People Innovation Excellence

Mayora: Andalkan Kualitas, Bukan Harga

Pada Mei 2014 lalu, BINUS BUSINESS SCHOOL bekerjasama dengan Marketing Club kembali mengadakan CMO Chat, kegiatan yang secara khusus menghadirkan Chief Marketing Officer atau top level management yang memiliki latar belakang Marketing dari perusahaan multinasional maupun internasional untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan bermanfaat untuk diterapkan di bidang kerja masing-masing peserta.

CMO Chat kali ini mengundang Ricky Afrianto selaku Global Marketing Director, PT Mayora Indah, Tbk. sebagai pembicara dengan topik “Leadership through Power Brands”. Hal ini berkaitan dengan upaya Mayora Group untuk terus berkembang hingga mampu menjadi salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terbesar di Indonesia.

Selama beberapa dekade, Mayora Group telah tumbuh menjadi salah satu nama yang diakui di industry FMCG. Kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar dan komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas telah membuat produk-produk Mayora dikenal dunia, seperti Kopiko, Danisa, Astor, Energen, Torabika, dan lain-lain. Mayora Group juga melakukan ekspansi untuk menjadi perusahaan berbasis ASEAN, dengan mendirikan fasilitas produksi dan kantor pemasaran di beberapa negara Asia Tenggara.

Di tengah kondisi tingginya inflasi, semakin melambungnya harga bahan kebutuhan pokok, serta melemahnya nilai tukar rupiah, Mayora terus mencatatkan kinerja yang baik. Salah satu kuncinya adalah marketing strategi yang cermat dan efisien untuk memenuhi kebutuhan konsumen. “Menilik sejarahnya, bisnis retail berkembang secara aspirasi dari proses Quantity & Price menjadi Quality & Experience,” ujar Ricky.

Ricky menjelaskan lebih lanjut bahwa jika bisnis retail sudah di tahap Quality & Experience, maka harga bukan lagi faktor tolak ukur utama sebuah produk, melainkan harga sudah dalam posisi bersaing.

Selain itu faktor-faktor lain seperti partnership, kenyamanan, pengalaman, dan loyalitas perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen ikut menentukan branding sebuah produk yang pada akhirnya mewakili identitas sebuah perusahaan. Dengan menerapkan faktor-faktor pendukung tersebut kategori segmen konsumer secara natural akan terbentuk sehingga sebuah tindakan leadership dapat diambil dalam hal penetrasi market ke dalam segmen konsumer tersebut.

“Itulah yang membedakan antara pasar retail yang mengutamakan Quantity & Price seperti pasar tradisional, hypermarket/minimarket, dan department store dengan pasar retail Quality & Experience seperti Luxury Brands, International Brand Retailing dan Indoor / Outdoor Shopping Streets,” katanya.

“Sekarang ini, pemikiran orang sudah semakin maju dan kreatif. Konsumen kita juga begitu. Pada saat menentukan sebuah produk, harga dan jenis produk tersebut dapat dilihat secara visual, konsumen juga ingin mencoba dulu sebelum membeli, adanya interaksi dengan si penjual dan juga produk tersebut harus dikenal masyararakt melalui berbagai kegiatan / charity. Kunci sukses berbisnis dalam era digital ini adalah gabungan antara visual design yang menarik dan ‘profile’ produk yang menggoda,” tutup Ricky.

 

Sumber : Mayora, Andalkan Kualitas, Bukan Harga


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close