karena urusannya terkait dengan hal-hal strategis maupun taktis, seperti kecukupan modal, arus kas, sampai urusan operasional seperti pembayaran gaji karyawan. Jika ingin membayangkan bagaimana peran sebuah departemen keuangan di sebuah perusahaan, coba bayangkan ketika kalian mempunyai sebuah usaha kecil seperti toko jeresy atau bagi yang perempuan usaha toko cup cakes.

Setiap hari pasti terjadi transaksi keuangan, misalnya mencatat penjualan harian jeresy yang laku, membeli bahan baku kue cup cakes yang akan kita buat, begitu juga dengan bulanan, seperti membayar biaya-biaya seperti uang sewa toko, atau gaji karyawan, dsb. Di sebuah perusahaan juga demikian, hanya saja ruang lingkupnya lebih besar. Seperti bagaimana kebijakan pemerintah dalam hal perekonomian akan mempengaruhi usaha perusahaan, menganalisa resiko, dsb.

Belajar dari praktisi

Mempelajari secara tekstual melalui buku lebih mengarakan pada teori, dan untuk mengetahui fungsinya di dunia kerja nanti, kita bisa belajar melalui studi kasus atau langsung dari para praktisi di bidang keuangan. Binus Business School memfasilitasi para mahasiswanya untuk belajar langsung dari para praktisi melalui CFO Forum, sebuah format knowledge sharing yang mengadirkan para petinggi dari perusahaan multinasional maupun internasional untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai perkembangan terkini terkait dengan dunia keuangan. Kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan, dan sudah berjalan sejak 2007. Pada 20 Mei 2014 kemarin hadir Bpk. Jonanda Yattha Saputra (CFO – PT. Bank Commonwealth, Tbk) untuk berbagi ilmu tentang Financial Measurement. Seru sekali belajar dengan para praktisi, selain bisa bertanya langsung tentang aplikasi dari teori yang kita pelajari di dalam kelas, kegiatan seperti ini juga sekaligus menambah networking kita untuk lebih banyak mengenal para praktisi di bidang keuangan.

Sumber :


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close